PENGARUH PENGELOLAAN PIUTANG TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENGHASILKAN LABA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI DASAR DAN KIMIA SUB SEKTOR PAKAN TERNAK YANG TERCATAT DI BEI

Patar Simamora, Resta Rosdiana

Abstract


ABSTRAK

 

Setiap perusahaan bertujuan mengembangkan usahanya demi kelangsungan hidup perusahaan dan mendapatkan laba yang optimal. Salah satu kegiatan usahan yang dilakukan oleh perusahaan adalah meningkatkan penjualan yaitu dengan melakukan penjualan secara kredit (piutang), dengan adanya oermberian kredit maka perusahaan perlu melakuakan pengelolaan piutang perusahaan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh pengelolaan piutang terhadap kemampuan dalam menghasilkan laba perusahaan pada perusahaan industri dasar dan kimia sub sektor pakan ternak yang tercatat di BEI (PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk, PT. Japfa Comfeed Indonesia, PT. Sierad Produce Tbk) periode 2004-2013, baik secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan yaitu dengan analisa rasio keuangan dan aging schudule  dengan menggunakan regresi linier berganda sebagai alat analisis dan telah melalui uji asumsi klasik.

Hasil penelitian menunjukan pengelolaan pitang perusahaan industri dasar dan kimia sub sektor pakan ternak yang tercatat di BEI yaitu PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk, PT. Japfa Comfeed Indonesia, PT. Sierad Produce Tbk dapat dikatakan masih belum optimal. Model regresi dari hasil (R = 83,3%), (R2 = 69,3%), (adjusted R square = 65,8%), (Std. Error of the estimate = 7.81160).

 

Kata kunci : aktivitas, profitabilitas, receivable turnover, receivable turnover in days, total asset turnover, return on invesment.


References


  1. I. Daftar Pustaka

Bambang Riyanto, 2010, dasar-dasar pembelajaan perusahaan, edisi keempat, cetakan kesepuluh, yogyakarta, BPFE

Darsono Prawironegoro. 2009. Manajemen keuangan . nusantara Consulting. Jakarta.

Irham Fahmi.2012. Analisis Laporan Keuangan, CV Alfabeta, Bandung

Martono& Harjito. 2010. Manajemen Keuangan. Cetakan kedelapan, ekonosia. Jakarta

Siswanto Sutojo, 2008. Neraca Perusahaan, PT. Damar Mulia Pustaka, Jakarta

Toto Prihadi. 2007. Mudah memahami Laporan Keuangan. PPM, Jakarta.

Van Horne, James C. dan Jhon M, Wochowicz, Jr. 2005, Prisnsip-prinsip Manajemen Keuangan, edisi 12, Ahli Bahasa oleh Dewi Fitrisari dan Denny Arnos Kwary, Salemba Empat, Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v6i2.464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.