UJI TOKSISITAS AKUT SENYAWA ETIL p-METOKSISINAMAT YANG DIISOLASI DARI RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga L)

Sara Nurmala

Abstract


Pada rimpang tanaman kecur (Kaempferia galanga L.) terdapat senyawa   etil p- metoksisinamat yang memiliki aktivitas-aktivitas farmakologis diantaranya sebagai analgesik dan antiinflamasi serta berpotensi sebagai tabir surya. Etil p-metoksisinamat dapat diisolasi dengan mudah dengan hasil rendemen yang relatif tinggi sehingga sangat berpotensi dijadikan sumber bahan obat alami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji toksisitas akut senyawa etil p-metoksisinamat yang disolasi dari rimpang kencur. Serbuk rimpang kencur diekstrak menggunakan pelarut n-heksan sebanyak 4 kali. Etil p- metoksisinamat diidentifikasi dan diisolasi dari ekstrak dengan metode uji jarak lebur dan analisis KLT. Dari hasil uji didapatkan nilai jarak lebur p-metoksisinamat adalah 48–

48,5ºC dan dari hasil analisis KLT dengan fase gerak metanol : aseton (2:1) didapatkan bahwa etil p-metoksisinamat memiliki nilai Rf : 0,68. Hasil analisis spektrofotometri UV- VIS senyawa etil p-metoksisinamat dalam pelarut metanol memberikan spektrum dengan serapan maksimum masing-masing pada 307,0 nm dan 226,0 nm. Uji toksisistas akut dilakukan dengan menghitung nilai kisara median lethal dose (LD50) senyawa etil p- metoksisinamat yang diberikan secara oral terhadap kelompok-kelompok tikus uji dengan variasi dosis 50, 100, 500, 1000 dan 2.000 mg/Kg BB. Hasil uji menunjukan bahwa nilai median LD50 dicapai pada pemberian dosis 3.652 mg/Kg BB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa senyawa etil p-metoksisinamat termasuk senyawa obat baru dengan kategori toksik sedang.

Kata Kunci: Kencur, etil p-metoksisinamat, toksisitas akut, LD50


References


DAFTAR PUSTAKA

Darwis, S.N, A.B.D Modjo, dan Hasiyah

S. 1991. Tumbuhan obat familia zingiberaceae. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri

DepKes RI. 1995. Farmakope Indonesia.

Edisi IV. Direktorat Jenderal

Pengawasan Obat dan Makanan. Jakarta.

Fahmi R. 1991. Isolasi dan Karakteristik struktur konstituen kimia utama

kencur (Kaempferia galanga Linn) Skripsi. Padang: Pusat Pendidikan

Universitas Negeri Padang. Padang.

Lu, F.C. 1995. Toksikologi Dasar Asas, Organ Sasaran, dan Penelitian

Resiko. Ed 2. Diterjemahkan oleh Edi

Nugroho. UI Press. Jakarta.

Masida M. 2009. Penetapan kadar etil p- metoksisinamat dari tiga varietas rimpang kencur (Kaempferia galanga L) secara KLT- Densitometri. Skripsi. Fakultas Farmasi Universitas Pancasila. Jakarta.

Mulyadi T. 2009. Senyawa tabir surya

yang efektif dengan bahan baku senyawa aktif dari rimpang kencur (Kaempferia Galanga L.).


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jf.v7i2.774 Abstract views : 4314 views : 3658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.