Analisis Komunikasi Nonverbal Display Picture Whatsapp Terkait Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Hubungan Masyarakat Perguruan Tinggi Di Bogor, Jawa Barat

Fajar Yahya Aulyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tingkat kepercayaan diri mahasiswa hubungan masyarakat terkait penerapan foto profil pada aplikasi whatsapp. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori yang diambil peneliti Kartini (2019) faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Penelitian ini dilaksanakan di Bogor Jawa Barat, hal ini berhubungan dengan lingkup kerja humas yang melibatkan orang banyak dan perlunya percaya diri. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling. Kepercayaan diri dibutuhkan oleh seseorang untuk mengoptimalkan potensi setiap individu, hal ini berkaitan dengan sikap perasaan yang meyakinkan akan dirinya mampu melakukan sesuatu atas kehendaknya sehingga tidak memiliki kecemasan untuk melakukan hal-hal yang disukai dan memiliki interaksi yang baik dengan orang lain (Gulo, 2020). Hal tersebut menjadikan perbandingan dengan pengamatan peneliti selama melakukan pembelajaran, tidak banyaknya mahasiswa yang menunjuk temanya ketika sedang melakukan pembelajaran khususnya tugas yang mengharuskan untuk tampil di depan orang banyak, hal ini menandakan ketidak percayaan khususnya yang terjadi pada mahasiswa humas yang mengahruskan mereka berkomunikasi dengan publik. Sekalipun dalam keadaan yang mendesak atau tertekan pengaruh kepercayaan diri pada seorang humas menjadikan alat komunikasi, harus berani dalam memulai komunikasi, pengetahuan yang luas, berkomunikasi massa, mampu berlatih dengan baik dan memiliki kepercayaan diri yang baik (Rini, 2019). Berkomunikasi di sini tidak hanya menyampaikan pesan secara verbal melainkan nonverbal layaknya melalui gestur layaknya senyuman yang lebar dan meyakinkan (Sunar, 2021). Pada penelitian ini peneliti menemukan hasil bahwa laki-laki cenderung mempunyai kurangnya kepercayaan diri dibandingkan perempuan hal ini didukung adanya faktor-faktor standar sosial yang ditemukan mengalami kecendrungan faktor depresi, Individu laki-laki dilarang menunjukkan ekspresinya secara bebas, kebanyakan laki-laki hanya diperbolehkan memperlihatkan sisi maskulinnya yaitu badan yang berotot dan tegap, suara yang bulat, kuat, dan berani. Tekanan yang dibuat dan telah beredar dikalangan masyarakat bagi kelompok lakilaki yang memberikan sebuah keharusan laki-laki perlu menampilkan dirinya kuat dan pantang mengekspresikan emosinya terutama ketika sedih (Toxic Masculinity), dan Body Dysmorphic Disorder (BDD) sementara itu perempuan memiliki efek yang positif jadi hal ini berkaitan adanya melakukan penilaian akan harga diri, yang menyebabkan seseorang menghasilkan evaluasi diri apakah negative ataukah positif (Social Comparison).

References


Adi, S., & Fathoni, S. P. A. F. (2021). Monograp Sport Human Connection Sebagai

Marketplace Pelatih Olahraga Selama Pandemi Covid-19.

https://books.google.com/books

Ahmad. (2023). √ Whatsapp_ Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelebihan Kekurangan.

Alfarizi, M. D. (2016). Pengungkapan Emosi Dalam Pemasangan Display Picture

Blackberry Messenger Berupa Wordpics Pada Siswa Sekolah Menengah Al

Firdaus Sukoharjo.

Amalia, S. (2020). Hubungan Antara Body Image Dengan Kepercayaan Diri Pada

Korban Body Shaming.

Annur, C. M. (2022, April 18). Whatsapp, Aplikasi Pesan Instan Paling Banyak

Digunakan di Dunia. databoks.

