IMPLEMENTASI PERAN POLISI KEHUTANAN TERHADAP PERLINDUNGAN KAWASAN HUTAN DI SUMATERA BARAT

Marisa Meliana Fitri, Aldri Frinaldi

Abstract


Hutan merupakan paru-paru dunia, namun kerusakan hutan yang terjadi saat ini tidak bisa terelakkan lagi. Implementasi peran polisi hutan merupakan salah satu bentuk kebijakan yang dibentuk oleh pemerintah guna menjaga perlindungan kawasan hutan seperti yang tertuang pada UU RI Nomor 41 tahun 1999 Pasal 51(2). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi peran polisi kehutanan terhadap perlindungan kawasan hutan di Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review atau kajian pustaka terhadap beberapa penelitian sebelumnya. Dengan berbagai permasalahan atau pelanggaran yang terjadi pada kawasan hutan polisi kehutanan memiliki tugas pokok untuk penyiapan, pelaksanaan, pembinaan atau pengembangan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan upaya perlindungan kawasan hutan secara preemtif, preventif dan represif. Namun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai kendala seperti kuantitas dan kualitas polisi hutan, regulasi dan sarana prasarana.


Keywords


Protection, Forest, Forestry Police, Implementation

References


Annisa, A. M. (2022). Pelaksanaan Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Dalam Tindak Pidana Illegal Logging Oleh Penyidik Kepolisian Di Wilayah Hukum Polda Sumatera Barat (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).

Darlisma., Al Hafizd, R. (2022). Penegakan Hukum Terhadap Perlindungan Kawasan Hutan Oleh Polisi Hutan Di Kabupaten Pasaman. Journal Review Of Justisia, 4(2), 001-014.

Fauzi, Z. R. M., & Jalil, H. (2020). Kedudukan Dan Fungsi Polisi Kehutanan Dalam Perlindungan Wilayah Hutan (Suatu Penelitian Di Provinsi Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Kenegaraan, 4(2), 162-170.

Ihsan, I. (2022). Upaya Penegakan Hukum Terhadap Kerusakan Hutan Di Kecematan Sanggar Kabupaten Bima (Doctoral Dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Istikhorotus Solikhah, S. (2020). Implementasi Peran Kebijakan Kehutanan Dalam Perlindungan Hutan Dan Konservasi Alam Menurut Kebijakan Fiqh Dan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan (Disertasi Doktor, Uin Raden Intan Lampung).

Jadda, A. A. (2019). Peran Polisi Hutan Dalam Penanggulangi Tindak Pidana Illegal Logging Di Indonesia. Madani Legal Review, 3(2), 94-111.

Kardiman, K. (2022). Analisis Bioekonomi Dan Strategi Pengelolaan Hutan Lestari Di Sumatera Dan Sumatera Barat. Agrisia-Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 14(2).

Nanda, A. P. 2019. Sistem Informasi Pengolahan Data Hewan Langka Dan Kasus Kehutanan Di Badan Konservasi Sumber Daya Alam (Bksda) Sumatera Barat. Vol 6 No 2

Nahampun, R. (2021). Peranan Polisi Kehutanan Dalam Melaksanakan Perlindungan Dan Pengamanan Kawasan Hutan Di Provinsi Riau (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau).

Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.5/Menhut-Ii/2010 Tentang Standar Peralatan Polisi Kehutanan.

Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2004 Tentang Perlindungan Hutan

Permana, C. N. (2022). Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Perlindungan Hutan. Abstract Of Undergraduate Research, Faculty Of Law, Bung Hatta University, 13(2), 4-4.

Province, W. S., & Wasis, B. 2019. Dampak Tambang Emas Tidak Berizin Terhadap Vegetasi Dan Sifat Tanah Di Hutan Hujan Tropis, Sepadan Sungai Batanghari Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Ramadhani, K. I., Nazaki, N., & Winarti, N. (2022). Pengawasan Polisi Kehutanan Dalam Perlindungan Hutan (Studi Pada Hutan Lindung Kabupaten Bintan Tahun 2020. Student Online Journal (Soj) Umrah-Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 73-80.

Supardi, I. M. A. E., Dewi, A. A. S. L., & Suryani, L. P. (2021). Peran Polisi Hutan Dalam Menanggulangi Pembalakan Liar/Illegal Logging Dalam Kawasan Hutan Di Kabupaten Jembrana Provinsi Bali. Jurnal Konstruksi Hukum, 2(1), 81-85.

Undang-Undang (Uu) No. 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan

Yurike, Y. (2018). Pola Perilaku Perambahan Hutan Di Wilayah Kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (Kphp) Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pajoul.v3i2.6823 Abstract views : 255 views : 272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pakuan Justice Journal of Law (PAJOUL)