Pengembangan Games Moneter (Monopoly Vertebrata) Sebagai Media Pembelajaran Siswa

Abdul Kharom, Susi Sutjihati, Rifki Risma Munandar

Abstract


Abstrak

Biologi merupakan mata pelajaran yang dianggap relatif sulit oleh kebanyakan siswa dan cenderung membosankan, untuk itu perlunya penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dengan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah media permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Games Moneter (Monopoly Vertebrata) sebagai media pembelajaran siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2020. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate) dengan data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan hingga tahap Development atau hanya pada tahap pengembangan media dengan penilaian 10 validator yang meliputi 5 orang dosen dan 5 orang guru Biologi SMA. Hasil penelitian didapat bahwa media Games Moneter (Monopoly Vertebrata) dikategorikan sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan persentase nilai dari 10 validator sebesar 91,5%.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Biologi, Games Moneter


References


REFERENSI

Agustiya, dkk. 2017. Influence of CTL Model by Using Monopoly Game Media to The Students Motivation and Science Learning Outcomes. Journal of Primary Education. 6 (2). 114-119.

Fatimah, Siti, Yusuf Mufti. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa.

Kusumadewi, Wulandari Adi Putri. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Di Smk Negeri 3 Surabaya. Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurusan Matematika FMIPA UM.

Lu, Yang. (2017). Industry 4.0: A survey on technologies, applications and open research issue. ELSEVIER Journal of Industrial Information Integration.

Purbasari, Rohmi Julia, M. Shohibul Kahfi, Mahmuddin Yunus. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X.

Purwanto, N. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Putra, Dian Wahyu, A. Prasita Nugroho, Erri Wahyu Puspitarini. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Pasuruan: Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan (JIMP).

Thiagarajan: Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yektyastuti, Risma, Jaslin Ikhsan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/jber.v1i1.2630 Abstract views : 509 views : 363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Of Biology Education Research (JBER)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.