FORMULASI EKSTRAK DAN BIJI KOPI ROBUSTA DALAM SEDIAAN MASKER GEL PEEL-OFF UNTUK MENINGKATKAN KELEMBABAN DAN KEHALUSAN KULIT

Asri Wulandari, Erni Rustiani, Ella Noorlaela, Pipih Agustina

Abstract


Biji kopi robusta  adalah bahan dari tanaman yang berfungsi sebagai antioksidan serta mengandung protein yang dipercaya memiliki khasiat melembabkan dan menghaluskan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan mutu formula gel peel-off dari ekstrak kering dan serbuk biji kopi robusta yang memenuhi syarat. Metode pengujian yang dilakukan meliputi uji organoleptic, viskositas, pH, waktu mengering, dan uji hedonic menggunakan skin analyzer serta verifikasi uji iritasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa F1 merupakan formula terbaik dengan karakteristik gel berwarna coklat tua, aroma kopi dan tekstur sangat halus. Viskositas yang diperoleh 2581 cPs, pH 7,74 dan waktu mengering gel di kulit selama 18 menit. Hasil uji hedonic menunjukkan bahwa F1 memberi efek terbaik untuk meningkatkan kelembaban dan kehalusan kulit dibandingkan dengan formula lainnya dan tidak mengiritasi.

Keywords


Biji kopi robusta, Masker gel peel off, Pelembab wajah

References


Departemen Kesehatan RI. 1995. Farmakope Indonesia Edisi IV. Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2013. Farmakope Herbal Indonesia. Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan. Jakarta.

Garg, A. D., Aggarwal, S., Garg & A. K. Sigla. 2002. Spreading of Semisolid Formulation. Pharmaceutical Technology. Aster Publishing Corp.

Hanani, E. 2015. Analisis Fitokimia. EGC Press. Jakarta.

Hertina, N.T. 2013. Pemanfaatan ampas kedelai putih dan ampas kopi dengan perbandingan berbeda dalam pembuatan lulur tradisional untuk perawatan tubuh. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Harry & Ralph. G. 2000. Harrys Cosmeticology Edisi VI. Chemical Publishing. New York.

Marlinda, M., Meiskes., S. & Audym, D. W. 2012. Analisis senyawa metabolit sekunder dan uji toksisitas ekstrak etanol biji alpukat (Persea Americana Mill). Skripsi. Universitas Sam Ratulangi.

Najiyati, S. & Danarti, D. 2001. Kopi: Budidaya dan Penanganan Lepas Panen. Penebar Swadaya. Jakarta.

Panggabean, E. 2012. The Secret of Barista. PT Wahyumedia. Jakarta.

Prasetyo, H. 2015. Ekstraksi senyawa antioksidan kulit buah kopi: kajian jenis kopi dan lama maserasi. Skripsi. Universitas Jember.

Rohmah, A.R. 2016. Pengaruh proporsi kulit buah kopi dan oatmeal terhadap hasil jadi masker tradisional untuk perawatan kulit wajah. e-Journal Universitas Negeri Surabaya. 05 (03):72-79.

Saib, N. F. 2010. The Effect of Addition of Antioxidant to The Stability of Green Tea Water Extracts As Anti Acne. Indonesian Journal of Cancer Chemoprevention. 1(1) : 48.

Septiani, S., Wathoni, N. & Mita, S.R. 2011. Formulasi sediaan masker gel antioksidan dari ekstrak etanol biji melinjo (Gnetum gnemon Linn). Students e-jurnal. Fakultas Farmasi Universitas Pajajaran 1(1):1-26.

Syamsuni, H. A. 2005. Ilmu Resep. EGC Press. Jakarta.

Tejasari. 2005. Nilai Gizi Pangan. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Vieira, R.P. 2009. Physical and physicochemical stability evaluation of cosmetic formulation containing soybean extract fermented by Bifido bacterium animals. Braz. J. Pharm. Sci. 45(3): 515-525.

Wasitaatmadja, S. M., 1997. Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jf.v9i2.1607 Abstract views : 11419 views : 5474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.