PENGARUH EDUKASI GIZI DAN PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH (TTD) TERHADAP KENAIKAN KADAR HEMOGLOBIN REMAJA PUTRI

Cantika Zaddana, Lusi Indriani, Naufal Muharam Nurdin, Mutiara Oktavia Sembiring

Abstract


Anemia adalah adalah suatu kondisi yang ditandai dengan penurunan jumlah hemoglobin. Sampai saat ini kejadian anemia pada remaja masih cukup tinggi. Dampak anemia pada remaja antara lain terganggunya pertumbuhan dan perkembangan, kelelahan, tubuh lebih rentan terhadap infeksi, mengurangi kemampuan fisik dan kemampuan akademik Penanganan anemia dapat dilakukan dengan edukasi dan suplementasi tablet tambah darah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi tentang anemia dan pemberian suplementasi TTD terhadap kadar Hb pada remaja putri. Faktor-faktor lain yang berkaitan dengan kejadian anemia juga dianalisis seperti pola konsumsi, aktivitas fisik, dan tingkat stress. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kenaikan skor pengetahuan responden setelah diberikan edukasi gizi. Kadar Hb responden juga mengalami peningkatan setelah diberikan edukasi gizi dan suplementasi TTD.

Keywords


Anemia, Edukasi gizi, Hemoglobin, Remaja putri, Konsumsi pangan, Zat gizi

References


Aditian, N. 2009. Faktor-Faktor yang mempengaruhi kejadian anemia gizi remaja putri SMP 133 di pulau pramuka kepulauan seribu tahun 2009. Skripsi. Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Almatsier, S. 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Briawan, D., Hardinsyah, H., Setiawan, B., Marliyati, S.A. & Muhilal, M. 2008. Efikasi suplemen besi-multivitamin untuk perbaikan status besi remaja wanita. Jurnal Gizi Indonesia. 30(1):30-36.

Brown, Z. K. & Boatman, K. K. 2011. 100 Tanya-Jawab mengenai Kanker Payudara Edisi 3. P.T. Indeks. Jakarta.

Corwin, E.J. 2009. Handbook of Pathophysiology 3rd Ed. Jakarta: EGC.

Departemen Kesehatan RI. 2008. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2007. Jakarta : Depkes RI.

Departemen Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Jakarta : Depkes RI.

Du, C., Fang, M., Li, Y., Li, L. & Wang, X. 2000. Smac, a mitochondrial protein that promotes cytochrome cdependent caspase activation by eliminating IAP inhibition. Cell. 102(1): 33-42.

Dumilah, P.R.A. & Sumarmi, S. 2017. Hubungan kejadian anemia dan prestasi belajar siswi di SMP Unggulan Bina Insani. Amerta Nutr. 331-340.

Kementrian Kesehatan RI. 2016. Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur (WUS). Jakarta: Kemenkes RI.

Marudut, M. 2012. Efikasi bubuk tabur gizi terhadap status zat besi remaja putri di pondok pesantren. Disertasi. Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Dumilah, P.R.A. & Sumarmi, S. 2017. Hubungan kejadian anemia dan prestasi belajar siswi di SMP Unggulan Bina Insani. Amerta Nutr. 331-340.

Susanti, Y. 2016. Pengaruh pemberian suplemen besi terhadap kadar hemoglobin dan tingkat kelelahan pada remaja putri. Tesis. Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jf.v9i2.1606 Abstract views : 8218 views : 5101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.