Needs Analysis of Student Workshop Based on Discovery Learning on Static Fluid Materials In Palangka Raya

Ita Aulianingsih, Hadma Yuliani, Nur Inayah Syar

Abstract


Needs analysis is important before developing a product. The purpose of this research is to find out: 1). 11th grade physics material which is considered difficult by students 2). Teaching materials used in learning physics; 3). Knowing the need to develop student worksheets based on discovery learning This research is a quantitative descriptive study. The samples in this study were physics teachers and 11th grade students of Senior High School 10 Palangka Raya as many as 22 people. The results of this study are: 1). Physics material that is considered difficult by students is static fluid material with the percentage of students who choose this material is 77%. 2). The teaching materials used by teachers in physics subjects are modules, student worksheets and textbooks with the largest percentage selected being textbooks, which is 82%. 3). Students want student worksheets that have an attractive appearance, are easy to understand and lead to discovery learning, so as many as 100% feel the need to develop discovery learning-based student worksheets.

Keywords


Needs Analysis; Student Worksheets; Discovery Learning; Static Fluids

References


Alawiyah, Faridah. 2013. Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Ekspresi. 4(1).

Arafah, Sherlly .S; Saiful .R; Bambang .P. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berfikir Kritis Pada Materi Animalia. Unnes Journal Of Biology Education. 1(1)

Arif, Moh .A dan Abdillah. 2018. Pengembangan Modul Belajar Mandiri LaTeX Beamer Sebagai Alternatif Media Presentasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika. 2(2).

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Auatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Atika, Nur dan Zubaidah Amir .M.Z. 2016. Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Rme untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa.Suska Jurnal of Mathematics Education.2(2).

Bachtiar, Effendi .T. 2015. Penulisan Bahan Ajar. Bogor: Institut Pertanian Bogor

Dawut, Susana, et al. Penggunaan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar. 2(1).

Fajriyanti, Zaroah .D, Tias .E dan Sigit .S. Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. 2(2).

Fannie, R. Z dan Rohati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika. 8(1).

Fitriaini, Depi dan Lies Andriani. 2020. Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran REACT Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Siswa MTs Kabupaten Kampar. Suska Jurnal of Mathematics Education. 6(2).

Juliyanto, Angga dan Ady Soejoto. 2017. Pengembangan Lembar Kerja siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning pada Kompetensi Dasar Menjelaskan PDB, PDRB, PNB, dan PN Di SMA Sejahtera Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. 5(1).

Kristin, Firosalia dan Dwi Rahayu. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas 4 SD. Scholaria. 6(1).

Kurniaman, Otang dan Eddu Noviana. 2017. Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 6(2)

Norsanty, Untari .O dan Zahra .C. 2016. Pengembangan Lembar Kerja siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1).

Noviafitri, Selly; Somakim dan Yusuf Hartono. 2016. Pengembangan Lembar Kerja siswa Berbasis Model Discovery Learning pada Pokok Bahasan Sudut Kelas VII. Jurnal Elemen. 2(2).

Permendikbud RI. Nomor 36 Tahun 2018 . Tentang Perubahan Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Perdana, Akbar, Siswoyo, Sunaryo. 2017. Pengembangan Lembar Kerja siswa Berbasis Discovery Learning Berbantukan PhET Interactive Simulations pada Materi Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. 2(1).

Pratama, Nurris .S dan Edi Istiyono. 2015. Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (HOTS) Pada Kelas X Di SMA Negeri Kota Yogyakarta.Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF).6(1)

Rohaeti, Eli; Endang .W .L dan Regina .T .P. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia Untuk SMP. Inovasi Pendidikan. Jilid 10(1)

Sakdiah dan Kurniati. 2019. Analisis Pemanfaatan LKS Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMAN 4 Mataram. Society: Jurnal Pendidikan IPS. 11(1).

Samudra, Gede .B; I Wayan .S; Ketut .S. 2014. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA Singaraja dalam Mempelajari Fisika. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Vol.4

Siregar, Syofian. 2017. Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi: Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Young, Hugh D dan Roger A. Freedman, 2001, Fisika Universitas (Edisi Kesepuluh: Jilid 1), Jakarta: Erlangga.

Yusnia, Desy & Suparman. 2018.Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Guided Discovery. Dipresentasikan pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Zuriah, Nurul, Hari .S, Nurbani .Y. 2016. IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi. Vol.13. ISSN: 1693-3214


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v4i2.4194 Abstract views : 125 views : 87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JSEP (Journal of Science Education and Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.