Analisis Komunikasi Nonverbal Display Picture Whatsapp Terkait Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Hubungan Masyarakat Perguruan Tinggi Di Bogor, Jawa Barat
Abstract
References
Adi, S., & Fathoni, S. P. A. F. (2021). Monograp Sport Human Connection Sebagai
Marketplace Pelatih Olahraga Selama Pandemi Covid-19.
https://books.google.com/books
Ahmad. (2023). √ Whatsapp_ Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelebihan Kekurangan.
Alfarizi, M. D. (2016). Pengungkapan Emosi Dalam Pemasangan Display Picture
Blackberry Messenger Berupa Wordpics Pada Siswa Sekolah Menengah Al
Firdaus Sukoharjo.
Amalia, S. (2020). Hubungan Antara Body Image Dengan Kepercayaan Diri Pada
Korban Body Shaming.
Annur, C. M. (2022, April 18). Whatsapp, Aplikasi Pesan Instan Paling Banyak
Digunakan di Dunia. databoks.
Anjani, N. A. (2021). Mengenal Karakteristik Diri Sendiri Lewat Warna Baju
Terfavorit, Ungu Punya Empati yang Tinggi! Beautynesia.Id.
https://www.beautynesia.id/life/mengenal-karakteristik-diri-sendiri-lewatwarna-baju-terfavorit-ungu-punya-empati-yang-tinggi/b238358#:~:text=Mengenal Karakteristik Diri Sendiri Lewat Warna Baju
Terfavorit%2C,para penyuka warna
hitam%2FFoto%3AFreepik.com%2FLookstudio ... 5 Abu-abu
Arifin, D. R. (2022, Mei 22). Pengertian Whatsapp beserta Sejarah, Alat aplikasi,
Kelebihan, Kekurangan, dll. dianisa.com.
Aswi, B. (2017). "Membaca bahasa tubuh, buku inilah. Hikam Pustaka.
Ayu, A. N. (2019). Penampilan sebagai komunikasi non- verbal perempuan dalam
dunia pekerjaan. Skripsi, 28.
Barnard, M. (2011). Fashion Sebagai Komunikasi. Jalasutra.
Barzam. (2018). 8 Makna Warna dalam Komunikasi Non Verbal. In
PakarKomunikasi. https://pakarkomunikasi.com/makna-warna-dalamkomunikasi-non-verbal
Bayani, A. P. A. S. D. S. C. A. A., Setyoningtyas, D. N., Muhammad Zulfa
Alfaruqy, S.Psi., M.A. Imam Setyawan, S.Psi., M. A., & Fakultas. (2020).
Revitalisasi Peran Psikologi dalam Keluarga, Organisasi, dan Komunitas:
Tantangan dalam Menyambut Society 5.0. In Prosiding Konferensi
Mahasiswa Psikologi Indonesia 1.0 “Revitalisasi Peran Psikologi dalam
Keluarga, Organisasi, dan Komunitas: Tantangan dalam Menyambut Society
0.”
Boyd, D. (2014). It ’ s complicated: the social lives of networked teens. Yale
University Press.
Camelia. (2019). 5 Gestur Tangan Ini Miliki Arti Berbeda di Negara Lain - Citizen6
Liputan6. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4018852/5-
gestur-tangan-ini-miliki-arti-berbeda-di-negara-lain
Christopherson, K. M. (2007). The positive and negative implications of anonymity
in Internet social interactions: “On the Internet, Nobody Knows You’re a
Dog.” Computers in Human Behavior.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2006.09.001
Damayanti, D. (2020). Ini 5 Kaitan Antara Percaya Diri dan Kepercayaan dalam
Hubungan. Idntimes.Com.
https://www.idntimes.com/life/relationship/daysdesy/kaitan-antara-percayadiri-dan-kepercayaan-dalam-hubungan-c1c2?page=all
Daeng Sani Ferdiansyah. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi - Google Books. In
Media Sains Indonesia.
https://books.google.co.id/books?id=QkBm4nO27r0C&printsec=frontcover
&dq=komunikasi&hl=ban&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=komunikasi
&f=false%0Ahttps://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Ilmu_Kom
unikasi/QkBm4nO27r0C?hl=id&gbpv=1&dq=wiryanto&printsec=fro
Djuanda, U. (2023). Sejarah Universitas Djuanda - Universitas Djuanda.
https://www.unida.ac.id
Duffy, A. &. (1999). Psychology for living: Adjusment, growth, and behavior.
