Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Project Di Kelas X SMA Negeri 1 Sutera

Nutri Afendi, Yenni Melia, Faishal Yasin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik rendahnya kemampuan peserta didik  dalam memecahkan masalah melalui model pembelajaran berbasis project dikelas X SMA N 1 Sutera.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengganalisis upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah melalui model pembelajaran berbasis project dikelas X SMA N 1 Sutera Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirumuskan oleh Lewin yang terdiri dari empat komponen yakni 1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Pengamatan 4) Refleksi. Data penelitian  ini berupa  data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil data  pengamatan ,hasil belajar peserta didik,dan penilitian ini dilakukan 2 siklus.Teknik pengumpulan data ini adalah observasi dan dokumentasi.Dalam penelitian ini menggunakan Teori Konstruktivisme ,yang dikembangkan oleh tokoh Lev Vygotsky. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh nilai skor rata- rata 313,2 dengan presentase 78,3% dan meningkat pada siklus II nilai skor rata -rata 344,2 dengan presentase 85,62%. Artinya  pada siklus II target penelitian sudah tercapai .Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis project dapat meningkatkan kemampuan peserta didik  dalam hasil belajar peserta didik yaitu dari siklus I 78,8% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,62%.


Keywords


model pembelajaran berbasis project; pemecahan masalah sosiologi

References


Abdul RAHMAT. (n.d.). Desain Pembelajaran Berbasis Project. Graha ilmu.

Asmara, Dr. adi, A. S. (2023). model pembelajaran berkonteks masalah. cv.azka pustak.

Bistari. (2021). Buku Pedoman Metode Berbasis Proyek

Dr. Arifin Maksum, M. P. (2020). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial : Konsep dan Pemecahan Masalah.

Dr. Halim Purnomo. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Project. K-Media. Suyatno. (2023). Teori Belajar& Pembelajaran. K-Media.

Hattie dan Timperley(2015). model pembelajaran praktik ,teori , inovasi. Lewin, K. (2021). Penelitian Tindakan Kelas.

Hidayat, R. 2019 Pengaruh Model Project-Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri di Bandung

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa dalam Pelajaran IPA SMP Negeri di Yogyakarta

Ramadhani, I. & Fitriyani, A. 2020 Implementasi Project-Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Problem Solving dan Critical Thinking Siswa SD Negeri di Jakarta

S. Setyaningsih And Y. Suchyadi, “Implementation Of Principal Academic Supervision To Improve Teacher Performance In North Bogor,” Jhss (Journal Humanit. Soc. Stud., Vol. 5, No. 2, Pp. 179–183, 2021, Doi: 10.33751/Jhss.V5i2.3909.

Y. Suchyadi And Nurjanah, “Relationship Between Principal Supervision In Increasing The Job Satisfaction Of Private Junior High School Teachers In East Bogor District,” Jhss (Journal Humanit. Soc. Stud., Vol. 02, No. 01, Pp. 26–29, 2018, Doi: Https://Doi.Org/10.33751/Jhss.V2i1.818.

Y. Suchyadi, “Relationship Between Work Motivation And Organizational Culture In Enhancing Professional Attitudes Of Pakuan University Lecturers,” Jhss (Journal Humanit. Soc. Stud., Vol. 01, No. 01, Pp. 41–45, 2017, Doi: Https://Doi.Org/10.33751/Jhss.V1i1.372.

Y. Suchyadi, N. Karmila, And N. Safitri, “Kepuasan Kerja Guru Ditinjau Dari Peran Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bogor Utara,” Jppguseda | J. Pendidik. Pengajaran Guru Sekol. Dasar, Vol. 2, No. 2, Pp. 91–94, Nov. 2019, Doi: 10.33751/Jppguseda.V2i2.1453.

R. Purnamasari Et Al., “Student Center Based Class Management Assistance Through The Implementation Of Digital Learning Models,” J. Community Engagem., Vol. 02, No. 02, Pp. 41–44, 2020, Doi: Https://Doi.Org/10.33751/Jce.V2i2.2801.

Y. Suchyadi And H. Suharyati, “The Use Of Multimedia As An Effort To Improve The Understanding Ability Of Basic School Teachers ‘Creative Thinking In The Era ‘Freedom Of Learning,’” In Merdeka Belajar, A. Rahmat, Ed. Yogyakarta: Zahir Publishing, 2021, Pp. 42–53.

