DAPATKAH IT GOVERNANCE DENGAN COBIT 5 MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN INFORMASI AKADEMIK?

Komang Muda Sedana Yoga, Novita Novita

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tata kelola teknologi informasi dengan menggunakan COBIT 5 sebagai kerangka kerja tata kelola teknologi informasi terhadap kualitas layanan informasi akademik pada Sistem Infromasi Akademik. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis partial least square. Data primer didapatkan melalui kuesioner yang disebarkan pada mahasiswa aktif Universitas Trilogi pada semester gasal tahun 20202021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan COBIT 5 dengan domain EDM (evaluate, direct and monitor) dan domain MEA (monitor, evaluate and assess) berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas layanan pada sistem informasi akademik Universitas Trilogi. Sedangkan domain DSS (Delivery, Service and Support) tidak berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas layanan pada sistem informasi akademik Universitas Trilogi. Hasil penelitian ini menjadi masukan bagi Universitas Trilogi untuk terus meningkatkan tata kelola teknologi informasi pada sistem informasi akademik sebagai salah satu cara untuk meningkatan kualitas layanan yang diberikan agar visi dan misi universitas dapat tercapai.

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to see to what extent the implementation of information technology governance with COBIT 5 as a basic framework for assessing information technology and determine the effect of information technology governance on the academic information system. This data processing uses descriptive qualitative analysis and Partial Least Square analysis. The primary data was collected from the questionnaire that distributed to active student in odd semester 20202021 in Trilogi University. The result of this research is showing COBIT 5 with the domain EDM (Evaluate. Direct and Monitor) and the MEA (Monitor, Evaluate and Assess) domain have an effect on improving service quality at Trilogy University. While the DSS (Delivery, Service and Support) domain has no effect on improving service quality at Trilogi University. In consequence, Trilogi University is required to improve the governance of information technology in academic information system as way to enchance the service quality provided, so the vision and mission can be achieved.


Keywords


COBIT 5; kualitas layanan; sistem informasi manajemen; tata kelola teknologi informasi

References


Anggraeni, E. Y., & Rita, I. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandaru, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), 120─134. https://doi.org/10.26905/jbm.v3i1.80.

Ghozali, I. (2015). Partial Least Square Konsep, Teknik, dan Aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, A., Saragih, H., & Suharto, A. (2014). Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Framework Cobit 5 Di Kementerian Esdm (Studi Kasus pada Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM). Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information Systems), 10(2), 108─117. https://doi.org/10.21609/jsi.v10i2.393

IT Governance Indonesia. (2019). Perbedaan Tata Kelola dan Manajemen Berdasarkan COBIT. https://itgid.org/perbedaan-tata-kelola-dan-manajemen-berdasarkan-cobit/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. London: Pearson.

Lutfianto, A. (2014). Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Framework COBIT 5 Domain EDM01 Pada Politeknik Harapan Bersama Tegal. Universitas Dian Nuswantoro.

Maskur, Adolong, N., & Mokodongan, R. (2017). Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 Di BPMPTSP Bone Bolango. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, 8(2), 109─126. https://doi.org/ 10.17933/mti.v8i2.106.

Maulidia, N., Rochimah, S., & Affandi, A. (2013). Perkembangan Prosedur Untuk Optimalisasi Kualitas Sistem & Layanan Jaringan TIK Dengan Cobit 4.1 dan ITIL. V3. Prosiding Seminar Nasional Management Teknologi XVII, 1─9.

Pardiansyah, A. S. (2015). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok Menggunakan Framework Cobit. IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 17─25. https://doi.org/10.31294/ijse.v1i1.591

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods for Bussiness. New York: Wiley

Sevima. (2020, Juli 20). Sistem Informasi Akademik Terintegrasi dan Lengkap. Sevima. https://sevima.com/sistem-informasi-akademik/

Sitohang, H. T. (2015). Penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Cobit Framework 4.1 Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara III Medan (PERSERO). Jurnal Mantik Penusa, 17(1), 1─7.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardono, B. (2011). Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) pada Layanan dan Dukungan Teknologi Informasi (Kasus: Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang). Proceeding Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan (Semantik), 1(1).

Suryono, R. R., Darwis, D., & Gunawan, S. I. (2018). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung). Jurnal Teknoinfo, 12(1), 16─22.

Utari, R. D., Budiono, ST., MT, A., & Santosa, SSi., MTi, I. (2018). Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Layanan Marketplace Business To Business Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 5 Domain Evaluate, Direct and Monitor (EDM) dan Monitor, Evaluate and Assess (MEA). Proceeding of Engineering, 3466─3473.

Utomo, A. P., & Novita, M. (2011). Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) pada Bidang Akademik dengan COBIT Frame Work Studi Kasus Pada Universitas Stikubank Semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, 16(2), 139─149.

Vitrin, C. I., Kraugusteeliana, & Muliawati, A. (2019). Rancangan Indikator Audit Sistem Informasi Kepuasan Pelanggan Menggunakan Framework COBIT 5 Domain DSS, ME dan, EDM (Studi Kasus BPJS). Proceeding Seminar Nasional Informatika, Sistem Informasi dan Keamanan Siber (SEINASI-KESI), 1─6.

Wahono, B. B. (2015). Peningkatan layanan sistem informasi kesehatan (studi kasus diinas kesehatan kabupaten jepara). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 6(1), 101─110.

Wicaksono, M. A., Rahardja, Y., & Chernovita, H. P. (2020). Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 Domain EDM. JSIL: Jurnal Sistem Informasi, 7(1), 25─33. https://doi.org/10.30656/jsii.v7i1.2027.

Wijayanto, Y. B., W, B. S., & Amborowati, A. (2018). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Rumah Sakit Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus di RS Panti Rapih). TEKNOMATIKA: Jurnal Informatika dan Komputer, 10(2), 33─44.

Zamzami, F., Faiz, I. A., & Mukhlis. (2015). Audit Internal Konsep dan Praktik. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Zamzami, M., & Novita. (2020). Apakah Gemba Kaizen Mampu Meningkatkan Kinerja Nonkeuangan Pendidikan Tinggi? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(1), 207─220. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.1.12.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v7i2.3905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Komang Muda Sedana Yoga, Novita Novita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.