USA: Prentice Hall Book Inc.
Dosen.co.id. (2018). Pengertian Display. Retrieved Desember 22, 2022, from
https://pakdosen.co.id/pengertian-display/
Fadhil, M., Ramdani, F., Valent, A., Cahya, I., Studi, P., Komunikasi, I., &
Surabaya, U. N. (2022). Realitas Toxic Masculinity Di Masyarakat. 230–235.
Feed, U. (2023). Studi : Orang yang Hapus Foto Profilnya di Instagram Cenderung
Depresi.https://www.instagram.com/p/CqKQQPKLiaZ/?igshid=MTc4MmM
YmI2Ng==
Flynn, K. I. (2003). Self esteem theory and measurement: a critica riview. A Journal
Of Feminist Theory And Culture, 3, 2–3.
Ganecwari Galuh, & Wilani Ari. (2019). Hubungan antara citra tubuh dengan
kecenderungan body dysmorphic disorder (BDD) pada remaja akhir laki-laki
di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 67–75.
Gulo. (2020). BelajarMeningkatkan Kepercayaan Diri Anak Untuk Memimpin.
Hardini, A. P. (2010). Hubungan Citra Diri Melalui Foto Profil Dengan Harga Diri
Pada Mahasiswa Pengguna Facebook Fakultas Psikologi Uin Syarif
Hidayatullah Jakarta. Skripsi, 1–19.
Haryanto, A. T. (2021, Juni 4). Survei: 89% Orang Indonesia Pakai Whatsapp
Untuk Komunikasi. detiknet.
Hong, E. (2021). 5 Cara Membaca Gestur Tubuh untuk Mengenali Pikiran dan
Perasaan Lawan Bicara - Kompas. Kompas.Com.
https://buku.kompas.com/read/147/5-cara-membaca-gestur-tubuh-untukmengenali-pikiran-dan-perasaan-lawan-bicara
Iriantara, Y. (2019). Media Relations (Konsep, Pendekatan, dan Praktik). Bandung:
Simbiosa Rekatama Media.
Jasmyn Tan YuXuan, & Rani Ann Balaraman. (2023). Instagram dan buli siber
dalam kalangan remaja di Malaysia. Bil, 25(1), 35–47.
Jones, D. C. (2001). Social comparison and body image : attractiveness
comparison to models and peers among adolescent girls and boys (45th ed.).
Kaplan, & Andres. (2012). "If you love something, let it go mobile: Mobile
marketing and mobile sosial media 4x4". pp. 129-139. Retrieved Desember
Jumat 09, 2022, from https://smad341automotive.files.word
press.com/2012/09/going-mobile.pdf
Kartini, S. (2019). Krisis Percaya Diri. Mutiara Aksara.
Kriyantono, R. (2021). Best Practice Humas (Publik relations) Bisnis dan
Pemerintah: Manajemen Humas, Teknik Produksi media publisitas, dan
Publik relations Writing. Jakarta: Kencana.
Laowe, C. (2019). Perbedaan Self Confidence Penggunaan Make up dan TidakMenggunakan Make up pada Remaja Puteri. SKRIPSI.
Laurentius, K., Prabandari, D. C. E., Violeta, V., Gavriel, Gunawan, & Ramadhani,
L. A. (2020). Dampak Penyebaran Informasi Melalui Media Sosial Terhadap
Tingkat Depresi Pada Remaja. Prosiding Konferensi Mahasiswa Psikologi
Indonesia, 1, 85–90.
Lee, K. (2015). What research says about the best profile picture.
https://blog.bufferapp.com/best-profile-picture-science-research-psychology
Lenhart, A. & Maden, M. (2006). Social Media and Young Adult. Pew Research
Center.
Lufritayanti, & Annisa. (2013). Hubungan Body Image Perubahan Fisik Pada Masa
Remaja Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Kelas Xi Di Sma Negeri 1
Toroh Kabupaten Grobogan. Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian
Kesehatan, 11150331000034, 1–147.
