IDENTIFIKASI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 MUARO JAMBI

Febri Tia Aldila, Maria Marisa Matondang, Langgengyoga Wicaksono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMAN 1 Muaro JAMBI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Muaro Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yang berguna untuk pengolahan data adalah purposive sampling dimana data yang diolah adalah data kuantitatif. Selanjutnya data di analisis dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MIPA di SMAN 1 Muaro Jambi berada pada kategori baik (53,3%), kategori sangat baik (45,7%), dan kategori tidak baik (1,1%).


Keywords


Identifikasi, minat belajar, fisika

References


Aminoto, T., Dani, R., Yuversa, E. (2019). Pengembangan Termometer Gas sebagai Alat Peraga Pembelajaran Pokok Bahasan Skala Suhu Mutlak. Edufisika: Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 48-55.

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Septiasari, R. (2019). Hubungan Kompetensi Pedagosik dengan Kompetensi IPA Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Relationship of Pedagogical Competence and Science Competency of Elementary Scholl Teacher Education). Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 149-157. DOI: 0.21070/pedagogia.v8i2.1872.

Astalini, dkk., (2019). Relationship Between Students Interesr and Attitudes in Physical Subject. Journal of Educational Science and Technology, 5(3), 202-211.

Astalini., Darmaji., Kurniawan, D. A., Destianti, A. (2019). Description of the Dimensions Attitudes towards Science in Junior High School at Muaro Jambi. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 47(1), 1-11.

Astalini., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59-64.

Astalini., Kurniawan, D. A., (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran. Jurnal Pendidikan Sains, 7(1), 1-7.

Astalini., Kurniawan, D. A., Melsayanti, R. Destianti, A. (2018). Sikap terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan 21(2), 214-227.

Astalini., Kurniawan, D. A., Perdana, R., Phatoni, K. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal 8(1), 34-43.

Astalini., Kurniawan, D. A., Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Keterampilan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 93-108.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif 5(1), 68-75.

Fathna, F. S. (2017). Pengembangan Web Internet Fisika untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. Universitas Negeri Yogyakarta.

Joneska, A., Astalini., Susanti, N. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dan Index Card Match pada Materi Chaya Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Edufisika: Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 28-31.

Kurnia, N., Hendri., & Phatoni, H. (2016). Hubungan Persepsi dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 4 Kota Jambi dan SMA Negeri 11 Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika 1(2), 55-63.

Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kurniawan, N., Anggarini, L. (2019). Sikap Siswa Terhadap IPA Berdasarkan Investigasi dan Korelasi: Kesenangan Belajar dan Minat Meluangkan Waktu pada. Science Education Jurnal (SEJ), 3(1), 1-11. DOI: 10.21070/sej.v3i1.2527.

Kurniawan, D. A., Astalini., Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 124-139.

Kurniawan, D. A., Astalini., Kurniawan, N. (2019). Analisis Sikap Siswa SMP Terhadap Mata Pelajaran IPA. Lentera Pendidikan, 22(2), 323-334.

Kurniawan, D. A., Astalini., Kurniawan, N. (2019). Sikap Siswa terhadap Pelajaran IPA di SMP Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Currucula: Journal of Teaching and Learning 4(3), 111-127.

Manasia, L. (2014). Enjoyment of Learning in Upper Secondary Education. An Exploratory Research. Procedia Sosial and Behavioral Sciences, (180), 639-646.

Narmadha, U., Chamundeswari, (2013). Attitude toward Learning of Science and Academic Archievement in Science among Students at the Secondary Level. Journal of Socialogical Research, 4(2), 114-124.

Oktaviana, D., Jufrida., Darmaji. (2016). Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 7-12.

Pasaribu, D. S., Hendri., & Susanti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 10 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika 2(1), 61-69.

Purwanto, A. E., Hendri, M., Susanti, N. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media PHET Simulations dengan Alat Peraga pada Pokok Bahasan Listrik Magnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 22-27.

Putri, A. R., Maison., & Darmaji. (2018). Kerjasama dan Kekompakan Siswa dalam Pembelajaran Fisika di Kelas XIII MIPA SMAN 3 Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika 3(2), 32-40.

Saputra, W. R., Hendri, M., & Aminoto, T. (2019). Korelasi Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP Se-Kecamatan Jambi Selatan. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika 4(1), 36-45.

Siagian, R. E. F. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122-131.

Sitompul, R. S., Astalini., & Alrizal. (2018). Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika 3(2), 22-31.

Syahrial., Arial., Kurniawan, D. A., Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Persepsi, Minat, dan Motivasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 165-177. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030

Taqwa, M. R. A., Faizah, R., Rivaldo, L. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis POE dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Topik Fluida. Edufisika: Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1), 6-13.

Utama, Z. P., Maison., Syarkowi, A. (2018). Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 1-5. DOI: 10.26877/jp2f.v9i1.2223.

Utami, S. A., Hendri, M., & Darmaji. (2017). Hubungan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI MIA SMAN 1 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika 2(2), 58-67.

Wahyuni., Nuryamin., Dani, A. U. (2018). Penggunaan Model Teams Games Tournament dengan Teknik Famili 100 Terhadap Minat Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (1), 19 25.

Wiza, O. H., Dewi, U. P., Trismon, S. (2019). Implikasi Sikap Sosial, Minat Menambah Jumlah Waktu Belajar, dan Ketertarikan Berkarir di Bidang IPA. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 86-93.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v4i1.2827 Abstract views : 1917 views : 1155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JSEP (Journal of Science Education and Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.