Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pratikum Pada Topik Pengukuran Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP

Mahrun Mahrun, Anna Permanasari, Leny Heliawati

Abstract


Abstrak: Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pratikum untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa pada topik pengukuran. Sebanyak 83 siswa SMP Kelas I terlibat dalam penelitian ini. Subjek penelitian dikelompokkan dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran inkuiri berbasis peratikum sedangkan kelompok kontrol mendapat perlakuan pembelajaran berbasis pratikum. Penelitian ini menggunakan instrumen pilihan ganda untuk menjaring penguasan konsep siswa, sedangkan keterampilan proses sains dijaring dengan menggunakan tes esay. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum pada topik penguran dapat meningkatkan penguasaan konsep dan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa. Peningkatan penguasaan konsep untuk kelas eksperimen adalah 54.58% sedangkan kelas kontrol adalah 26.60%. Peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada kelas eksperimen sebesar 67.80% dengan kategori tinggi, sedangkan Keterampilan Proses Sains (KPS) kelas kontrol adalah 27.25% dengan katerogi sedang. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara penguasaan konsep dan Keterampilan Proses Sains (KPS). Siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap impelementasi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum.

Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri, Pratikum, Penguasaan Konsep, Keterampilan Proses Sains


References


Abungu. H, E., Okere & Wachanga, S. 2014. The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(6)

Arikunto. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Bloom, B.S. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing. New York: Longman.

Chebii R., Wachanga, S & Kiboss J. 2012. Effects of Science Process Skills Mastery Learning Approach on Students Acquisition of Selected Chemistry Practical Skills in School. Scientific Research, 3(8), 1291-1296.

Erniwati S. 2014. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa pada materi Sistem Respirasi Di Kelas VIII SMPN 1 Paling Tengah. Jurnal Ilmiah Derap Pendidikan, 8, 104

Espinosa, A.C., Monterola, S.L & Punzalan. A. 2013. Career-Oriented Performance Tasks in Chemistry: Effects on Students Integrated Science Process Sk. Cypriot Journal of Educational Sciences, 8(2), 211-226.

Fraenkel, J.R., et.al. 2012. How to Design and Evaluate Receach In Education, 8th Edition. New York: Mc. Graw-Hill

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kadir. 2015. Statistika terapan Konsep, Contoh dan Analisa Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.

Matthew, M.B & Kenneth, I. 2013. A Study on The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. International Researchers, 2(1)

Ongowo, R.O. & Indoshi, F.C. 2013. Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Scientific Research, 4(11), 713-717

Safriani S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Cahaya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Tesis. SPS UPI: tidak diterbitkan

Sanjaya, W. 2006. Starategi Pembelajaran Berorientasi Standa Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana 20

Sayekti, I.C., Surwanto & Suparmi. 2012. Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampua Analisis Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri, 1,142-153

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitantif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukarno., Anna, P & Ida, H. 2013. Science Teacher Understanding to Science Process Skills and Implications for Science Learning at Junior High School (Case Study in Jambi). International Journal of Science and Research

Ulpiyana A. 2014. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Pengguasaan Konsep Dan Kemampuan Berinkuiri siswa Pada Topik Sifat Larutan Penyangga. Riset Dan Praktik Pendidikan Kimia, 1, 101.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v1i1.377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.