Madona, et al. (2021). Manajemen Komunikasi Digital Terkini - Google Books (p.
.https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Komunikasi_Digit
al_Terkini/
Munandar, A. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Media Sains Indonesia.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Miller, C. (2020). Does social media cause depression? Child Mind Institute. Child
Mind Institute. https://childmind.org/article/is-sosial-media-use-causingdepression/
Moloeng. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Publik relations (Panduan
Efektif Pengelolaan Hubungan Maasyarakat). 319.
Mulyana, D. (2019). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Mulyawan. (n.d.). Apa itu Image? Cara Kerja, Jenis dan Macam, Contoh serta
Perbedaanya. Retrieved Desember 22, 2022, from
https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-picture/
Mutiaraningrum, I., & Meniwati. (2021). Komunikasi Nonverbal Dalam
Storytelling. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) KeVII, 389-390.
Nasrullah, R. (2017). Media Social Perspektif Komunikasi, Budaya, dan
Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, R. (2021). Manajemen Komunikasi digital - Perencanaan, Aktivitas, dan
Evaluasi. Jakarta: Kencana.
Nurhuda, W. (2019). Hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri pada
mahasiswa psikologi yang sedang menyelesaikan skripsi di Universitas
Medan Area (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Nurika, B., & Psi, S. A. S. (2016). Hubungan antara konsep diri dengan
kepercayaan diri remaja yang mengunggah foto selfie di Instagram (ditinjau
dari jenis kelamin dan usia) (Doctoral dissertation, Universitas
Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/48321
Nurnisya, A. N. & F. Y. (2016). Pemanfaatan Digital Public Relations Dalam
Sosialisasi Tagline Yogya Istimewa Humas Pemerintah Kota Yogyakarta.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128Oberst, U., Wegmann, E., Stodt, B., Brand, M., & Chamarro, A. (2017). Negative
consequences from heavy sosial networking in adolescents: The mediating
role of fear of missing out. Journal of Adolescence, 55, 51–60.
https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.12.008
Panji. (n.d.). Display Picture - Teknologi Informasi. Retrieved Desember 22, 2022,
from https://glosarium.org/arti-display-picture-di-komputer/
Penney, J. (2022). Sosial Media and Symbolic Action: Exploring Participation in
the Facebook Red Equal Sign Profile Picture Campaign. Computer
Mediated Communication, 62.
Perry, M. (2005). Confidence Booster Pendongkrak Kepercayaan Diri. London:
Erlangga.
Pertiwi, G. (2018). Pengaruh Keterlibatan Ayah Dan Citra Tubuh Terhadap
Kepercayaan Diri Remaja.
Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja (17th
ed.). APLIKASIA : Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama.
Pramono, J. (2021). Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan (C3)
Kelas XI. Penerbit Andi.
https://www.google.co.id/books/edition/Otomatisasi_Tata_Kelola_Humas_d
an_Keprot/2o4qEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1
Priyono, P. eko. (2022). Komunikasi dan Komunikasi Digital - Google Books (p.
.
https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Komunikasi_Digital_T
erkini/
Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013).
Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. (4th
ed.). Computers in Human Behavior.
Radovic, A., Gmelin, T., Stein, B. D.,& Miller, E. (2017). Depressed adolescents’
positive and negative use of sosial media. Journal of Adolescence, 55, 5–15.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.12.002
Rahayu, M. I. (2020). FoMO (Fear of Missing Out), Dampak dan Cara Mengatasi.
Doktersehat.Com. https://doktersehat.com/psikologi/kesehatan-mental/fomofear-of-missing-out/
Ramdhani, R., Putri, Y. R., & Fitrah Ali, D. S. (2016). Motif Virtual Display Of
Affection (Studi Deskriptif Kualitatif Pengguna Snapchat Di Kalangan
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bandung). e-Proceeding of Management, III,
Ratnawati, V. (2014). Studi Komparasi Rasa Kepercayaan Diri Siswa
Berkepribadian Ekstrovert dengan Siswa Berkepribadian Introvert pada Siswa
SMP. Nusantara of Reseacrh, Vol. 1 No., 19–28.
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/16
Rini. (2019). 6 Penyebab Konflik Peran Ganda dalam Psikologi.
