PENGEMBANGAN ASESMEN AUTENTIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

Yati Nurhayati, Bibin Rubini, Indarini Dwi Pursitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan asesmen autentik yang berupa instrumen penilaian kognitif, afektif dan psikomotor yang valid juga reliabel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluationn). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validitas ahli yang digunakan untuk memvalidasi asesmen autentik oleh ahli sebanyak 6 dosen dan guru IPA sebanyak 20 orang, lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap asesmen autentik. Untuk mengetahui kualitas instrumen yang dikembangkan uji butir soal meliputi tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) hasil validasi pada komponen isi, kontruksi, kebahasaan dan praktikalitas ahli oleh dosen dan guru IPA valid atau layak digunakan. 2) hasil uji butir soal kognitif terdapat 15 soal pilihan ganda  dan 8 soal uraian valid dengan relibilitas tinggi sehingga layak digunakan. Untuk instrumen penilaian sikap  terdapat 28 pernyataan valid dengan reliabilitas tinggi yang dapat dipergunakan. Sedangkan pada instrumen penilaian kinerja 7 aspek penilaian yang valid dengan relibilitas cukup tinggi dapat digunakan dan pada instrumen penilaian produk 5 aspek penilaian valid dengan tingkat relibilitas rendah, dapat digunakan 3) penerapan instrumen penilaian kognitif, afektif dan psikomotor yang valid dan reliabel dapat mengukur tingkat pencapaian ketuntasan belajar 4) tanggapan siswa terhadap asesmen autentik sebesar 91,02 % (sangat baik).

 

Kata Kunci: Asesmen Autentik, Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor

References


Astuti, W. Puji, Prasetyo A. P. B, & Rahayu E. S. (2012). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi. Sains Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal Lembaran Imu Kependidikan, 41 (1), 39-43.

Atac, B. A. (2012). Foreign Language Teachers’ Attitude toward Authentic Assessment in Language. The Journal of Language and Linguistic Studies, 8 (2), 7-17.

Azwar, Saifuddin. (2016). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya (edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basit, A & Wardana L. A. (2016). Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (2), 73-78.

Boadu K., Anthony B., Isaac E, Thoephilus K. B., Fredrick Y. K. (2014). Teachers’ Perception Of Authentic Assessment Techniques Practice In Social Studies Lessons In Senior High Schools In Ghana. Journal of Penelitian Pendidikan dan Ilmu Informasi, 1 (4), 62-68.

Brown, H. D. (2004). Language Asesmen : Principles and Classroom Practice. White Planis. New York: Pearson Education.

Ermawati, S & Hidayat,T. (2017). Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran (Persepsi Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27 (1), 92-103.

Gulikers, Judith T. M., Theo J. Bastiaens & Paul Kirschner. (2004). A five Dimensional Framework for Authentic Assessment. ETR&D, 52 (3), 67-86.

Johnson. (2002). Cooperative Learning Methode: A. Meta-Analysis.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kustitik & Hadi S. (2016). Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6 (2), 184-197.

Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity. Personnel. Psychology, 28, 563-575.

Liandari, E. Parsaoran S, Ida K. & Isnaini. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Merumuskan dan Menguji Hipotesis melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains dengan Metode Praktikum. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2 (1), 50-55

Nurgiyantoro, B. (2008). Asesmen Autentik. Cakrawala Pendidikan, 27 (3), 250-261.

Permendikbud. (2014). Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan dasar dan pendidikan Menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rizal, Muhammad. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2 (3), 159-165.

Rukmana, T dan Mundilarto. (2016). Keterlaksanaan Penilaian Autentik Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (1), 111-121.

Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wilson, F. Robert, Pan,Wei and Schumsky, Donald A.. (2012). Recalculation of the Critical Values for Lawshe’s Content Validity Ratio. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 45, 197-210 [Originally Published Online] DOI: 10.1177/0748175612440286


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v3i2.1721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND PRACTICE

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.