Analisis Model PBL Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipas Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis 4C dalam mata pelajaran IPAS di kelas IV A SD Negeri Kestalan Surakarta. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, guru, dan siswa, dengan objek kajian pada bagaimana model ini diimplementasikan serta dampaknya terhadap hasil belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbasis 4C mampu membuat siswa lebih aktif, terlibat dalam proses pembelajaran, dan menunjukkan peningkatan pada capaian hasil belajar. Siswa lebih aktif dalam menunjukkan kemampuan berpikir kritis, bekerja sama dengan teman, menyampaikan gagasan, serta menghasilkan solusi yang kreatif. Berdasarkan dokumentasi nilai, terjadi peningkatan dari 8 dari 20 peserta didik (40%) yang mencapai ketuntasan. Setelah penggunaan model PBL berbasis 4C, jumlah peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan meningkat menjadi 14 peserta didik (70%). Kendala yang dihadapi guru antara lain pengelolaan kelompok dan perbedaan kemampuan peserta didik, namun dapat diatasi melalui strategi bimbingan bertahap dan stimulus pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan praktik pembelajaran inovatif yang menekankan pada penguasaan keterampilan abad 21 dan hasil belajar yang lebih bermakna, serta dapat menjadi acuan bagi guru dan peneliti selanjutnya dalam menerapkan model serupa di konteks berbeda.
Keywords
References
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based learning: Apa dan bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.
Auliah, F. N., Febriyanti, N., & Rustini, T. (2023). Analisis Hambatan Guru dalam Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru Bandung. Journal on Education, 5(2), 2025–2033.
Handini, O., & Mustofa, M. (2020). Implementasi 4C Di Era Abad 21 Dalam Pembelajaran Tematik Inegratif Pada Guru SD Mojosongo III Surakarta. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 157-165.
Helyandari, B. H., Hikmawati, H., & Sahidu, H. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Ma Darul Hikmah Darek Tahun Pelajaran 2019/2020. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(1), 10-17.
Nafiah, T. (2024). Menumbuhkembangkan keterampilan 4c melalui problem based learning (PBL) terintegrasi role playing dan game quizziz. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 4(1), 106-114.
Praviesta, A. G., Handini, O., & Mustofa, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS SD Negeri 01 Munggur. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 2(6), 20-33.
DOI: 10.33751/jmp.v13i2.12631
Refbacks
- There are currently no refbacks.