Dosenpsikologi.Com. https://dosenpsikologi.com/pengebab-konflik-peranganda-dalam-psikologi
Ritzer G., & D. P. (2018). Globalization: The essential. John Wiley & Sons Ltd.
Sari, I. A. W. P., Suarya, L. M. S. (2018). Hubungan Antara Sosial Comparison
Dan Harga Diri Terhadap Citra Tubuh Pada Remaja Perempuan. Jurnal
Psikologi Ilmiah (Udayana), 5(2), 256–277.
https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/50b6845950412c0466ebcc7d040945a0.pdf
Sari, N. L. P. W., Https://bali.tribunnews.com/2021/01/09/, A. ini telah tayang di
T.-B. co. dengan judul, & Sari, (2022). Jumlah Pengguna Whatsapp Tembus
,4 Miliar Orang pada Kuartal III-2022. In Databoks.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/08/jumlah-penggunaWhatsapp-tembus-24-miliar-orang-pada-kuartal-iii-2022
Shrauger, J.S., & S. M. (1995). Self Conffidence in college students:
Conceptualizations, Measurement, and Behavioural Implication. (3rd ed.,
Vol. 2). Assessment.
Sonia, A., Nur, A., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Penggunaan Media Social
Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018. 12(1), 86–109.
Stets, J. E., & Burke, P. J. (2014). Self-Esteem adn Identities (57th ed.). Sosialogical
Perspectives.
Strajhar, P., Schmid, Y., Liakoni, E., Dolder, P. C., Rentsch, K. M., Kratschmar, D.
V., Odermatt, A., Liechti, Oramas, C. V., Langford, D. J., Bailey, A. L.,
Chanda, M. L., Clarke, S. E., Drummond, T. E., Echols, S., Glick, S., Mogil,
J. S. (2016). Pengungkapkan Emosi Dalam Pemasangan Display Picture
Blackberry Messengger Berupa Wordpics Pada Siswa Sekolah Menengah Al
Firdaus Sukoharjo. Nature Methods, 7(6), 2016.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997%0Ahttp://doi.wiley.com/10
.1111/jne.12374
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sumarni & Dewi. (2017). Pengaruh Fungsi Make up sebagai Comouflage dan
Seduction terhadap Kepercayaan Diri pada Remaja Putri (16th ed.). Jurnal
Pendidikan dan Perkembangan.
Sunar. (2021). Pengaruh Kepercayaan Humas Dalam Berkomunikas. Jurnal
Hukum, 03(2), 69–79.
Talitha, T. (2021). Apa Itu Gesture & Macam-Macam Body Gesture - Best Seller
Gramedia. gramedia.com. https://www.gramedia.com/best-seller/gesture/
Trisnawati, C. C. A. (2022). Whatsapp Dan Pembelajaran Bahasa Inggris.
https://books.google.co.id/books?id=bB19EAAAQBAJ
Unpak.ac.id. (n.d.). Sejarah | Universitas Pakuan.
https://www.unpak.ac.id/profil/tentang-kami/sejarah
Untari, P. H. (2020). Sejarah Whatsapp, Aplikasi Chat Paling Populer Saat Ini. In
Https://Techno.Okezone.Com/Read/2020/01/18/207/2154693/SejarahWhatsapp-Aplikasi-Chat-Paling-Populer-Saat-Ini.
Utomo, B. (2019). Whatsapp, Pengertian, Sejarah dan Keunggulannya _ Tagar.
Yanti, F. (2022). Psikologi Komunikasi. Agree Media Publishing.
Yatiman Karsodikromo, Mohd Razimi Husin, A. R. R. & H. H. (2020). Buli siber
dalam kalangan murid sekolah menengah di daerah Samarahan. Jurnal
Pendidikan Bitara UPSI, 13, 38–47.
Yolanda, et al. (2021). Peranan Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Citra
Perusahaan (p. 73).
West, R., & Turner, L. (2008). Pengantar Teori Komunikasi - analisis dan aplikasi.
Jakarta: Salemba Humanika.
Whatsapp.com. (2022, Desember 14). Blog.Whatsapp. Retrieved Desember 15,
, from https://blog.Whatsapp.com
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Lestari Sosial Budaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.