MARKETING STRATEGY ANALYSIS KOPI ARABIKA SPECIALTY (STUDI KASUS PADA CV FRINSA AGROLESTARI)

Achmad Fadillah, Yasmin Nabila Salsabila, Arief Daryanto

Abstract


CV Frinsa Agrolestari merupakan sebuah bisnis keluarga yang bergerak di bidang perkebunan dan proses biji kopi yang saat ini berfokus pada biji kopi specialty, disisi lain perusahaan tersebut belum memiliki strategi pemasaran yang optimal di pasar domestik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang strategi pemasaran yang tepat untuk CV Frinsa Agrolestari di pasar domestik. Analisis faktor lingkungan internal dan eksternal dilakukan dengan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), dan Internal-Eksternal (IE) dilanjutkan dengan perancangan strategi menggunakan matriks SWOT. Rancangan strategi pemasaran biji kopi specialty untuk pasar domestik pada CV Frinsa Agrolestari adalah melakukan pengembangan produk secara terus-menerus, pengembangan bisnis ke ekowisata dan eduwisata sebagai media pemasaran, pengembangan bisnis kopi hilir, pengoptimalan penggunaan internet sebagai media pemasaran, komunikasi yang intensif dengan konsumen dan jasa ekspedisi, pengembangan desain kemasan yang lebih aman, edukasi konsumen mengenai kualitas produk, dan pengoptimalan pengembangan proses produksi dan bisnis.CV Frinsa Agrolestari merupakan sebuah bisnis keluarga yang bergerak di bidang perkebunan dan proses biji kopi yang saat ini berfokus pada biji kopi specialty, disisi lain perusahaan tersebut belum memiliki strategi pemasaran yang optimal di pasar domestik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang strategi pemasaran yang tepat untuk CV Frinsa Agrolestari di pasar domestik. Analisis faktor lingkungan internal dan eksternal dilakukan dengan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), dan Internal-Eksternal (IE) dilanjutkan dengan perancangan strategi menggunakan matriks SWOT. Rancangan strategi pemasaran biji kopi specialty untuk pasar domestik pada CV Frinsa Agrolestari adalah melakukan pengembangan produk secara terus-menerus, pengembangan bisnis ke ekowisata dan eduwisata sebagai media pemasaran, pengembangan bisnis kopi hilir, pengoptimalan penggunaan internet sebagai media pemasaran, komunikasi yang intensif dengan konsumen dan jasa ekspedisi, pengembangan desain kemasan yang lebih aman, edukasi konsumen mengenai kualitas produk, dan pengoptimalan pengembangan proses produksi dan bisnis.

Keywords


kopi specialty, strategi pemasaran, matriks IFE-EFE, matriks SWOT

References


David FR.. 2011. Strategic Management: CONCEPTS AND CASES. New Jersey (US): Pearson Education, Inc.

Herlyana E. 2012. Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. [Jurnal]. THAQAFIYYAT: Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam. 13(1). [diunduh 2019 Agustus 9]. Tersedia pada: http://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/thaqafiyyat/ article/ view/43

[ICO] International Coffee Organization. 2019. Total production by all exporting countries. [Internet]. [diunduh 2019 Juni 15]. Tersedia pada: http http://www.ico.org/prices/po-production.pdf

[ICO] International Coffee Organization. 2019. World coffee consumption. [Internet]. [diunduh 2019 Juni 15]. Tersedia pada: http://www.ico.org/prices/new-consumption-table.pdf

Kotler P, Amstrong G. 2012. Principles of Marketing 14th Ed. Amerika (US): Pearson Education, Inc.

Kotler P, Kartajaya H, Setiawan I. 2017. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Hoboken (US): Wiley.

[SCA] Specialty Coffee Association. 2018. Coffee standards [internet]. [diunduh 2019 Juli 06]. Tersedia pada: https://sca.coffee/ research/coffee-standards

Yusianto. 2013. Karakteristik kopi Indonesia Juni 2013 [internet]. [diunduh 2019 Agustus 18]. Tersedia di: http://agro.kemenperin.go.id/ media/download/465


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v5i1.1324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.