PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI OPTIK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP BELAJAR SISWA

Irfan Ajizi, Indarini Dwi Pursitasari, Didit Ardianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran inkuiri berbasis multimedia interaktif pada materi optik untuk meningkatkan penguasaan konsep dan sikap belajar siswa serta mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran inkuiri berbasis multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan desain Pretest-Postest Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest sebelum pembelajaran dan setelah perlakuan selanjutnya diberi postest untuk mengetahui perbedaan setelah pembelajaran antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep, lembar observasi untuk mengetahui sikap belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran inkuiri berbasis multimedia interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persentasi N-Gain penguasaan konsep pada siswa kelas kontrol sebesar 45,82% (sedang) dan kelas eksperimen sebesar 71,76% (tinggi). Terdapat perbedaan signifikan penguasaan konsep antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah pelaksanaan pembelajaran. 2) Terdapat perbedaan signifikan sikap belajar antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah pelaksanaan pembelajaran inkuiri berbasis multimedia interaktif, 3) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran inkuiri berbasis multimedia interaktif memperoleh nilai 89.76% (sangat baik).

 

Kata Kunci: Inkuiri, Multimedia Interaktif, Penguasaan Konsep, Sikap Belajar

References


Agustina, Fitriani. (2010). Modul Kuliah Pengolahan Data. Bandung : UPI.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Bandung. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Faizin, M. N. (2005). Pembelajaran Konsep Optika Geometri Menggunakan Media Interaktif Program Java Applet. Prosiding Seminar Internasional. Bandung : Pendidikan IPA SPs UPI.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. [Online]. Retrieved from http://lists.asu.edu/cgi-bin/wa?A2=ind9903&L=aera-d&P=R6855.

Jamaludin, A. (2007). Internet Menuju Sekolah : Jardiknas. [Online]. Retrieved from ade_smkams@yahoo.co.id.

Lee, Nicoll, dan Brooks. (2002). A Comparison of Inquiry and Worked Example Web-Based Instruction Using Physlets. Computers & Education, 10 (5), 7.

Mzoughi, T. (2006). WebTOP: A 3D Interactive System for Teaching and Learning Optics. Computers & Education, 42 (181), 13.

Samsudin Achmad, Rusli Aloysius, dan Suhandi Andi. (2008). Penggunaan model pembelajaran multimedia interaktif (MMI) optika geometri untuk meningkatkan penguasaan konsep dan memperbaiki sikap belajar siswa. Jurnal Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Sudarman. (2007). Problem Based Learning : Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Inovatif, 2 (2), 68 – 73.

Sutinah. (2006). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta : Prenada Media Group.

Syahdiani, Soeparman Kardi, I G Made Sanjaya. (2015). Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri pada materi sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan hasil belajar dan melatihkan keterampilan Berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5 (1), ISSN : 2089-1776.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v2i1.1702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND PRACTICE

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.