ANALISIS SUMBER DAYA INTERNAL GUNA MEMBANGUN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI

Rizka Adinda, Cecep Safa'atul Barkah, Tetty Herawaty, Lina Auliana

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen Brekele Chips dan mengusulkan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat Brekele Chips terapkan guna meningkatkan minat beli konsumennya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 123 penduduk Jawa Barat pada kelompok usia remaja yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara mendalam dengan Brekele Chips dan penyebaran kuesioner ke sampel penelitian. Metode analisis data menggunakan analisis internal based resources, analisis valuable, rare, costly to imitate, dan non-substitutable, analisis sustainable competitive advantage, dan analisis strengths, weakness, opportunities, dan threats. Berdasarkan analisis sumber daya internal yang dimiliki, hasil menunjukkan bahwa Brekele Chips dapat menerapkan suatu strategi pemasaran untuk meningkatkan minat beli konsumennya melalui pengadaan event marketing creative challenge.

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to analyze the factors that influence the buying interest of Brekele Chips consumers and propose the right marketing strategy to be able to apply Brekele Chips to increase consumer buying interest. This research uses descriptive quantitative and qualitative methods. The sample in this study amounted to 123 residents of West Java in the adolescent age group obtained through purposive sampling technique. The type of data used is primary data obtained from in-depth interviews with Brekele Chips and distributing questionnaires to the research sample. The data analysis method uses internal based resources analysis, valuable, rare, costly to imitate, and non-substitutable analysis, analysis of sustainable competitive advantage, and analysis of strengths, weaknesses, opportunities, and threats. Based on the analysis of its internal resources, the results show that Brekele Chips can implement a marketing strategy to increase consumer buying interest through the provision of creative challenge marketing events.


Keywords


internal based resources; strategi pemasaran; sustainable competitive advantage

References


Agustina, S. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Asmoro, A. R. (2021). Hubungan Inovasi Produk Makanan terhadap Minat Beli Masyarakat di Gresik. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 4(1), 5564.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur di Provinsi Jawa Barat, 2010-2020. https://jabar.bps.go.id/dynamictable/2020/06/03/606/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-di-provinsi-jawa-barat-2010-2020.html

Barney, J. B. (1991). Firm Source and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1), 100102.

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Implementasi untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Neo-Bis, 8(2), 179189.

Engel, J. F. (2005). Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.

Grant, R. M. (1999). The Resource-Based Theory of Competitive Advantage: Implications for Strategy Formulation. California Management Review, 33(3), 323. https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-7088-3.50004-8

Handoko, H. & Dharmmesta, B. S. (2000). Manajemen Pemasaran, Analisia Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit BPFE-Yogyakarta.

Hitt, M., A. (2001). Manajemen Strategis Daya Saing & Globalisasi. Jakata: Penerbit Salemba Empat.

Hutauruk, M. R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Faktor yang Menentukan Perilaku Konsumen untuk Membeli Barang Kebutuhan Pokok di Samarinda. Jurnal Riset Inossa, 2(1), 115.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2021). Direktori Perusahaan Industri Makanan Ringan. https://kemenperin.go.id/direktori-perusahaan?what=makanan%20ringan&prov=0&hal=2

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus pada PT Expand Brelian Mulia di Semarang). Jurnal Komunikasi, 8(1), 8398.

Meilani, Y. F. C. P, & Simanjuntak, S. (2012). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Dan Minuman Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(2), 164172.

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 468476.

Nulufi, K. & Murwatiningsih. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan (Studi Kasus pada Konsumen International Batik Center dan Pasar Grosir Setono). Management Analysis Journal, 4(2), 121141

Prakosa, B. & Ghazali, I. (2005). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris pada Industri Manufaktur di Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 181198.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Rahma, A. (2017). Event Sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional. Journal of Communication (Nyimak), 1(2), 149169.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Ren, S., Eisingerich, A. B., & Tsai, H. T. (2015). How Do Marketing, Research, and Development Capabilities, and Degree of Internationalization Synergistically Affect the Innovation Performance of Small and Medium-sized Enterprises (SMEs)?. International Business Review, 24(4), 642651.

Rulandari, N., Rahmawati, N. F., & Nurbaiti, D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Era New Normal. Prosiding Seminar STIAMI, 7(2), 2128.

Saronto, A. A., & Rosinta, F. (2012) Pengaruh Event Marketing Cornetto Summer Music Festival 2012 Terhadap Minat Beli Cornetto. Universitas Indonesia.

Schiffman, L. G. & Leslie. (2007). Consumer Behaviour 7th. Edition. Jakarta: Penerbit PT Indeks.

Sneath, J. Z., Finney, R. Z., & Close, A. G. (2005). An IMC Approach to Event Marketing: The Effects of Sponsorship and Experience on Customer Attitudes. Journal of Advertising Research, 45(4), 373381

Siregar, B. P. (2021, Juni 21). Industri Makanan Minuman Masih Jadi Andalan di 2021. Warta Ekonomi. https://www.wartaekonomi.co.id/read323825/industri-makanan-minuman-masih-jadi-andalan-di-2021.

Tjiptono, F. (2007). Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Yan, C. U. I., & Yinhe, C. U. I. (2020). The Difference of Between Event Marketing and Activity Marketing. Management Science and Engineering, 14(2), 2427.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v7i2.3556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rizka Adinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.