PERAN BRAND AMBASSADOR, BRAND AWARENESS DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP MINAT BELI WARDAH

Hayyu Nur Jannah, Mochamad Rizal Yulianto, Dewi Komala Sari

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran brand ambassador, brand awareness, dan customer trust terhadap minat beli Skincare Wardah pada konsumen di Sidoarjo. Populasi yang terlibat pada penelitian ini yakni konsumen di Sidoarjo yang pernah melakukan pembelian Produk Wardah minimal satu kali pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data primer di peroleh dengan membagikan link kuensioner dengan menggunakan Google Form. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand ambassador, brand awareness dan customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Temuan penelitian ini memiliki beberapa implikasi penting, diharapkan Wardah mampu mengembangkan strategi pemasaran melalui brand ambassador terutama pada reputasi yang dimiliki oleh brand ambassador Wardah karena mampu meningkatkan minat beli konsumen, membangun brand awareness yang kuat, serta menjaga kepercayaan konsumen melalui perilaku atau kebiasaan penjual dalam menjual produk.

ABSTRACT
This research aims to determine the role of brand ambassadors, brand awareness, and customer trust in consumers' interest in purchasing Wardah Skincare in Sidoarjo. The population involved in this research comprises consumers in Sidoarjo who have purchased Wardah products at least once. The sample used in this research was 100 people. This research method uses descriptive analysis with a quantitative approach. Primary data was obtained by sharing the questionnaire link using Google Forms. The data analysis technique uses Partial Least Square. This research shows that brand ambassadorship, brand awareness, and customer trust positively and significantly affect purchasing interest. The findings of this research have several important implications. It is hoped that Wardah will be able to develop marketing strategies through brand ambassadors, especially on the reputation of Wardah brand ambassadors because they can increase consumer buying interest, build strong brand awareness, and maintain consumer trust through seller behavior or habits in selling. product.

Keywords


Brand ambassador; brand awareness; kepercayaan konsumen; minat beli; pemasaran; Brand ambassador; brand awareness; customer trust; marketing; purchase interest.

References


Admin Educativa. (2023, Mei 23). Tips jitu mencari research gap dalam penelitian: pengertian, jenis, dan cara membuatnya. educativa.id. https://educativa.id/2023/05/23/tips-jitu-mencari-research-gap-dalam-penelitian-pengertian-jenis-dan-cara-membuatnya/

Ainurzana, A. A., & Jemadi, J. (2023). Pengaruh promosi penjualan, kepercayaan, dan penggunaan brand ambassador K-Pop Idol terhadap minat beli konsumen pada marketplace Shopee. Journal Of Management : Small And Medium Enterprises (SME’s), 16(2), 351–366. Https://Doi.Org/10.35508/Jom.V16i2.9939

Ajnya, I G. A. A. M. S. D., Jatra, I M., Yasa, N. N. K., & Riana, I G. (2023). Brand Ambassador, Citra Merek, Niat Beli: Konsep Dan Aplikasi (Pertama). CV Pena Persada.

Alistian, A. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap minatbeli produk Scarlett Whitening (Survei pada konsumen Scarlett di Toko Koleksi Tasik Termurah). J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(5), 582–586. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i5.750

Andriani, N. F., & Setiawan, A. H. (2020). Analisis preferensi konsumen terhadap penggunaan produk skincare Korea Selatan dan lokal. Diponegoro Journal Of Economics, 9(4), 1–8. https://doi.org/10.14710/djoe.29050

Anggraeni, R., & Sutedjo, B. (2024). Pengaruh kepercayaan merek dan nilai pelanggan terhadap minat beli dan terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada wanita bekerja pengguna kosmetik Wardah). Journal Of Economic, Business And Accounting (COSTING), 7(2). https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.8809

Anggraini, T. R. (2022). Pengaruh gaya hidup dan brand awareness terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian produk Emina (Studi pada mahasiswa administrasi bisnis angkatan 2018-2019 Universitas Mulawarman). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 143-161. https://doi.org/10.25273/capital.v5i2.12020

Anjani, F., & Riyanto, S. (2023). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen kosmetik Wardah pada Toko Sheminime. EKSISHUM: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Humaniora, 3(1), 18–25.

Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambunan, H., Sylvia, D., Adnyana, M. D. M., Prasetiyo, B., Vianitati, P., & Gebang, A. A. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. T. S. Tambunan (Ed.). CV. Media Sains Indonesia.

Faradilla, M. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh brand ambassador terhadap minat beli produk Maybelline New York melalui sikap pada iklan sebagai variabel mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), 97–104. https://doi.org/10.35797/jab.v12.i1.97-104

Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Penerbit Qiara Media.

Geraldine, Y. M. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas produk, media sosial dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk brand Wardah. Point: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 71–82. Https://Doi.Org/10.46918/Point.V3i1.880

Hardisman. (2021). Analisis Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) (Pertama). Bintang Surya Madani.

