UJI FORMULASI SEDIAAN MASKER GEL PEEL OFF EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya L.)

Anna Pradiningsih, Nida Nurul Mahida

Abstract


Daun pepaya merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai antibakteri. Dalam ekstrak daun pepaya mengandung senyawa alkaloid dan flavonoid yang dapat menghambat penyusunan peptidoglikan pada sel bakteri dan mengurangi kekebalan pada organisme sasaran. Untuk kemudahan penggunaan dari ekstrak daun pepaya, maka di formulasikan dalam bentuk masker gel peel off. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sediaan masker gel peel off yang kemudian di uji evaluasi dan stabilitas sesuai dengan persyaratan formulasi. Pengujian dilakukan dengan membuat masker gel peel off dalam empat formula dengan konsentrasi 5%, 10%, dan 15%. Uji Evaluasi dilakukan pengujian organoleptik, homogenitas, uji pH, uji viskositas, uji daya sebar, uji daya lekat, uji waktu mengering dan uji iritasi. Uji stabilitas dilakukan dengan menggunakan cycling test 6 siklus selama 12 hari pada suhu 40 dan 40 0 C. Dari hasil pengujian sediaan masker gel peel off yang paling baik adalah formula dengan konsetrasi 15%. Hasil pengujian stabilitas didapatkan hasil organoleptik warna hijau kecoklatan, bau khas dan bentuk gel. Hasil pengujian pH 7, daya sebar 6,5 cm, daya lekat 4 detik, viskositas 3350 cp dan waktu mongering 13 menit serta pada pengujian iritasi didapatkan hasil bahwa tidak terjadi iritasi.


Keywords


Daun pepaya, Propionibacterium acne, masker gel peel off

References


Departemen Kesehatan RI. 1995. Materia Medika Indonesia. Jilid VI. Cetakan Keenam. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Goeswin A. 2015. Sediaan Kosmetika. Penerbit ITB. Bandung.

Jawetz, E., Melnick, J. L., Adelberg, E. A. 2005. Mikrobiologi Kedokteran. Penerbit Salemba Medika. Jakarta.

Juliantina, F., D.A. Citra, B. Nirwani, T. Nurmasitoh, E.T. Wibowo. 2009. Manfaat sirih merah (Piper crocatum) sebagai agen antibakterial terhadap bakteri gram positif dan negatif. Jurnal Kedokteran dan kesehatan Indonesia. 1 (1): 12-20.

Kuncari, E. S., I. Iskandarsyah, P. Praptiwi. 2014. Evaluasi, Uji Stabilitas Fisik dan Sineresis Sediaan Gel yang Mengandung Minoksidil, Apigenin dan Perasan Herba Seledri (Apium graveolens L.). Buletin Penelitian Kesehatan. 42 (4): 213-222.

Lestari, P.M., R.B. Sutyasningsih, R. Ruhimat. 2013. The influence of increase concentration polivinil alcohol (PVA) as a gelling agent on physical properties of the peel-off gel of pineapple juice (Ananas comosus L.). Asian Societies of Cosmetic Scientists Conference. Bali. Indonesia.

Martin, A., J. Swarbrick, A. Cammarata. 1993. Farmasi Fisik: Dasar-dasar Farmasi Fisik Dalam Ilmu Farmasetik. Edisi Ketiga. Penerjemah: Yoshita. UI Press. Jakarta.

Naidu, A.S. 2000. Natural Food Antimicrobial Systems, CRC Press, US-America.

Nurheti, N., Y. Yuliantri. 2011. Khasiat Buah-buahan. CV ANDI Offset. Yogyakarta.

Reny, S.S., D. Mulyati, A. Gadri. 2015. Formulasi sediaan masker gel peel off ekstrak daun pepaya (Carica Papaya L) sebagai antijerawat dan uji aktivitasnya terhadap bakteri Propionibacterium acne. Prosding Penelitian SpeSIA Unisba. 662 670.

Septiani, S., N. Wathoni, S. R. Mita. 2011. Formulasi sediaan masker gel antioksidan dari ekstrak etanol biji melinjo (Gnetum gnemon Linn.). Jurnal Unpad. 1(1): 4-24.

Setiawan, T. 2010. Uji Stabilitas Fisik dan Nilai SPF Krim Tabir Surya Yang Mengandung Ekstrak Daun Teh Hijau (Camellia sinensis L.), Oktil Metoksisinamat dan Titanium Dioksida. Skripsi. Universitas Indonesia.

Tranggono, T., R. Iswari, L. Latifah, F. Fatmah. 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Voight, R. 1994. Buku Pelajaran Teknologi Farmasi, Penerjemah: N. Soendani. Penerbit UGM. Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jf.v9i1.1259 Abstract views : 5212 views : 12019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.