PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TELKOM FLEXI PADA PT TELKOM BOGOR

Yetty Husnul Hayati, Gissa Tamara

Abstract


ABSTRAK
Kualitas produk merupakan faktor penentu tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen setelah melakukan pembelian dan pemakaian terhadap suatu produk. Pengalaman yang baik atau buruk terhadap produk akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian kembali atau tidak. Sehingga pengelola usaha dituntut untuk menciptakan sebuah produk yang disesuaikan dengan kebutuhan atau selera konsumen. gangguan yang terjadi pada jaringan TELKOM Flexi dapat disebabkan oleh sistem limited mobility yang diharuskan memakai kode, adanya gangguan alam, aktivitas manusia, aktivitas pihak ketiga, gangguan binatang, dan material yang jelek.Dari sekian banyak gangguan yang terjadi, TELKOM berusaha untuk menekan gangguan dengan memperbaiki sistem jaringan serta melakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi lagi.Serta banyak konsumen yang mengeluh dikarenakan sistem Flexi yang diharuskan memakai sistem telepon bergerak terbatas dalam satu area code. Memungkinkan para konsumen tidak sempat atau lupa memakai kode area daerah tersebut dan telepon tidak dapat digunakan selama didaerah tersebut.
Metode analisis yang digunakan penulis dalam penelitian untuk mengetahui hubungan antara dua variabel diferensiansi kualitas produk dan kepuasan yaitu dengan menggunakan metode Chi–Square.
Berdasarkan hasil perhitungan diketahui Chi-Square hitung sebesar (1.461,927), sedangkan Chi-Square tabel sebesar (84,4178733). Dengan demikian data yang diperoleh dari kuesioner menunjukan bahwa Chi-Square hitung sebesar > Chi-Square tabel, maka tolak H0, artinya minimal ada sebagian kecil konsumen yang tidak puas terhadap produk yang ditawarkan oleh PT Telkom Bogor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk yang ditawarkan oleh perusahaan belum cukup memuaskan para konsumen, karena masih ada sebagian kecil konsumen yang tidak merasa puas akan kualitas produk Telkom Flexi.
Kata kunci: kinerja, pelayanan, kualitas produk, harapan, tingkat kepuasan

References


I. DAFTAR PUSTAKA

Angipora, M. P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Ke-2, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Arifin, Imamul. dan Giana, Hadi W. 2007. Cakrawala Ekonom, PT. Setia Purna Inves, Bandung.

Griffin, R dan ebert, Ronald J. Bisnis. 2007. Edisi ke-8, jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Phillip. 2002. Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Phillip. 2005. Manajemen Pemasaran (terjemahan), PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Phillip. 2006. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Phillip. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 2, PT. Indeks, Jakarta.

LoveLock, C.U. and L.K. Wright. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa (terjemahan), PT Indeks, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2003. Riset Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Santoso, Teguh. 2011. Marketing Strategic, PT Suka Buku, Jakarta.

Sparks and Legault. 1993. Total Quality Managemen Enginering Education In India. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Stanton, William, J., dan Lamarto. 2000. Prinsip Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, PT. Ghalia Indonesia, Bogor.

Terry, R. George and Leslie. W Rue. 2011. Dasar-dasar manajemen. Edisi 11. PT. Bumi aksara, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2001, Riset Pemasaran, Penerbit Andy, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, Gregorius. C. dan Dadi. Adrian, 2008, Strategic Pemasran, Penerbit Andy, Yogyakarta.

Tohar, Muhammad. 2000. Membuka Usaha Kecil. PT. Kanisus, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta Bussines Reasearch Center.

Walpole, E Ronald. 2000. Pengantar Statistik, Edisi 3, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Widjadja, Bernard. 2009. Life Style. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Zamroni, 2003, Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Inovasi dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Industri Kecil Kripik Tempe, Universitas Diponegoro, Semarang.

Zeithaml, et al. 2006. Service Marketing, Mc Graw Hill, New York.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE | Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.