EFEKTIVITAS SENAM OTAK (BRAIN GYM) DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN PERKULIAHAN DARI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

Dede Tri Kurniawan, Sri Maryanti

Abstract


Fenomena Study From Home di masa Pandemi Covid-19 seringkali membuat mahasiswa merasa jenuh. Sudah lebih dari dua bulan sejak diberlakukannya kebijakan untuk work from home. Segala kegiatanpun dialihkan secara online dari rumah, termasuk kegiatan perkuliahan. Selama beberapa lama di rumah saja, wajar jika rasa jenuh dan bosan mulai dirasakan. Fokuspun mulai terganggu yang berujung pada sulitnya memahami materi saat kuliah online. Dari hal itu peneliti meurumuskan masalah bagaimana efektivitas senam otak (brain gym) menurunkan tingkat kejenuhan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah senam otak (brain gym) efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar (burnout) pada mahasiswa calon guru Raudhatul Athfal (RA). Solusi yang bisa dilakukan agar mahasiswa menjadi lebih aktif dan lebih bisa dengan mudah menerima pelajaran yang disampaikan oleh dosen salah satunya yaitu dengan melakukan senam otak atau bisa disebut dengan brain gym. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah yaitu: apakah senam otak efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan mahasiswa dan bagaimana cara senam otak dalam menurunkan kejenuhan mahasiswa calon guru Raudhatul Athfal (RA)? Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa brain gym mampu menurunkan tingkat kejenuhan mahasiswa selama perkuliahan masa pandemi covid-19. Selain mahasiswa tidak jenuh mahasiswa juga lebih konsentrasi fokus dan membantu meningkatkan motivasi. Beberapa gerakan senam otak dapat membantu efektivitas perkuliahan dalam jaringan sehingga meningkatkan fokus konsentrasi dan pemahaman, membantu meningkatkan konsentrasi, meningkatkan konsentrasi dan fokus, dan membantu meningkatkan motivasi.

 


Keywords


Senam Otak, Kejenuhan Belajar, Study From Home, Covid-19.

References


Dennison, Paul E & Dennison, Gail.E. (2002). Buku Panduan Lengkap Senam Otak. Jakarta: Gramedia.

Dennison & Gaul E.D. 2006; Brain Gym and Me. Jakarta: PT. Grasindo

Dian Fitria. (2008). Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Tingkat Stres pada Remaja Kelas XII IPA 1 dan XII IPA 6 di SMA Negeri 7 Padang Tahun 2010. Diakses dari http:// repo. unand.ac.id/ id/ eprint/ 229.

Gunanggoro, M. 2016. Efektifitas Senam Otak dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa kelas XI SMAN 11 Yogyakarta. E- Journal Bimbingan dan Konseling Edisi 7 Tahun ke-5

Ikbal, B., Sutria, E., & Hidayah, N. (2017). Pengaruh Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar. Journal of Islamic Nursing, 2(2), 52-59.

Indasari, S. R., Wijaya, A. W. A., Layuk, M., Sambo, M. S., Indrawati, M., & Mangunsong, F. BUKU SAKU DUKUNGAN PSIKOSOSIAL BAGI GURU & SISWA TANGGUH DI MASA PANDEMI COVID-19.

Khadijah, K. (2020). Pola Kerja Sama Guru Dan Orangtua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19. Kumara Cendekia, 8(2), 154-170.

Neville, T. (2005). Postlethwaite Educational research: some basic concepts and terminology. International Institute for Educational Planning/UNESCO, p 9.

Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Metode Senam Otak. Madaniya, 1(4), 172-176.

Pramita, Indah dan Ni Made Diaris. 2018. Pelatihan Senam Otak Guru AUD di Sang Tunas School. LP2M UNDHIRA Bali.

Pratiwi, W. N., & Pratama, Y. G. (2020). Brain Gym Optimizing Concentration on Elementary Students. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 1524-1532.

Setiyo Purwanto., Ranita Widyaswati., & Nuryati. (2009). Manfaat Senam Otak (Brain Gym) dalam Mengatasi Kecemasan dan Stres pada Anak Sekolah. Diakses dari https:// publikasiilmiah.ums.ac.id/ bitstream/ handle/11617/2068/ 9.pdf?sequence=1.

Suneki, S., Ambarini, R., & Destriani, D. (2012). Brain-Gym (Senam Otak) Untuk Mengatasi Problem Belajar Anak. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 7-14.

Sukri, A., & Purwanti, E. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui brain gym. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 50-57.

Surya, Triadi. 2019. Efektivitas Senam Otak (Brain Gym) dalam menurunkan tingkat kejenuhan (Burnout) pada siswa dalam pelajaran sejarah kebudayaan islam dan aqidah akhlak di MTs YAPI Sleman Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Islam Indonesia

Titi S. Sularyo dan Setyo Handryastuti. (2002). Senam otak. Diakses dari http:// saripediatri. idai.or.id/ pdfile/ 4-1-8.pdf.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v4i1.2825 Abstract views : 1784 views : 818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JSEP (Journal of Science Education and Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.