MEMBANGUN KETERAMPILAN ARGUMENTASI MAHASISWA MELALUIMODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATION REAL-WORLD INQUIRY

Desti Herawati, Rita Istiana, Didit Ardianto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Argumentation Real-World Inquiry. Sebuah model pembelajaran yang dirancang dengan adanya sesi argumentasi disetiap tahapannya untuk melatih mahasiswa berargumen tentang isu-isu sosiosaintifik. Penelitian R&D yang dilaksanakan tersusun atas 3 tahapan, yang meliputi Tahap 1 (Perancangan model dan instrumen), Tahap II (Pre-Eksperimen), dan Tahap III (Implementasi Model). Artikel ini mengkaji tentang keterampilan argumentasi mahasiswa yang melaksanakan perkuliahan dengan model Argumentation Real-World Inquiry pada tahap pre-eskperimen. Pre-eksperimen dilaksanakan dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa calon guru biologi semester 2 yang mengontrak mata kuliah Pengetahuan Lingkungan. Keterampilan argumentasi mahasiswa dijaring melalui instrumen esai yang mengandung konteks isu sosiosaintifik lingkungan. Hasil penelitian pada tahap uji coba menunjukkan bahwa model pembelajaran Argumentation Real-World Inquiry memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan argumentasinya terhadap isu-isu sosiosaintifik lingkungan, sehingga kualitas argumentasi mahasiswa pun meningkat setelah melaksanakan perkuliahan dengan Argumentation Real-World Inquiry. Dalam pelaksanaan model ini, dosen memiliki penting dalam mengarahkan mahasiswa untuk berargumentasi terhadap isu-isu sosiosaintifik lingkungan. Kebiasaan berargumentasi dalam proses perkuliahan dapat dibangun melalui model pembelajaran yang menekankan mahasiswanya untuk menanggapi isu, mengajukan argumen, serta mencari bukti-bukti pendukung yang valid dan relevan untuk mendukung argumennya.

Keywords


Keterampilan argumentasi, isu sosiosaintifik, Argumentation Real-World Inquiry

References


Bekiroglu, F. O. dan Eskin, H. 2012. Examination of the Relationship between Engagement in Scientific Argumentation and Conceptual Knowledge. International Journal of Science and Mathematics Education. 10 (6): 1415-1443.

Christenson, N., Gericke, N. dan Rundgren S.N.C. 2016. Science and Language Teachers Assessment of Upper Secondary Students Socioscientific Argumentation. International Journal of Science and Mathematics Education. 1-20.

Chung Y., Yoo J., Kim S. W., Lee H. dan Zeidler D. L. 2014. Enhancing Students Communication Skills in the Science Classroom through Sosioscientific Issues. International Journal of Science and Mathematics Education. 14 (1): 1-27.

Choi, A., Klein, V. dan Hershberger, S. 2014. Success, Difficulty, and Instructional Strategy to Enact an Argument-Based Inquiry Approach: Experiences of Elementary Teachers. International Journal of Science and Mathematics Education. 13 (5): 991-1011.

Dawson, V., Schibeci, R. 2003. Western Australian High School Students Attitudes towards Biotechnology Process. Journal of Biological Education, 38 (1), 7-12.

Groomsa, J., Sampson, V. dan Golden, B. 2014. Comparing the Effectiveness of Verification and Inquiry Laboratories in Supporting Undergraduate Science Students in Constructing Arguments around Socioscientific Issues. International Journal of Science Education. 36(9): 14121433.

Inch, E. S., Warnick, B., & Endres, D. 2006. Critical Thinking and Communication: The Use of Reason in Argument. USA: Pearson Education, Inc.

Jonsson, A. 2016. Student Performance on Argumentation Task in the Swedish National Assessment in Science. International Journal of Science Education, 38 (11), 1825-1840.

Kim, M., Anthony, R., Blades, D. 2014. Decision Making Through Dialogue: a Case Study of Analyzing Preservice Teachers Argumentation on Socioscientific Issues. Research on Science Education.

Wenning, C. J. 2011. The Levels of Inquiry Model of Science Teaching. J. Phys. Tchr. Educ. 6 (2): 9-16.

Yang, F. Y., Anderson, R. 2003. Senior High School Students Preference and Reasoning Modes about Nuclear Energy Use. International Journal of Science Education, 25 (2), 221-244.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v3i2.2739 Abstract views : 316 views : 186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 JSEP (Journal of Science Education and Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.