PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN

Ening Yuningsih, Rita Retnowati, Dadang Jaenudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada materi Pencemaran Lingkungan melalui pembelajaran berbasis masalah dengan mind map. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP Negeri Kabupaten Cianjur, dengan  subjek penelitian berjumlah 67 orang dikelas kontrol dan eksperimen. Kelas eksperimen yaitu kelas VII E diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dengan mind map dan kelas kontrol yaitu kelas VII D mendapat pembelajaran berbasis masalah. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda (PG) untuk penguasaan konsep, Essay untuk kemampuan berpikir kreatif dan angket untuk melihat respon siswa. Data dianalisis dengan uji statistik menggunakan SPSS versi 24.00 dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan mind map mampu meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif. Penguasaan konsep siswa dikelas eksperimen meningkat dengan nilai N-gain 0,62 (kriteria Sedang) dan meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan nilai N-gain 0,79   (kriteria tinggi). Siswa pada kelas eksperimen juga menunjukan respon dan antusias tinggi terhadap pembelajaran.

 

Kata Kunci:     Pembelajaran berbasis Masalah, Mind Map, Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif

References


Adodo, S O. (2013). Effect of Mind Mapping as a Self-Regulated learning Strategy on Students Achievement in Basic Science ang Technology. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4 (6), 163-172.

Dhindsa, H., Kasim, M., &Anderson, O.R. (2011). Constructivist-Visual Mind Map teaching Approach and the Quality of Students†Cognitive Structures. J Sci Educ Technology, 20, 186-200.

Frankel, J.P. & Wallen N.E. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education. New York : Mc Graw Hill Companies. Inc.

Long, D. & Carlson, D. (2011). Mind the Map: How hinking aps Affect student Achievement. Mediteranian Journal of Social Science, 13 (2), 1-7.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for live in Our Times. San Francisco:Jossey bass, A willey imprint


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v2i2.1706 Abstract views : 631 views : 269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 JSEP (Journal of Science Education and Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.