PENGARUH EARNING PER SHARE ( EPS), BOOK VALUE PER SHARE (BVS), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI

Ellyn Octavianty, Fridayana Aprilia

Abstract


ABSTRAKSalah satu jenis investasi yang sangat menarik namun berisiko tinggi yaitu saham.Saham memiliki karakteristikhigh riskhigh return, semakin tinggi tingkat keuntungan yangakan diperoleh maka risikonya pun akan semakin tinggi pula. Harga saham suatu perusahaansangat berfluktuasi dan tidak dapat diprediksi dengan tepat, sehingga bisa meningkatkanrisiko akan kerugian yang lebih besar.Untuk meminimalisasi risiko tersebut, maka investorsebaiknya mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi fluktuasinya harga sahamtersebut serta melakukan suatu analisis terlebih dahulu. Terdapat 2 analisis dalam saham,yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. Faktor fundamental yang dapatmempengaruhi harga suatu saham yaitu rasio keuangan. Dalam penelitian ini penulismenggunakan 4 rasio keuangan, yaituEPS, BVS, ROE,danDER.Penulis menggunakan metodepurposive samplingdalam pengambilan sampel. Dari 19perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI, penulis mengambil sampel 10 perusahaan dalamperiode 2009-2011. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda, uji t dan uji F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabelEPS, BVS,danROEyang memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan untuk variableDERtidak memiliki pengaruh terhadap harga saham. Secara simultan, semua variable independen(EPS, BVS, ROE,danDER) memliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham.Kata kunci:earning per share, book value per share, return on equity,dan debt to equityratio,harga saham

References


  1. I. Daftar Pustaka

Brigham, Eugene. F, dan Joel, F. Houston. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Canggih, Dwi Reza Putra. 2010. Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham di Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar pada Buersa Efek Indonesia (BEI). Skripsi S1. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Darmawan, Sjahrial. 2012. Manajemen Keuangan Lanjutan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

David, Sukardi K dan Kurniawan Indonanjaya. 2010. Manajemen Investasi: Pendekatan Teknikal dan Fundamental untuk Analisis Saham. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dika, Agustiningsih. 2012. Pengaruh Return on Equity, Price Earning Ratio, Earning per Share Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Duwi, Prayitno. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Jakarta: Mediakom.

Dwi, Prastowo dan Rifka Juliaty. 2005. Analisis Laporan Keuangan:Konsep dan Aplikasi. Edisi Kedua. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Gede, Priana Dwipratama. 2009. Pengaruh PBV, DER, EPS, DPR, dan ROA terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di BEI). Skripsi S1. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Iswi, Hariyani dan Serfianto. 2010. Buku Pintar Hukum Bisnis Pasar Modal. Jakarta: Visi Media. James, C. Van Horne. 2005. Fundamentasls of Financial Management. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Leonardo, Guntur H. Silitonga. 2009. Analisis Pengaruh Price Earning Ratio (PER), Return on Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Rokok di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1. Medan: Universitas Sumatera Utara.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v6i2.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.