HUBUNGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PRICE TO BOOK VALUE DENGAN RETURN ON ASSET SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Omi Pramiana

Abstract


Sebuah perusahaan didirikan memiliki tujuan yang jelas. Salah satu tujuan perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan yang tercermin pada harga sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Corporate social responsibility terhadap price book value dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan Moderating Regression Analysis karena diantara variabel independent dengan variabel dependep terdapat variabel moderating yang mempengaruhi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa tidak terdapat pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Index terhadap Price Book Value dengan t hitung Corporate Social Responsibility Disclosure Index sebesar 1.393 dan t tabel sebesar 1.703 sehingga t hitung lebih kecil dari t tabel (1.393 < 1.703) serta nilai signifikasi sebesar 0.175 lebih besar dari 0,05 (0.175 > 0,05) artinya naik turunnya Corporate Social Responsibility Disclosure Index tidak mempengaruhi Price Book Value. Interaksi antara CSR dan prosentase Return on Asset berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai t hitung sebesar 2.180 dan nilai signifikasi sebesar 0.038 artinya Return on Asset sebagai variabel moderating dapat meningkatkan Price Book Value saat pengungkapan CSR meningkat.


References


Hadi, N. (2009). Interaksi Biaya Sosia, Kinerja Sosial, Kinerja Keuangan, dan Luas Pengungkapan Sosial Uji Praktik Sosial Responsibility Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan S. (2012). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers

Handriyani, Arik N. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 2 No. 5 (2013).

Martono dan Harjito, Agus. (2011). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia

Munawir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberti.

Rahman, R. (2009). Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta: Media Presindo.

Rahmayanti, E. (2015). Harga Saham Perbankan Anjlok; Ini Penyebabnya. Tersedia di https://www.bareksa.com/id/text/2015/06/03/harga-saham-perbankan-anjlok-ini-penyebabnya/10656/news [diakses pada Rabu, 03 Juni 2015]

Ang, R. (2007). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia (The Intelligent Guide To Indonesian Capital Market). Jakarta: Mediasoft Indonesia

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v4i2.1194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.