PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK PADA MATERI ENERGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Fanny Nadia Hardjo, Anna Permanasari, Irvan Permana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis proyek yang dapat meningkatkan literasi sains siswa pada materi energi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli yang digunakan untuk memvalidasi bahan ajar oleh ahli dan guru IPA (5 ahli), soal keterbacaan bahan ajar (100 partisipan siswa), lembar angket untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap bahan ajar. Untuk mengetahui dampak bahan ajar terhadap literasi sains siswa dilakukan tes pilihan ganda berbasis literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembuatan modul melalui beberapa tahap yaitu analisis kebutuhan, desain dan pengembangan, implementasi, evaluasi 2) hasil validasi pada komponen kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa rata-ratanya 88% (sangat baik) dan hasil validasi oleh 2 guru IPA  memperoleh nilai rata-rata 95% (sangat baik) 3) bahan ajar berbasis proyek dapat meningkatkan minat siswa dibuktikan dengan hasil tanggapan siswa memperoleh nilai 90% (sangat baik) dan dapat memudahkan guru dalam pembelajaran dibuktikan dengan rata-rata tanggapan guru 86% (sangat baik) 4) pengembangan bahan ajar berbasis proyek pada materi energi dapat meningkatkan literasi sains siswa pada materi energi ditunjukan dengan hasil pretest sebesar 54, rata-rata posttest sebesar 69 dan N-gain 0,43 (sedang).

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul Project Based Learning, Literasi Sains

References


Anni, C.T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang : UNNES.

Ardianto, D., Rubini, B., Pursitasari I. (2016). Identify Scientific Literacy From The Science Teachers Perspective. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5 (2).

Budiningsih, T.Y. Rusilowati, A. Marwoto P. (2015). Pengembangan Buku Ajar Ipa Terpadu Berorientasi Literasi Sains Materi Energi Dan Suhu. [Thesis]. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Devetak, I & J. Vogrinc. (2013). The Criteria for Evaluating The Quality of The Science Textbook. Critical Analysis of Science Textbooks pp 3-15.

Doppelt, Y. (2003). Implementation and Assesment of Project Based Learning (PBL) on the Web to Promote Cooperative Learning. European Journal of Technology and Design Education, 13, 255-272.

Dryden, Gordon and Jeanette Vos. (2001). Revolusi Cara Belajar. Bandung : Kalifa

Garthwaite, K., France, B., Ward, G. (2014). The Complexity of Scientific Literacy: The development and use o data analysis matrix. International Journal of Science Education, 36 (10), 1568-1567.

Iswadi, Hazrul. (2015). Sekelumit dari Hasil PISA 2015 yang Baru dirilis. [Online]. Retrieved from http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail /230/ Sekelumit-Dari-Hasil-PISA-2015-Yang-Baru-Dirilis.html.

Kemendikbud. (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel. [Online]. Retrieved from: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan.

Kurnia, Zulherman & Fathurohman. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1 (1), 43-47.

Latip, Abdul. Permanasari, Anna. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Smp Pada Tema Teknologi. Jurnal Edusains. [Online]. Retrieved from: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Permanasari, Anna. (2011). Pembelajaran Sains : Wahana potensial untuk membelajarkan soft skill dan karakter. (Seminar Nasional pendidikan IPA) Universitas Lampung.

Permendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.

OECD. (2013). What students know and can do –student performance in mathematics, reading and science (volume 1). [Online]. Retrieved from: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-I.pdf.

Sadler, T.D dan Zeidler, D.L. (2009). Scien¬tific Literacy, PISA, and Socioscientific Discour¬se: Asessment for Progressive Aims of Science Education. Journal of science Teaching, 1 (1), 1-13.

Sari, W.W. Nuryadin, S. Nurani Y, Sujiono. (2014). Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Pendekatan Proyek. Journal Pendidikan Usia Dini, 8 (1).

Simamora, Maut. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sd Swasta Baptis Independen Medan. (Tesis tidak di publikasi) Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sungkono. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1 (5).

Syatriana E., Husain, D., Haryanto & Jabu, B. (2013). A Model of Creating Instructional Materials Based on School Curriculum for Indonesian Secondary School. Journal of Education and Practice, 4 (2), 10-16.

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tujuan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Wicaksono, Imam. (2014). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Smp. (Thesis). Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Winataputra, Udin. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Witte, D. dan Beers, K. (2003). Testing Of Chemical Literacy (Chemistry In Context In Dutch National Examination). Chemical Education International Journal. 4 (1),1-3.

Zaenudin. (2005). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Menggunakan Komputer Berbasis Web pada Mata Kuliah Fisika Sekolah Menengah Pokok Bahasan Listrik Statis. (Skripsi). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang.

Zain, N,H. (2013). Pengembangan Komik Bahan Ajar IPA terpadu Kelas VIII SMP Pada Tema Sistem Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Kesehatan. (Skripsi). Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Zubaidah, Siti. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v2i1.1701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND PRACTICE

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.