PENGARUH pH DAN KATION TERHADAP AKTIFITAS ENZIM ?-GLUKOSIDASE YANG DIHASILKAN DARI A. foetidus (Naka.)

Trirakhma Sofihidayati

Abstract


ABSTRAK

 

Selulase adalah enzim yang terlibat dalam proses degradasi selulosa. Enzim ini merupakan campuran dari enzim endoglukanase,  eksoglukanase,  dan b-glukosidase. Limbah agro industri yang diolah menggunakan kapang Aspergillus foetidus diperkirakan dapat dimanfaatkan sebagai sumber enzim selulase untuk mendegradasi limbah dengan biaya yang lebih murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pH dan kation terhadap aktivitas enzim b-glukosidase yang dihasilkan dari kapang A. foetidus (Naka.). Hasil penelitian menunjukan bahwa enzim b-glukosidase dari A. foetidus yang diinkubasi pada suhu ruang di medium yang mengandung 3% polard selama 6 hari menghasilkan aktivitas sebesar  3.56 U/mL.  Aktivitas optimum enzim ?-glukosidase terjadi pada kondisi medium dengan pH 5.0 dan suhu 60 ºC. Enzim ?-glukosidase relatif stabil pada pH 4,2 – 5,0 dan suhu penyimpanan 28 dan 40 ºC, tetapi tidak stabil pada suhu

80 ºC. Aktivitas ?-glukosidase meningkat dengan adanya penambahan kation-kation Mg2+, Ba2+, dan Mn2+ dengan konsentrasi akhir 1 mM dan 5 mM. Penambahan 1 mM ion Fe2+  menurunkan aktivitas enzim, tetapi penambahan 5 mM ion Fe2+  meningkatkan aktivitas enzim sebesar 39%.

 

Kata kunci: Enzim ?-glukosidase, A. foetidus, degradasi selulosa

References


DAFTAR PUSTAKA

Dini, I.R. dan I. Munifah. 2014. Produksi dan karaterisasi enzim selulase ekstrak kasar dari bakteri yang diisolasi dari limbah rumput laut. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian. 6(3).

Hermansyah, H. dan R. Rizky. 2014.

Produksi enzim hidrolisis α-amylase


dan β-glukosidase dari Aspergillus niger dalam substrat sekam padi, bagas dan tongkol jagung dengan metode fermentasi solid. Rekayasa Bioproses. Program Studi Teknologi Bioproses, Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Oktavia, Y., A. Andhika, T. Nurhayati dan

T. Kustiariyah. 2014. Karakterisasi enzim kasar selulase kapang Endofit dari lamun. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis. 6 (1):

200-218.

Rajasekar, A. 2013. Production and

optimazation of amylases using Aspergillus niger. International Journal of Scientific and Engineering Research. 4(7): 2497.

Setyaningsih, D., K. Tresnawati1), M. T.

Soehartono dan A. Apriyantono.

2007. Pengaruh aktivitas β- glukosidase eksternal dari kapang terhadap kadar vanilin buah vanili. Jurnal Teknologi Industri Pertanian.

16 (1): 28-35.

Munifah, I. 2014. Produksi dan

karakterisasi enzim selulase dari limbah pengelolaan rumput laut. Jurnal Teknologi Pengelolaan Limbah. 16 (3): 221-228


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jf.v6i1.751 Abstract views : 1167 views : 3115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.