Anjani, N. A. (2021). Mengenal Karakteristik Diri Sendiri Lewat Warna Baju

Terfavorit, Ungu Punya Empati yang Tinggi! Beautynesia.Id.

https://www.beautynesia.id/life/mengenal-karakteristik-diri-sendiri-lewatwarna-baju-terfavorit-ungu-punya-empati-yang-tinggi/b238358#:~:text=Mengenal Karakteristik Diri Sendiri Lewat Warna Baju

Terfavorit%2C,para penyuka warna

hitam%2FFoto%3AFreepik.com%2FLookstudio ... 5 Abu-abu

Arifin, D. R. (2022, Mei 22). Pengertian Whatsapp beserta Sejarah, Alat aplikasi,

Kelebihan, Kekurangan, dll. dianisa.com.

Aswi, B. (2017). "Membaca bahasa tubuh, buku inilah. Hikam Pustaka.

Ayu, A. N. (2019). Penampilan sebagai komunikasi non- verbal perempuan dalam

dunia pekerjaan. Skripsi, 28.

Barnard, M. (2011). Fashion Sebagai Komunikasi. Jalasutra.

Barzam. (2018). 8 Makna Warna dalam Komunikasi Non Verbal. In

PakarKomunikasi. https://pakarkomunikasi.com/makna-warna-dalamkomunikasi-non-verbal

Bayani, A. P. A. S. D. S. C. A. A., Setyoningtyas, D. N., Muhammad Zulfa

Alfaruqy, S.Psi., M.A. Imam Setyawan, S.Psi., M. A., & Fakultas. (2020).

Revitalisasi Peran Psikologi dalam Keluarga, Organisasi, dan Komunitas:

Tantangan dalam Menyambut Society 5.0. In Prosiding Konferensi

Mahasiswa Psikologi Indonesia 1.0 “Revitalisasi Peran Psikologi dalam

Keluarga, Organisasi, dan Komunitas: Tantangan dalam Menyambut Society

0.”

Boyd, D. (2014). It ’ s complicated: the social lives of networked teens. Yale

University Press.

Camelia. (2019). 5 Gestur Tangan Ini Miliki Arti Berbeda di Negara Lain - Citizen6

Liputan6. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4018852/5-

gestur-tangan-ini-miliki-arti-berbeda-di-negara-lain

Christopherson, K. M. (2007). The positive and negative implications of anonymity

in Internet social interactions: “On the Internet, Nobody Knows You’re a

Dog.” Computers in Human Behavior.

https://doi.org/10.1016/j.chb.2006.09.001

Damayanti, D. (2020). Ini 5 Kaitan Antara Percaya Diri dan Kepercayaan dalam

Hubungan. Idntimes.Com.

https://www.idntimes.com/life/relationship/daysdesy/kaitan-antara-percayadiri-dan-kepercayaan-dalam-hubungan-c1c2?page=all

Daeng Sani Ferdiansyah. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi - Google Books. In

Media Sains Indonesia.

https://books.google.co.id/books?id=QkBm4nO27r0C&printsec=frontcover

&dq=komunikasi&hl=ban&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=komunikasi

&f=false%0Ahttps://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Ilmu_Kom

unikasi/QkBm4nO27r0C?hl=id&gbpv=1&dq=wiryanto&printsec=fro

Djuanda, U. (2023). Sejarah Universitas Djuanda - Universitas Djuanda.

https://www.unida.ac.id

Duffy, A. &. (1999). Psychology for living: Adjusment, growth, and behavior.

USA: Prentice Hall Book Inc.

Dosen.co.id. (2018). Pengertian Display. Retrieved Desember 22, 2022, from

https://pakdosen.co.id/pengertian-display/

Fadhil, M., Ramdani, F., Valent, A., Cahya, I., Studi, P., Komunikasi, I., &

Surabaya, U. N. (2022). Realitas Toxic Masculinity Di Masyarakat. 230–235.

