ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TELLER TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PAJAJARAN BOGOR

Megawati Syahril, Ryan Agustiawan

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan yang dihadapi Bank Rakyat Indonesia dalam menjalankan bisnisnya adalah sebagaimana memiliki tata cara pelayanan teller lebih diutamakan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta pemupuk dana masyarakat. Kepuasan nasabah akan terwujud jika perusahaan dapat memenuhi harapan, karena hal ini mempengaruhi tingkat loyalitas nasabah dimasa yang akan datang. Dalam upaya mempertahankan nasabah Bank Rakyat Indonesia. Untuk meningkatkan kepuasan nasabah  yaitu dengan meningkatkan pelayanan melalui peranan teller dan CSO karena bagian tersebut yang paling sering didatangi oleh nasabah untuk melakukan transaksi. Hasil pengujian dari hasil persentase delapan belas atribut pelayanan yang ada di Bank BRI Cabang Bogor sudah baik. Hasil rata- rata tingkat kepuasan terhadap tingkat kinerja dan harapan nasabah Bank Rakyat Indonesia dari Tingkat Kesesuaian  88,07% < dari 100% Maka dari hasil perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa pelayanan tealer Bank BRI belum memenuhi kepuasan nasabah. Berdasarkan asil uji Importence Performance Analysis, Atribut pelayanan yang berada di kuadran A dinilai oleh konsumen penting terapi kinerja atribut pelayanan tersebut belum baik, sehingga konsumen kurang puas. Atribut Pelayanan yang berada di kuadran B atribut pelayanan ini di nilai penting dan kinerjanya di nilai bagus sehingga konsumen puas. Atribut Pelayanan yang berada di kuadran C atribut ini di nilai kurang  penting oleh nasabah dan kinerjanya kurang baik sehingga konsumen kurang puas. Atribut pelayanan yang berada di kuadran D atribut pelayanan ini di nilai kurang penting oleh nasabah tetapi kinerjanya cukup baik sehingga di nilai berlebihan oleh nasabah.

 

Kata Kunci: Kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan


References


  1. I. Daftar Pustaka

Ariani Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Graha Ilmu, Yoyakarta.

Arman Hakim Nasution, Indung Sudarso, dan Lantip Tri Sunarno. 2006. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Buchari Alma. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. cetakan ke-5. Alfabeta, Bandung.

Buchari Alma. 2005. Manajemen Pemasarasan dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Byod, Mullins, Walker, and Larecche. 2002. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Eva Z. Yusuf dan Lesley Williams.2007. Manajemen Pemasaran:Studi kasus Indonesia. Alih bahasa: Abdul Rosyid, PPM. Jakarta.

Fajar Laksana. 2008. Manajement Pemasaran Pendekatan Praktis. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. 2006. Strategi Pemasara. Edisi Pertama. Andi Ofset, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi pemasaran. Edisi 3.Andi,Yogyakarta.

Nembah F. Hartimbul Ginting. 2011. Management Pemasaran. CV. Yrama Widya, Bandung.

Gaspersz Vincent. 2004. Perencanaan Strategik Untuk Peningkatan Kinerja Sektor Publik. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Henry Simamora. 2007. Manajemen Pemasaran Internasional Jilid 1, Edisi 2. Rinneka Cipta, Jakarta.

Husein Umar. 2005. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

J. Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

J. Supranto dan Cimabrisna. 2007. Unsur-unsur Pemasaran. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

J. Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan 4, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Kotler P. 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 1. PT Indeks, Jakarta.

__________,and G.Armstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2, Edisi Kesembilan, Alih Bahasa Drs. Alexander Sindoro. Indeks, Jakarta.

_________,and G.Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi 12. Erlangga, Jakarta.

__________,and K. L. Keller.2008. Manajemen Pemasara. edisi 13, jilid 1. Erlangga, Jakarta.

__________. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 2. PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

__________, and K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Mowen J.C. dan M. Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 1, Edisi Ke Lima, Alih Bahasa : Lina Salim. Penerbit Erlangga, Jakarta.

M. Suyanto. 2004. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

Sofjan Assauri. 2004. Manajement Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Supriadi Setiawan. 2011. Loyalitas Pelanggan Jasa. IPB Press, Bogor.

Titik Nurbiyati dan Machmud Mahfoedz. 2005. Manajemen Pemasaran Kontemporer. Penerbit PT. Indeks, Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v6i2.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.