TINJAUAN GEOLOGI TERHADAP POTENSI DAN TINGKAT KERAWANAN BAHAYA LONGSOR DI KOTA BALIPAPAN - KALIMANTAR TIMUR

Mustafa Luthfi, Bambang Sunarwan

Abstract


Abstrak

Kota Balikpapan yang terletak di P.Kalimantan merupakam salah satu kota industri yang berkembang dengan pesat, memiliki iklim tropis dengan curah hujan rata-rata mencapai 2.887 mm/tahun.

Kurang lebih 85% wilayah Kota Balikpapan sekitar 85% terdiri dari daerah perbukitan, yang terbentuk oleh batuan dari Formasi Balikpapan, yang terdiri atas perselingan batupasir dan batulempung sisipan batu-lanau, serpih, batugamping dan batubara, dan Formasi Kampung Baru, yang tersusun oleh litologi batupasir kuarsa, sisipan batulempung, serpih, batulanau dan batubara.

Kondisi topografi dan litologi wilayah ini rawan terhadap gerakan tanah longsor. Di beberapa lokasi diketemukan longsoran dengan berbagai skala.

Dari hasil analisis wilayah longsor dengan menggunakan indikator dan kriteria fisik maupun aktifitas manusia maka disimpulkan secara umum wilayah ini mempunyai tingkat kerawanan sedang dengan nilai kerawanan diantara (1.70 2.39).

Terdapat 3 titik yang mempunyai nilai kerawanan diatas 2.40 , yaitu di lokasi LP-01, LP-04 dan LP-33. Sedangkan nilai rerata tingkat kerawanan adalah = 1.85.

Kata kata kunci : Rerata, kerawanan


References


PUSTAKA :

1) Direktorat Jenderal Panataan Ruang, Departemen Pekerjaan Umum, 2007, Pedoman Penataan Ruang Kawasan Bencana Longsor.

2) Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi, 2007, Mengenal Bencana Geologi di Indonesia, Bandung.

3) Pusat Lingkungan Geologi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi,2006, Penyelidikan Geologi Teknik Kapet Sasamba Cluster I Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur.

4) Anonim, 1991, Peta Rupa Bumi Indonesia Lembar Balikpapan, Edisi I Badan Koordinasi Pemetaan Survey dan Pemetaan Nasional.

5) Anonim, 1991, Peta Rupa Bumi Indonesia Lembar Gunung Bakaran, Edisi I Badan Koordinasi Pemetaan Survey dan Pemetaan Nasional.

6) Hidayat, S dan Umar, L., 1994, Peta Geologi Lmbar Balikpapan, Kalimantan Timur, Pusat Survey Geologi, Bandung.




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.