Feed, U. (2023). Studi : Orang yang Hapus Foto Profilnya di Instagram Cenderung

Depresi.https://www.instagram.com/p/CqKQQPKLiaZ/?igshid=MTc4MmM

YmI2Ng==

Flynn, K. I. (2003). Self esteem theory and measurement: a critica riview. A Journal

Of Feminist Theory And Culture, 3, 2–3.

Ganecwari Galuh, & Wilani Ari. (2019). Hubungan antara citra tubuh dengan

kecenderungan body dysmorphic disorder (BDD) pada remaja akhir laki-laki

di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 67–75.

Gulo. (2020). BelajarMeningkatkan Kepercayaan Diri Anak Untuk Memimpin.

Hardini, A. P. (2010). Hubungan Citra Diri Melalui Foto Profil Dengan Harga Diri

Pada Mahasiswa Pengguna Facebook Fakultas Psikologi Uin Syarif

Hidayatullah Jakarta. Skripsi, 1–19.

Haryanto, A. T. (2021, Juni 4). Survei: 89% Orang Indonesia Pakai Whatsapp

Untuk Komunikasi. detiknet.

Hong, E. (2021). 5 Cara Membaca Gestur Tubuh untuk Mengenali Pikiran dan

Perasaan Lawan Bicara - Kompas. Kompas.Com.

https://buku.kompas.com/read/147/5-cara-membaca-gestur-tubuh-untukmengenali-pikiran-dan-perasaan-lawan-bicara

Iriantara, Y. (2019). Media Relations (Konsep, Pendekatan, dan Praktik). Bandung:

Simbiosa Rekatama Media.

Jasmyn Tan YuXuan, & Rani Ann Balaraman. (2023). Instagram dan buli siber

dalam kalangan remaja di Malaysia. Bil, 25(1), 35–47.

Jones, D. C. (2001). Social comparison and body image : attractiveness

comparison to models and peers among adolescent girls and boys (45th ed.).

Kaplan, & Andres. (2012). "If you love something, let it go mobile: Mobile

marketing and mobile sosial media 4x4". pp. 129-139. Retrieved Desember

Jumat 09, 2022, from https://smad341automotive.files.word

press.com/2012/09/going-mobile.pdf

Kartini, S. (2019). Krisis Percaya Diri. Mutiara Aksara.

Kriyantono, R. (2021). Best Practice Humas (Publik relations) Bisnis dan

Pemerintah: Manajemen Humas, Teknik Produksi media publisitas, dan

Publik relations Writing. Jakarta: Kencana.

Laowe, C. (2019). Perbedaan Self Confidence Penggunaan Make up dan TidakMenggunakan Make up pada Remaja Puteri. SKRIPSI.

Laurentius, K., Prabandari, D. C. E., Violeta, V., Gavriel, Gunawan, & Ramadhani,

L. A. (2020). Dampak Penyebaran Informasi Melalui Media Sosial Terhadap

Tingkat Depresi Pada Remaja. Prosiding Konferensi Mahasiswa Psikologi

Indonesia, 1, 85–90.

Lee, K. (2015). What research says about the best profile picture.

https://blog.bufferapp.com/best-profile-picture-science-research-psychology

Lenhart, A. & Maden, M. (2006). Social Media and Young Adult. Pew Research

Center.

Lufritayanti, & Annisa. (2013). Hubungan Body Image Perubahan Fisik Pada Masa

Remaja Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Kelas Xi Di Sma Negeri 1

Toroh Kabupaten Grobogan. Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian

Kesehatan, 11150331000034, 1–147.

Madona, et al. (2021). Manajemen Komunikasi Digital Terkini - Google Books (p.

.https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Komunikasi_Digit

al_Terkini/

Munandar, A. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Media Sains Indonesia.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Miller, C. (2020). Does social media cause depression? Child Mind Institute. Child

Mind Institute. https://childmind.org/article/is-sosial-media-use-causingdepression/

Moloeng. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Publik relations (Panduan

Efektif Pengelolaan Hubungan Maasyarakat). 319.