Hardiyanti, I., & Fadilla, A. (2022). pengaruh kesadaran merek dan kepercayaan merek terhadap minat beli pada skincare Bebwhite C di Kabupaten Karawang tahun 2021. YUME : Journal Of Management, 5(1), 143–160. https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1923

Humas Jatim. (2020). Kabupaten Sidoarjo. jatim.bpk.go.id. https://jatim.bpk.go.id/kabupaten-sidoarjo/

Imelda, W. M., & Prihastuty, D. R. (2024). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian skincare Azarine pada mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 3(10), 61-70. https://doi.org/10.8734/musytari.v3i10.2095

Kholik, A., Maulida, S., Suganda, A. D., Hanika, I. M., Ismainar, H., Muniarty, P., Marlina, H., Febrianty, Merung, Y. A., Nufus, H., & Nurhayati. (2020). Perilaku Konsumen (Ruang Lingkup Dan Konsep Dasar). Widina Bhakti Persada Bandung.

Kholiq, I., & Sari, D. K. (2021). The influence of viral marketing, celebrity endorser, and brand awareness on purchase decisions on Make Over cosmetic products in Sidoarjo. Academia Open, 4, 1–14. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2604

Kusuma, A. H. P., Sudirman, A., Purnomo, A., Aisyah, S., Sahir, S. H., Rumondang, A., Salmiah, Falim, F., Wirapraja, A., Napitupulu, D., & Simamata, J. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi Dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.

Millenia, D. P., Siregar, W. S., & Fitri, N. (2021). Analisis pengaruh brand awareness , brand image dan product placement terhadap minat beli konsumen kopiko dalam drama Korea Vincenzo. Prosiding Konferensi Nasional Sosial Dan Engineering Polmed (KONSEP), 2(1), 580–588. https://ojs.polmed.ac.id/index.php/konsep2021/article/view/648

Mulyani, N., & Sigit, M. (2023). Analisis pengaruh konten pemasaran Tiktok terhadap kepercayaan pelanggan dan niat beli konsumen: Studi kasus pada produk fashion. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(4), 203–214.

Naumi, M., Hidayat, C. W., & Sarwoko, E. (2023). peran brand image sebagai mediasi pengaruh brand ambassador dan social media marketing terhadap minat beli produk. MBR (Management And Business Review), 7(2), 194–203. https://doi.org/10.21067/mbr.v7i2.9044

Novitasari, N., & Sari, M. A. (2019). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen online di marketplace. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 97–108. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2490

Nurita, D., Indayani, L., Febriansah, R. E., & Yulianto M. R. (2023). The Role Of Instagram Social Media, Celebrity Endorsements, And Verbal Communication On The Buying Interest Of Pilotter Products: Peran Media Sosial Instagram, Dukungan Selebriti, Dan Komunikasi Lisan Terhadap Minat Beli Produk Pilotter. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(1), 2247–2261. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.7911

Padilah, P., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh e-Service Quality, bauran promosi, dan brand awareness terhadap minat beli ulang pada pengguna Dana di Bandung. E-Proceeding Of Management, 7(2), 3710–3719.

Prasetyo, F. I., Budiyanto, M. A., & Reformasi, E. (2022). Pengaruh brand awareness, brand loyalty dan brand image terhadap minat beli produk online di marketplace Tokopedia (Study kasus konsumen Tokopedia Jabodetabek). JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(3), 58–67. https://doi.org/10.55784/jueb.v1i3.261

Putri, A. R., & Susanti, A. (2022). Pengaruh e-commerce, sosial media, dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli pada aplikasi belanja Shopee. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 13(1), 20-33. https://doi.org/10.21009/JRMSI.013.1.02

Rahadi, D. R. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Lentera Ilmu Madani.

Rahmawati, N. L. R. (2022). Pengaruh Brand Image, Labelisasi Halal Dan Customer Trust Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sari Roti Di Salatiga). [Thesis]. Universitas Islam Negeri Salatiga.

Rudianto, T., Mislinawati, & Glarian, T. A. (2020). Pengaruh Pengalaman, Pengetahuan Dan Keterampilan Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Kantor Inspektorat Aceh). Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 4(2), 125-133. https://doi.org/10.33059/jensi.v4i2.2891

Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Scopindo Media Pustaka.

Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Sukanteri, N. P., Putri, S. E., Gheta, A. P. K., Wardhana, A., Suhartadi, K., Nugraha, W., Hendrayani, E., Susanto, P. C., Primasanti, Y., & Ulfah M. (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding. A. Sudirman (Ed.). CV. Media Sains Indonesia.

Soffiyah, S. A., & Fietroh, M. N. (2024). Pengaruh customer experience, customer trust, dan customer satisfaction terhadap repurchase intention pada pengguna produk skincare Scarlett Di Kecamatan Sumbawa. Proceeding Of Student Conference, 2(5), 406–415. https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/1097

Solihin, D. (2020). Pengaruh kepercayaan pelanggan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada online shop Mikaylaku dengan minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Taufik, M. (2024, Januari 8). Produk Kosmetik Asal Sidoarjo Tembus Pasar Internasional, Ekspor Perdana ke Malaysia. Tribunews. https://surabaya.tribunnews.com/2024/01/08/produk-kosmetik-asal-sidoarjo-tembus-pasar-internasional-ekspor-perdana-ke-malaysia

Tonce, Y., & Rangga, Y. D. P. (2022). Minat dan Keputusan Pembelian: Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep & Studi Kasus). Penerbit Adab.

Wardhana, A. (2024). Brand Management In The Digital Era - Edisi Indonesia. CV. Eureka Media Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v10i2.10852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 The Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.