INKUIRI TERBIMBING PADA LABORATORIUM VIRTUAL DAN RIIL UNTUK MEMBANGUN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Ely Rusliati, Rita Retnowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa setelah penerapan pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan laboratorium virtual dan riil. Laboratorium merupakan sarana yang dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran yang berimbas pada hasil pembelajaran. Pemanfaatan multimedia interaktif pada laboratorium virtual dapat dipergunakan untuk mengganti sarana laboratorium riil. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain non randomised static group pretest-posttest design. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII di salah satu SMP di Cianjur sebanyak 64 siswa. Data diperoleh dari hasil tes, angket yang diisi siswa secara langsung dan wawancara. Hasil tes diolah menggunakan N-Gain didapatkan temuan bahwa penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa meningkat di kedua kelas eksperimen. Hasil analisis angket dan wawancara menunjukkan siswa menyukai penggunakan alat praktek dan mengamati proses tetapi mengalami kesulitan dalam merakit alat sedangkan waktu tidak mencukupi, menyenangi pembelajaran dengan menggunakan laboratorium virtual. Dari analisis data tersebut didapat bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dengan laboratorium virtual dapat membangun penguasaan konsep dan keterampilan sains siswa secara signifikan.


Keywords


Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Lab Virtual, Lab Riil, Penguasaan Konsep.

References


Ayfer and Burçin Acar. (2016). Impact Of Virtual Chemistry Laboratory Instruction On Pre-service Science Teacher, Scientific Process skill. Corresponding author : ayferkaradas@gmail.com.

Febriana, Indri., Ibrohim. Mahanal, Susriyati. (2016). Potensi Pembelajaran Inkuiri Dalam Menumbuhkan Sikap Siswa Terhadap Lingkungan. (Prosiding Seminar Nasional). Prodi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Fakultas MIPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hannaning, Septiana Putri., Hobri. Nurcholif, Diah Sri Lestari. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Subpokok Bahasan Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. (Artikel Ilmiah). FKIP Universitas Jember.

Jie Chao, Jennifer, Crystal and Edward. (2015). Sensor-Augmented Virtual Labs: Using Physical Interactions with Science Simulations to Promote Understanding of Gas Behavior. Jurnal Sci Educ technol.

Kusdiawati M. (2016). Pengaruh Model Pembelajran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, II (3).

Liang Ye, Nai Sum Wong, and Joanna (2016). Design,Development and Evaluation of Biochemistry Virtual Laboratory for Blended Learning. GSTF Journal on Education (JED), 3 (2), 40 – 45.

Permanasari, Ismail, dan Setiawan (2016). Stem Virtual lab : An Alternative Practical Media To Enhance student’ Scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA (JPI).

Praptiwi, Sarwi, dan L. Handayani (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Unjuk Kerja Siswa SMP RSBI. Unnes Science Education Journal.

Ratni Sirait. (2012). Pengaruh model pembelajaran inquiri training terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1).

Vincent, Reginald O., and Sylvester (2016). The Development of an Interactive Virtual Laboratory Simulation Software: A Case Study of Basic Physics Experiments Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (1).

Wahyuni, Roni., Hikmawati, Muhammad Taufik. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (4), 164-169.

Yuanita, Nur, M., Prahani, B. K., Limatahu, I., Soegimin. (2016). Effectiveness of Physics Learning Material Through Guided Inquiry Model to Improve Student’s Problem Solving Skills Based On Multiple Representation. International Journal of Education and Research, 12 (4), 231-242.

Zeynep, Tatli and Alipasa Ayas. (2013). Effect of a Virtual Chemistry Laboratory On Students, Achievement. Ankara Turky.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v3i2.1857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND PRACTICE

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.