Mulyana, D. (2019). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Mulyawan. (n.d.). Apa itu Image? Cara Kerja, Jenis dan Macam, Contoh serta

Perbedaanya. Retrieved Desember 22, 2022, from

https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-picture/

Mutiaraningrum, I., & Meniwati. (2021). Komunikasi Nonverbal Dalam

Storytelling. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) KeVII, 389-390.

Nasrullah, R. (2017). Media Social Perspektif Komunikasi, Budaya, dan

Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, R. (2021). Manajemen Komunikasi digital - Perencanaan, Aktivitas, dan

Evaluasi. Jakarta: Kencana.

Nurhuda, W. (2019). Hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri pada

mahasiswa psikologi yang sedang menyelesaikan skripsi di Universitas

Medan Area (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Nurika, B., & Psi, S. A. S. (2016). Hubungan antara konsep diri dengan

kepercayaan diri remaja yang mengunggah foto selfie di Instagram (ditinjau

dari jenis kelamin dan usia) (Doctoral dissertation, Universitas

Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/48321

Nurnisya, A. N. & F. Y. (2016). Pemanfaatan Digital Public Relations Dalam

Sosialisasi Tagline Yogya Istimewa Humas Pemerintah Kota Yogyakarta.

Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128Oberst, U., Wegmann, E., Stodt, B., Brand, M., & Chamarro, A. (2017). Negative

consequences from heavy sosial networking in adolescents: The mediating

role of fear of missing out. Journal of Adolescence, 55, 51–60.

https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.12.008

Panji. (n.d.). Display Picture - Teknologi Informasi. Retrieved Desember 22, 2022,

from https://glosarium.org/arti-display-picture-di-komputer/

Penney, J. (2022). Sosial Media and Symbolic Action: Exploring Participation in

the Facebook Red Equal Sign Profile Picture Campaign. Computer

Mediated Communication, 62.

Perry, M. (2005). Confidence Booster Pendongkrak Kepercayaan Diri. London:

Erlangga.

Pertiwi, G. (2018). Pengaruh Keterlibatan Ayah Dan Citra Tubuh Terhadap

Kepercayaan Diri Remaja.

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja (17th

ed.). APLIKASIA : Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama.

Pramono, J. (2021). Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan (C3)

Kelas XI. Penerbit Andi.

https://www.google.co.id/books/edition/Otomatisasi_Tata_Kelola_Humas_d

an_Keprot/2o4qEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1

Priyono, P. eko. (2022). Komunikasi dan Komunikasi Digital - Google Books (p.

.

https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Komunikasi_Digital_T

erkini/

Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013).

Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. (4th

ed.). Computers in Human Behavior.

Radovic, A., Gmelin, T., Stein, B. D.,& Miller, E. (2017). Depressed adolescents’

positive and negative use of sosial media. Journal of Adolescence, 55, 5–15.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.12.002

Rahayu, M. I. (2020). FoMO (Fear of Missing Out), Dampak dan Cara Mengatasi.

Doktersehat.Com. https://doktersehat.com/psikologi/kesehatan-mental/fomofear-of-missing-out/

Ramdhani, R., Putri, Y. R., & Fitrah Ali, D. S. (2016). Motif Virtual Display Of

Affection (Studi Deskriptif Kualitatif Pengguna Snapchat Di Kalangan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bandung). e-Proceeding of Management, III,

Ratnawati, V. (2014). Studi Komparasi Rasa Kepercayaan Diri Siswa

Berkepribadian Ekstrovert dengan Siswa Berkepribadian Introvert pada Siswa

SMP. Nusantara of Reseacrh, Vol. 1 No., 19–28.

https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/16

Rini. (2019). 6 Penyebab Konflik Peran Ganda dalam Psikologi.

Dosenpsikologi.Com. https://dosenpsikologi.com/pengebab-konflik-peranganda-dalam-psikologi

Ritzer G., & D. P. (2018). Globalization: The essential. John Wiley & Sons Ltd.

