EKSPEKTASI PENGGUNA LAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK TRANS JOGJA

Anggiaseva Putrika Damayanti, Rifki Khoirudin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah variabel kenyamanan, kualitas pelayanan, tarif angkutan, kinerja angkutan dan aksesibilitas memiliki pengaruh terhadap minat masyarakat terhadap layanan Trans Jogja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna layanan Trans Jogja. Menggunakan jenis data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuisioner oleh responden yaitu pengguna layanan Trans Jogja yang kemudian dilakukan pengelompokan karakteristik responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kenyamanan, kualitas pelayanan dan aksesibiltas memiliki pengaruh positif terhadap minat masyarakat terhadap layanan Trans Jogja. Sedangkan variabel tarif angkutan dan kinerja angkutan menunjukan hasil tidak signifikan terhadap minat masyarakat terhadap layanan Trans Jogja. Dengan hasil temuan ini, penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak pengelola mengenai kondisi layanan Trans Jogja berdasarkan perspektif dari pengguna layanan Trans Jogja.


Abstract: This study aims to see whether the variables of convenience, service quality, transportation fares, transportation performance and accessibility have an influence on people's interest in Trans Jogja services. This research is a descriptive qualitative and quantitative research. The research population is all users of Trans Jogja services. Using the type of primary data obtained from the results of filling out questionnaires by respondents, namely users of Trans Jogja services, then grouping the characteristics of respondents. The results showed that the variables of convenience, service quality and accessibility had a positive influence on public interest in Trans Jogja services. While the variables of transportation rates and transportation performance showed insignificant results on public interest in Trans Jogja services. With these findings, this research can be used as an evaluation material for the management regarding the condition of Trans Jogja services based on the perspective of Trans Jogja service users.


Keywords


kualitas layanan; minat pelanggan; pelayanan publik; perspektif pelanggan; transportasi umum

References


Abubakar, I. (1998). Menuju Lalu Lintas Angkutan Darat yang Tertib. Direktorat Dirjen Perhubungan Darat.

Andriyansyah. (2015). Manajemen Transportasi Dalam Kajian dan Teori (Edisi Satu). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-jek. Jurnal Widyakala, 3, 2956.

Azali, I., & Gunanto, E. Y. A. (2018). Preferensi Konsumen Terhadap Transportasi Publik (Studi Kasus Bus Rapid Transit (BRT) Kota Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen, 33(1), 8698.

Darat, D. P. (2002). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur. Keputusan Direktorat Jendral Perhubungan Darat.

Badan Pusat Statistik. (2020). Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Karetji, Y. N. A. (2017). Kebijakan Operasional bus Angkutan Umum Trans Jogja Sebagai Alternatif Mengurangi Kemacetan Arus Lalu Lintas di Kota Yogyakarta dan Sekitarnya. Jurnal Ilmu Sosial, 4(1), 4351.

Kusumadewi, A. N. (2020). Persepsi Kenyamanan dan Harga Terhadap Minat Pengguna Jasa Transportasi Angkutan Umum Kota di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 1623.

Nirjaya, A. A. G. O., & Setiawina, N. D. (2016). Analisis pengaruh kinerja angkutan umum trans sarbagita terhadap animo masyarakat pengguna di provinsi bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(8), 25172548.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Media Sahabat Cendekia.

Rumayar, A. L. E., & Sendow, T. K. (2016). Analisis Kebutuhan Angkutan Umum Penumpang Kota Manado. Jurnal Sipil Statik, 4(6), 367373.

Sugiarto. (2000). Ekonomi Mikro (Edisi Dua). Gramedia.

Taufiqurokhman E. S. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik (Edisi Satu).UMJ PRESS.

Wibowo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan transportasi Umum Bus Trans Jogja Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 6781.

Yuliana, W., & Febriyani, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tarif Terhadap Minat Beli Penumpang Bus DAMRI Unit Angkutan Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 1928.

Zulianto, A., Nurhadi, K., & Rini, E. F. (2019). Hubungan Persepsi Pengunjung Terhadap Kualitas Tansportasi Umum dengan Pemilihan Moda Transportasi Umum di Kawasan Wisata Budaya Surakarta. Desa-Kota, 1(2), 143152.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v7i1.3386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.