ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA N 6 MUARO JAMBI

Wita Ardina Putri, Wella Meliza, Yuli Astuti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA N 6 Muaro Jambi terhadap mata pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Dimana penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner atau yang biasa disebut dengan angket secara online kepada peserta didik. Setelah melakukan penyebaran angket dan memperoleh data yang diinginkan, selanjutnya peneliti mengelolah data menggunakan spss dengan teknik desktiprif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini kemudian dijelaskan melalui deskriptif kuantitatif dalam bentuk tabel yang terdiri dari presentase motivasi belajar peserta didik. Adapun perolehan presentase motivasi belajar fisika dari peserta didik kelas X di SMA N 6 Muaro Jambi yaitu 0% yang dapat dikatakan tidak baik, 5% cukup baik, 78,3 % baik, dan 16,7% sangat baik. Berdasarkan hasil  prosentase motivasi belajar peserta didik di SMAN 6 Muaro Jambi, maka dapat dikatakan bahwa motivasi belajar peserta didik di SMAN 6 Muaro Jambi terhadap mata pelajaran fisika sudah baik..


Keywords


Motivasi belajar, Fisika, Pendidikan

References


Alwan.,Hendri,M dan Darmaji.(2017). Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa Mia Sman Merangin Mengikuti Bimbingana Belajar Luar Sekolah Dikecamatan Telanaipura Kota Jambi.Jurnal EduFisika,02(01),25-37.

Aminoto,T.,Dani,R dan Yuversia,E.(2019).Pengembangan Instrumen Termometer Gas Sebagai Alat Peraga Pembelajaran Pokok Bahasan Skala Suhu Mutlak. Jurnal EduFisika,4(2),48-56.

Astalini.,Kurniawan,D.(2019).Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Sains, 07(1)1-7.

Astalini.,Kurniawan,D,A.,Melayanti,R dan Destianti,A.(2018).Sikap Terhadap Mata Pelajaran Ipa Di Smp Sekabupaten Muaro Jambi.Lentera Pendidikan,2(2),214-227.

Astalini.,Kurniawan,D,A dan Suaryanti.(2018).Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di Sma Kabupatem Batanghari.Jurnal Ilmu Pendidikan fisika,3(2),59-64.

Astalini.,Kurniawan,D,A dan Putri,D.(2019). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial Dari Ipa, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar Ipa, Dan Ketertarikan Berkarir Di Bidang Ipa Siswa Smp Se-Kabupaten Muaro Jambi.Jurnal Tarbiyah:Jurnal Ilmiah Kependidikan,7(2),93-108.

Barokah,S.,Asrial dan Maison.(2019).Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Fisika Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Termodinamika Untuk Sma.Jurnal Edusains,8(2),26-32.

Dani,R.,Latifah,N,A dan Putri,S,A.(2019).Penerapan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Melalui Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Lurus.Jurnal EduFisika,4(2),24-30.

Darmaji.,Kurniawan,D,a.,Parasdila,H dan Irdianti.(2018). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Materi Termodinamika..Berkah Ilmiah Pendidikan Fisika,6(3),345-343.

Joneska,A.,Astalini dan Susamti,N.(2016).Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzel Dan Index Card Match Pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP Negeri 3 Baranghari.Jurnal EduFisika,01(01),28-31.

Jufrida.,Basuki,F,R.,Pangestu,M,D dan Prasetya,N,A,D.(2019).Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains Di SMP Negeri 1 Muaro Jamb. Jurnal EduFisika,4(2),31-38.

Jufrida., Basuki,F,R.,Xena,A dan Pasminingsih,P.(2019). Pengembangan Buku Ipa Berbasis Kearifan Lokal Jambi Pada Materi Tekanan Serta Getaran Dan Gelombang.Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education,02(3),287-297.

Kurniawan,D,A.,Astalini dan Anggraini,L.(2018).Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika,19(1)124-129.

Kurniawan,D.A..,Astalini dan Kurniawan,N.(2019). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran IPA Di SMP Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Journal Of Teaching and Learning,4(3),111-127.

Kurniawan,D,A.,Astalini dan Kurniawan,N.(2019).Analisis Sikap Siswa SMP Mata Pelajaran Fisika. Lentera Pendidikan,22(2),323-334.

Kurniawan,D.A.,Astalini.,Kurniawan,N dan Anggraini,L.(2019).Sikap Siswa Terhadap Ipa Berdasarkan Investigasi Dan Korelasi: Kesenangan Belajar Dan Minat Meluangkan Waktu Pada Ipa.Science Education Journal,3(1),1-13.

Kurniawan,D.A.,Astalini.,Kurniawan,N dan Pathoni,H.(2019).Analisis Korelasi Sikap Siswa dan Disiplin Siswa Terhadap IPA Pada Siswa SMP di Provinsi Jambi.Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan,5(2),59-71.http://doi.org/10.25273/jpfk.v5i2.5014

Marbun,F,H.,Nehru dan Syarkowi,A.(2017).Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terstruktur Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar 1 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi. Jurnal Edufisika,02(02),17-32.

Marcella,Z.,Susanti,N dan Dani,R.(2018). Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum Ipa Terpadu Di Smpn Dan Smpn 19 Kota Jambi.Jurnal Edufisika,3(2),41-48.

Masyithah,D,B.,Jufrida dan Pathoni,H.(2017).Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Menggunakan Adobe Flaah CS6 Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Siswa Sma Kelas XI.Jurnal EduFisika,02(01),51-60.

Nahrowi.2013.Analisis Terhadap Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA N 11 Tanggerang Selatan.

Oktaviana,D.,Jufrida dan Darmaji.(2016).Penerapan Rpp Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Kelas X Mia 4 Sma Negeri 3 Kota Jambi.Jurnal EduFisika,01(01).7-12.

Pasaribu,D,S.,Hendri,H dan Susanti,N. (2017). Upaya meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggubakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi.Jurnal EduFisika,02(01),61-69.

Pathoni,H. Rohati dan Nazarudin.(2015).Peningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Dan Aktifitas Mahasiswa Dengan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Media Animasi.Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika,2(2),119-122.

Purwanto,A.E.,Hendri,M dan Susanti,N.(2016). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Phet Simulations Dengan Alat Persgs Pada Pokok Bahasan Listrik Magnet Di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo.Jurnal EduFisika,01(01),22-27.

Saputra,W,R.,Hendri,M dan Aminoto,T.(2019).Korelasi Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri Sekecamatan Jambi Sekatan.Jurnal Edufisika,4(1),36-45.

Sitompul,R,S.,Astalini dan Alrizal.(2018).Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA Di SMAN 9 Kota Jambi. Jurnal EduFisika,3(2).22-31.

Suprihatin,S.2015.Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro,3(1).73-82.

Taqwa,M,R,A.,Faizah,R dan Rivaldo,L.(2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Poe Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasoswa Pada Topik Fluida Statis.Jurnal Edufisika,4(1),6-14.

Utama,Z,P.,Maison dan Syarkowi,A.(2018). Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Kota Jambi.Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika,9(1),1-5.DOI: 10.26877/jp2f.v9i1.2223.

Utami,S,A.,Hendri,M dan Darmaji.(2017).Hubungan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Mia Sman 1 Muaro Jambi.Jurnal EduFisika,02(02),58-67.

Yanti,F.,Astalini dan Kurniawan,W.(2019).Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Swish MAX4 Memahami Konsep Momentum Implus dan Tumbukan Di SMA.Jurnal EduFisika,4(1),92-100.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v4i1.2828 Abstract views : 1121 views : 681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JSEP (Journal of Science Education and Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.