EFEVTIFITAS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Tini Sulastri Sihombing, Surti Kurniasih, Rita Retnowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Problem Based Learning dengan mind mapping terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi bioteknologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu, eksperimen dan kontrol.  Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning dengan menggunakan mind mapping dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang hanya mendapatkan pmbelajaran dengan model Problem Based Learning.

 


Keywords


Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Mind Mapping

References


Al Wadani, F., & Khan, A. (2014). Problem-based learning in ophthalmology: A brief review. Oman J. of Ophthalmology, 7(1), 1-2. doi: 10.4103/0974-620X.127908.

Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company

Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Rev. Ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

April Mercy E. Lapuz1 and Marlon N. Fulgencio (2020) Improving the Critical Thinking Skills of Secondary School Students using Problem-Based Learning. International Journal of Academic Multidisciplinary Research (IJAMR) Vol. 4 Issue 1 Pages: 1-7.

Ayuningrum, & Susilowati. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik SMA pada Materi Protista. Jurnal of Biology Education, 4(2).

Birgili Bengi (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71-80

Burzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions. 18.

Malahayati E.N, Corebima A., Zubaidah S. (2015) Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA dalam Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, (ISBN 13: 978-1-891557-07-1.), 128.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, (1980), 121126.

Khoiriyah, A. J. & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 151-160. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804

Maharani, H.R (2014). Creative Thinking In Mathematics: Are We Able To Solve Mathematical Problems In A Variety Of Way? International Conference on Mathematics, Science, and Education.

Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Sma Negeri Unggul Harapan PersadaUntuk Hooke Di SMA Negeri Unggul. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 03, No.02, hlm 35-50.

Mustofa, R. F., & Hidayah, Y. R. (2020). The Effect of Problem-Based Learning on Lateral Thinking Skills. International Journal of Instruction, 13(1), 463-474. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13130a

Nurhasanah, Siti (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas VIII Di Smp Negeri 4 Tanjungpinang. Artikel E-Journal.

Nurroeni, C. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA. Journal of Elementary Education, 2(1), 54-60.

Paul Richard & Elder Linda (2007). Critical Thinking Concepts and Tools. The Foundation for Critical Thinking www.criticalthinking.org 707-878-9100 cct@criticalthinking.org

Porter B. and Hernacki M. (2003). Quantum Learning : Membiasakan Belajar yang Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa

Redhana, I W. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Masalah Terbim- bing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Mata Pelajaran Kimia. Disertasi, Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Biology Education, 1(3).

Siriwat Rakkor dan Katwibun Duanghathai (2017). Exploring Critical Thinking in a Mathematics Problem-Based Learning Classroom. Proceedings of the 40th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia (pp. 474-481). Melbourne: MERGA.

Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Primary Education, 1(1).

Syam, N., & Ramlah, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Iv Sdn 54 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1612

Ulger, K. (2018). The Effect of Problem-Based Learning on the Creative Thinking and Critical Thinking Disposition of Students in Visual Arts Education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, Volume 12(1). doi.org/10.7771/1541-5015.1649

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 196. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.585

Zabit, M. N. M. (2010). Problem-Based Learning On Students Critical Thinking Skills In Teaching Business Education In Malaysia: A Literature Review. American Journal of Business Education (AJBE), 3(6), 1932. https://doi.org/10.19030/ajbe.v3i6.436


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v4i1.2826 Abstract views : 648 views : 369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JSEP (Journal of Science Education and Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.