Sari, I. A. W. P., Suarya, L. M. S. (2018). Hubungan Antara Sosial Comparison

Dan Harga Diri Terhadap Citra Tubuh Pada Remaja Perempuan. Jurnal

Psikologi Ilmiah (Udayana), 5(2), 256–277.

https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/50b6845950412c0466ebcc7d040945a0.pdf

Sari, N. L. P. W., Https://bali.tribunnews.com/2021/01/09/, A. ini telah tayang di

T.-B. co. dengan judul, & Sari, (2022). Jumlah Pengguna Whatsapp Tembus

,4 Miliar Orang pada Kuartal III-2022. In Databoks.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/08/jumlah-penggunaWhatsapp-tembus-24-miliar-orang-pada-kuartal-iii-2022

Shrauger, J.S., & S. M. (1995). Self Conffidence in college students:

Conceptualizations, Measurement, and Behavioural Implication. (3rd ed.,

Vol. 2). Assessment.

Sonia, A., Nur, A., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Penggunaan Media Social

Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018. 12(1), 86–109.

Stets, J. E., & Burke, P. J. (2014). Self-Esteem adn Identities (57th ed.). Sosialogical

Perspectives.

Strajhar, P., Schmid, Y., Liakoni, E., Dolder, P. C., Rentsch, K. M., Kratschmar, D.

V., Odermatt, A., Liechti, Oramas, C. V., Langford, D. J., Bailey, A. L.,

Chanda, M. L., Clarke, S. E., Drummond, T. E., Echols, S., Glick, S., Mogil,

J. S. (2016). Pengungkapkan Emosi Dalam Pemasangan Display Picture

Blackberry Messengger Berupa Wordpics Pada Siswa Sekolah Menengah Al

Firdaus Sukoharjo. Nature Methods, 7(6), 2016.

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997%0Ahttp://doi.wiley.com/10

.1111/jne.12374

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sumarni & Dewi. (2017). Pengaruh Fungsi Make up sebagai Comouflage dan

Seduction terhadap Kepercayaan Diri pada Remaja Putri (16th ed.). Jurnal

Pendidikan dan Perkembangan.

Sunar. (2021). Pengaruh Kepercayaan Humas Dalam Berkomunikas. Jurnal

Hukum, 03(2), 69–79.

Talitha, T. (2021). Apa Itu Gesture & Macam-Macam Body Gesture - Best Seller

Gramedia. gramedia.com. https://www.gramedia.com/best-seller/gesture/

Trisnawati, C. C. A. (2022). Whatsapp Dan Pembelajaran Bahasa Inggris.

https://books.google.co.id/books?id=bB19EAAAQBAJ

Unpak.ac.id. (n.d.). Sejarah | Universitas Pakuan.

https://www.unpak.ac.id/profil/tentang-kami/sejarah

Untari, P. H. (2020). Sejarah Whatsapp, Aplikasi Chat Paling Populer Saat Ini. In

Https://Techno.Okezone.Com/Read/2020/01/18/207/2154693/SejarahWhatsapp-Aplikasi-Chat-Paling-Populer-Saat-Ini.

Utomo, B. (2019). Whatsapp, Pengertian, Sejarah dan Keunggulannya _ Tagar.

Yanti, F. (2022). Psikologi Komunikasi. Agree Media Publishing.

Yatiman Karsodikromo, Mohd Razimi Husin, A. R. R. & H. H. (2020). Buli siber

dalam kalangan murid sekolah menengah di daerah Samarahan. Jurnal

Pendidikan Bitara UPSI, 13, 38–47.

Yolanda, et al. (2021). Peranan Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Citra

Perusahaan (p. 73).

West, R., & Turner, L. (2008). Pengantar Teori Komunikasi - analisis dan aplikasi.

Jakarta: Salemba Humanika.

Whatsapp.com. (2022, Desember 14). Blog.Whatsapp. Retrieved Desember 15,

, from https://blog.Whatsapp.com


Abstract views : 90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Lestari Sosial Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.