PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PADA MATERI TEKANAN ZAT UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP

Dewi Kania, Bibin Rubini, Didit Ardianto

Abstract


Keterampilan berpikir siswa, baik berpikir kritis maupun penguasaan konsep merupakan keterampilan yang penting untuk dimiliki agar dapat memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi dalam dunia yang senantiasa berubah. Pembelajaran IPA dengan pendekatan Kontekstual merupakan suatu alternatif pendekatan yang berupaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa agar terus terlatih dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep antara siswa yang memperoleh pembelajaran IPA dengan pendekatan Kontekstual dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pembelajaran konvensional baik ditinjau secara keseluruhan maupun ditinjau secara kelompok siswa (kelompok atas dan kelompok bawah). Selain itu diungkap pula sikap siswa terhadap pembelajaran IPA dengan pendekatan Kontekstual  Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP pada kelas VIII. Data penelitian dikumpulkan melalui tes . Analisis data dilakukan terhadap rerata gain ternormalisasi antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan kesamaan dua rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan pendekatan Kontekstual lebih baik secara signifikan daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional,.. Selanjutnya analisis data angket sikap siswa memperlihatkan bahwa siswa menunjukan sikap positif terhadap pembelajaran IPA  dengan pendekatan Kontekstual.

 

Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis dan Penguasaan konsep, pendekatan Kontekstual

References


Dahar, Ratna Wilis. (2006). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. (2004) . Kerangka Dasar Kurikulum 204. Jakarta

Eka, Andriani. (2016). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (11), 2106-2112.

Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston : McGraw-Hill Higher Education.

Hassoubah, I. J. (2004). Cara Berpikir Kreatif dan Kritis. Bandung : Nuansa.

Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Noer, SH. (2010) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, kreatif dan reflektif Matematika siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. [Desertasi Tidak Diterbitkan]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Permanasari, A. (2016). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Threaded dengan Level of Inquuiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep. Jurnal Edusains, 7 (2) , 143 -150.

Pujiati, Reny. (2015). Pengaruh Penggunaan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Pengetahuan Metakognitif Biologi Siswa Kelas X Pada Konsep Virus. [Skripsi]. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Hidayatullah Jakarta.

Rustaman, A. (2005). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.

Setyowati, A. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 89-96.

Sochibin.A, dkk. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin Untuk Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5, 96-101.

Sumarmo U. (2012). Berfikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Bandung: FPMIPA UPI.

Sunaryo (2014). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Winkel. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia

Yulianti, K. dan Al Jupri. (2006). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Realistikuntuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa. [Online]. Retrieved from http://file.upi.edu.

Yustyan dan Nur Widodo. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, 1 (2), 240-254


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v2i1.1703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND PRACTICE

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.