PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Luthfi Faza Afina Riza Walida, Rudiana Agustini, Tukiran Tukiran

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran kimia berorientasi model inkuiri terbimbing dengan strategi mind mapping yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan model Research & Development (R & D). Perangkat pembelajaran diujikan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tuban Tahun Pelajaran 2014/2015 pada materi hidrolisis garam. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas teoritis terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran, buku ajar siswa, lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajar berkategori sangat baik; (2) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran berkategori baik; (3) aktivitas siswa menunjukkan nilai tertinggi pada kegiatan membuat rumusan masalah, membuat hipotesis sementara, mengumpulkan data dan berdiskusi dengan teman; (4) keterbacaan Buku Ajar Siswa (BAS) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) mudah dipahami oleh siswa (5) seluruh siswa mencapai ketuntasan hasil belajar dengan nilai tinggi (0,9); dan (6) respon siswa baik terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kimia SMA menggunakan model inkuri terbimbing dengan strategi mind mapping pada materi hidrolisis garam layak sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, pengembangan perangkat pembelajaran, strategi mind mapping.


References


Buzan, 2012. The Mind Map Book (Memahami Peta Pikiran). Batam: Interaksara.

Puspita, L & Suciati. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Disertai Teknik Concept Map dan Mind Map terhadap Prestasi Belajar Biologi ditinjau dari Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 3(1), 85 95.

Riduwan. 2011. Dasar Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Slavin, R.E 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2011. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syukri. 1999. Kimia Dasar 2. Bandung: ITB.

Wardoyo,S.M. 2013. Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta: Akademia Permata.

Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology Active Learning Edition (Bagian Pertama). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v1i1.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.