HUBUNGAN KERJA KERAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

Kholilah Kholilah, Auliya Ramadhanti, Riska Fitriani, Endah Febri, Maharani Riski Pratiwi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kerja keras dan hasil belajar fisika di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian statistika deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik di Sekolah Menengah Atas kelas XI MIPA 4, XI MIPA 5, dan XI MIPA 6. Pengambilan data menggunakan angket kerja keras dan angket soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan bantuan SPSS untuk mengolah data. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi nonparametrik Kendalls Tau hal ini karena data terdistribusi norma namun tidak terdistribusi linear. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah data asli yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti untuk menjawab masalah yang sedang di teliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa siswa kela XI MIPA 4, XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 tidak memiliki hubungan antara kerja keras dan hasil belajar fisika dimana dapat dibuktikan setelah uji korelasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,753 yang artinya lebih besar dari 0,05.

Keywords


Fisika, Hasil belajar, kerja keras

References


Afrizon, R., Ratnawulan., & Fauzi, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas Mtsn Model Padang Pada Mata Pelajaran Ipa-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal penelitian pembelajaran fisika I. 1-16.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal, 2 (2). 52-60.

Duli, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Herawati, W, L., Mulyaratna, M. (2014). Studi Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Spiritual (ESQ) dan Hasil Belajar Fisika Siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) di Wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3 (2). 161-166.

Ismail, Fajri. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lase, B, P. (2020). Strategi Guru PPKN Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 3 Alasa Talu Muzoi. Jurnal Warta Edisi 63, 14 (1). 165-174.

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 3 (1). 28-35.

Nurachmandani, S. (2009). Fisika 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Putra, E, A. (2013). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1 (3). 71-76.

Risman, R. (2020). Kerja Keras Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Evaluation in Education (JEE), 1 (1). 27-33.

Santoso, S. (2017). Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sari, N., Putri, Y. E., Jannah, N., & Puspitasari, T. O. (2019). Hubungan Kerja Keras Da Sikap Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Science Education Journal, 3 (2). 101-112.

Sari, N. (2020). Hubungan Kerja Keras dengan Sikap Siswa dalam Mata Pelajaran Ipa di SMP se-Kecamatan Muara Bulian.

Soebardy et al. (2020). Capita Selekta Metodologi Penelitian. Jawa Timur: Qiara Media.

Sugianto, A. (2017). Teknik Permainan Balogo Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras Pada Siswa SMP. Doi: http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1446.

Supardi, U, S., Leonard., Suhendri, H., & Rismurdiyanti. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2 (1). 71-81.

Suwarjo., & Mardikarini, S. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6 (2). 261-274.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v4i1.2829 Abstract views : 748 views : 599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JSEP (Journal of Science Education and Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.