Analisis Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas

Dian Nur Wulandari, Hera Heru Sri Suryanti, Ani Restuningsih

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan buku cerita bergambar dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SD Negeri 02 Bejen Karanganyar pada Tahun Pelajaran 2024/2025. Pelaksanaannya dilakukan di sekolah dengan melibatkan siswa kelas III, wali kelas, serta kepala sekolah. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan dokumen yang tersedia. Hasil kajian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar memberi pengaruh positif terhadap kemampuan membaca siswa. Anak-anak terlihat lebih bersemangat dan tertarik ketika membaca. Pemahaman mereka terhadap isi bacaan meningkat, begitu pula dengan pelafalan dan intonasi ketika membaca. Bagi siswa yang masih mengalami kesulitan, buku cerita bergambar membantu mereka agar lebih mudah memahami materi. Guru dan kepala sekolah menilai bahwa penggunaan buku cerita bergambar menjadikan suasana belajar lebih menyenangkan. Selain itu, media ini juga mendukung perkembangan sikap dan karakter siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SD Negeri 02 Bejen Karanganyar.


Keywords


buku cerita bergambar; media pembelajaran; kemampuan membaca

References


Sari, Y., Hadi, W., dan Shaliha, H. A. 2024. Analisis Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2621–2630.

Restuningsih, A. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri I Jumapolo Karanganyar. EduBase: Journal of Basic Education, 4(1), 104–114.

Kusuma, M. W., Larasati, W., Risma, F. V., Sari, N., & Agustin, S. (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 132-138.

Saputra, W. C., Suryanti, H. H. S., & Rizkasari, E. (2023). Program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas IV SD Negeri 1 Sambi Boyolali tahun pelajaran 2022/2023. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 18(1), 8–15.

Khalisa, P. R., Andriana, E., & Rokmanah, S. 2022. Analisis Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas 3 di SDN Sinaba. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1279–1295.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v13i2.12647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.