Y. Suchyadi Et Al., “Increasing Personality Competence Of Primary School Teachers, Through Education Supervision Activities In Bogor City,” J. Community Engagem., Vol. 01, No. 01, 2019, [Online]. Available: Https://Journal.Unpak.Ac.Id/Index.Php/Jce

Y. Suchyadi Et Al., “Improving The Ability Of Elementary School Teachers Through The Development Of Competency Based Assessment Instruments In Teacher Working Group , North Bogor City,” J. Community Engagem., Vol. 02, No. 01, Pp. 1–5, 2020, Doi: Https://Doi.Org/10.33751/Jce.V2i01.2742.

S. Hardinata, Y. Suchyadi, And D. Wulandari, “Strengthening Technological Literacy In Junior High School Teachers In The Industrial Revolution Era 4.0,” J. Humanit. Soc. Stud., Vol. 05, No. 03, Pp. 330–335, 2021.

H. Suharyati, H. Laihad, And Y. Suchyadi, “Development Of Teacher Creativity Models To Improve Teacher’s Pedagogic Competency In The Educational Era 4.0,” Int. J. Innov. Creat. Chang. Www.Ijicc.Net, Vol. 5, No. 6, Pp. 919–929, 2019, [Online]. Available: Www.Ijicc.Net

Y. Suchyadi, Nurjanah, And N. Karmila, Supervisi Pendidikan: Strategi Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bogor: Pgsd Universitas Pakuan, 2020.

Suchyadi, Y., & Suryani, A. "Educational Environment In The Implementation Of Character Education". Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 5(2), 208-212. 2021.

Marwah, H. S., Suchyadi, Y., & Mahajani, T. "Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia Dan Benda Di Lingkungannya". Journal Of Social Studies Arts And Humanities (Jssah), 1(1), 42-45. 2021.

Suchyadi, Y., Sunardi, O., Suhardi, E., & Sundari, F. S. "Using A Multimedia For Natural Science Learning In Improving Concept Skills Of Elementary School Teachers".

Billa, Salsa; Purnamasari, Ratih; Suchyadi, Yudhie. Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi Quizizz Dan Qr-Code Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 2024, 10.04: 335-343.

Hidayat, Nada Syifa; Mulyawati, Yuli; Suchyadi, Yudhie. Pengembangan E-Book Menggunakan Flipbook Pada Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perpindahan Panas Dan Kalor. Cendekiawan, 2024, 6.2: 207-221.

Suchyadi, Yudhie, Et Al. Efektivitas Pembelajaran Menyimak Dongeng Berbasis Youtube Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Budaya Sunda. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2024, 12.2: 070-073.

Hamzari, Silvia; Anwar, Wawan S.; Suchyadi, Yudhie. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Pelajaran Matematika Materi Sudut. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 2024, 10.2: 556-567.

Indriani, Rini Sri, Et Al. The Effectiveness Of Learning To Listen To Youtube-Based Fairy Tales In Learning Sundanese Language And Culture. Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 2024, 6.3: 115-118.

Nuraningsih, Rany, Et Al. Pengembangan E-Modul Menggunakan Canva Pada Tema 4 Sehat Itu Penting Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 2024, 10.1: 1572-1581.

Listy, Sheren Eriska Priscilia; Kurnia, Dadang; Suchyadi, Yudhie. Pengembangan E-Lkpd Menggunakan Liveworksheet Pada Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 2024, 10.1: 1314-1323.

Anwar, Wawan Syahiril, Et Al. Penguatan Literasi Teknologi Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2024, 12.1: 064-069.

Suchyadi, Yudhie; Indriyani, Sri Rini; Destiana, Dita. Basic Concepts Of Educational Supervision Along With Related Administrative Studies. Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 2023, 6.3: 406-410.

Purnamasari, Ratih, Et Al. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan Kelas Iv Sdn Perwira. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 2023, 9.5: 169-174.

Salsabila, Annisa; Safitri, Nurlinda; Suchyadi, Yudhie. Pengembangan Bahan Ajar E-Book Menggunakan Flipbook Pada Subtema Daerah Tempat Tinggalku. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 2023, 9.04: 2305-2317.

Akmal, Erinda Amalia; Safitri, Nurlinda; Suchyadi, Yudhie. Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kreativitas Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 2023, 9.04: 2610-2617.

Suchyadi, Yudhie, Et Al. Responses To Future Challenges Inclusive Schools For Children With Special Needs. Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 2023, 7.2: 685-699.

Salamun. (n.d.). model-model pembelajaran. .

Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Penerbit Muhammad Zaini.

Sudijon, A. (2009). Pegantar Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada.

Zariffullah 2024 Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Fase E2 Dalam Pembelajaran Sosiologi Menggunakan Model The Power of Two di SMAN 3 Padang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA)

Arikunto, Suharsimi. 2007. “Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Untuk Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Dan Penilai.” Penelitian Tindakan Kelas.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v13i2.12652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.