PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN MOTIVASI KERJA DAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI

Nancy Yusnita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan upaya-upaya yang dapat dilakukan melalui analisis i hubungan antara motivasi kerja dan efektivitas komunikasi antar pribadi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Lingkungan Kecamatan Bogor Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri atas dua variabel bebas yaitu motivasi kerja dan efektivitas komunikasi antar pribadi dan satu variabel terikat yaitu kinerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yang dilaksanakan di 13 Sekolah Dasar Negeri di Lingkungan Kecamatan Bogor Tengah dengan responden terdiri dari 98 orang guru yang berstatus pegawai negeri sipil. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel acak proporsional (proportional random sampling). Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi linier sederhana serta korelasi dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dinyatakan bahwa peningkatan kinerja dapat dilakukan dengan cara meningkatkan motivasi kerja melalui peningkatan pada aspek: berorientasi pada tujuan; kegigihan menyelesaikan pekerjaan; usaha mencari umpan balik;  harapan meraih keberhasilan; keterlibatan dengan tugas yang dikerjakan; kemauan mengembangkan diri  serta pengembangan efektivitas komunikasi antar pribadi melalui peningkatan pada aspek: saling percaya; saling terbuka; tatap muka; saling menghargai; kejelasan pesan; umpan balik.


References


Amirullah dan Hanafi, R. (2002). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Angkawijaya, Adam I. (2000). Perlaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arep, I. dan Tanjung, H. (2003). Manajemen Motivasi. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Aritonang, Keke T. (2005). Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja dan Kinerja Guru SMP Kristen BPK Penabur Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur Jakarta, No 4, Tahun IV.

De Janasz, Suzanne C., et al. (2006). Interpersonal Skills in Organizations. 3rd edition. New York: Mc.Graw Hill Irwing.

Dharma, A. (2003). Manajemen Supervisi. Edisi IV. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Effendy, Onong Uchana E. (2003). Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fathoni, A. (2006). Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gibson, James L., et al. (2006). Organizations, Behavior, Structure, Processes. New York: McGraw-Hill Irwin.

Gozali, I. (2002). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Univ. Diponegoro.

Handoko, T. Hani. (2007). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Melayu S.P. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kreitner, R., and Kinicki, A. (2008). Organizational Behavior. Newyork: McGraw-Hill International.

Kydd, L., et al. Professional Development for Educational Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Laporan Dinas Pendidkan Kota Bogor Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional SD/MI tahun ajaran 2008/2009.

Laporan Kriteria Ketuntasan Minimal Kecamatan Bogor Tengah Tahun 2009.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2007). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Rafika Aditama.

Manulang, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta: BBPE.

Mathis, Robert L., and Jackson, John H., Human Resource Management Jakarta: Salemba Empat.

Muhamad, A. (2002). Komunikasi dan Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhidin, Sambas A. dan Abdurahman, M. (2007). Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mulyana, D. (2001). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya 2001.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya.

Nawawi, H. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pidarta, M. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Pradiansyah, A. You Are a Leader. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rakhmat, J. (2000). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P. (2002). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama Erlangga.

Rosyid, Aan H. (2009). Hubungan antara Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerha Guru dengan Kinerja Guru. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Pakuan.

Rue, Leslie W., and Byars, Lloyd L. (2007). Supervision Key Link to Productivity. NY: McGraw-Hill International Edition.

Ruky, Achmad S. (2002). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saputra, Raden Darajat S. (2009). Hubungan antara Komunikasi Interpersonal dan Komitmen Kerja Guru dengan Kinerja Guru. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Pakuan.

Siagian, Sondang P. (2002). Manajemen Strategis. Jakarta: Bumi Aksara.

Soeprihanto, J. (2001). Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Subroto, S. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. (2006). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

________________. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: Index.

Veithzal, R. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widjaya, A.W. (2002). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

___________. (2000). Pengantar Studi Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Winardi. (2002). Motivasi Dan Permotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Wood, J., et al., (2001). Organization Behaviour: A Global Perspective. New York: United state of America.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v4i2.1195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.