PE NGARUH P ENGENDALIAN PIUTANG USAHA DALAM M EMINIMALKAN PIUTA NG TAK TERTAGIH PADA PT GAYA SASTRA INDAH

tiara Timuriana, risti eni nasution

Abstract


ABSTRAKPT Gaya Sastra Indah yang dalam kegiatan usahanya melakukan penjualan secara tunaidan secara kredit, namun pada umumnya penjualan yang dilakukansecara kredit lebih seringdigunakan karena dapat meningkatkan volume penjualan. Namun, penjualan kreditmenyebabkan timbulnya suatu tagihan berupa piutang usaha.PT Gaya Sastra Indah berlokasi di Jl. Pulo Gadung II E/3 Jakarta. Maksud dan tujuandari penelitian ini adalah: (a)untukmengetahui penerapan pengendalianpiutang usaha; (b)untuk mengetahui upaya yang dilakukan manajemen dalam meminimal piutang tak tertagih;dan (c) untuk mengetahui pengaruh pengendalianpiutang usaha dalam meminimalkanpiutang tak tertagih. Indentifikasi masalah dalam penelitian ini adalah: (a) bagaimanapenerapan pengendalian piutang usaha; (b) bagaimana upaya untuk meminimalkan piutangtak tertagih; dan (c)bagaimana pengaruh pengendalianpiutang usaha dalam meminimalpiutang taktertagih.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan naiknya persentasepiutang yang lewat jatuh tempo dari tahun ke tahun, semakin lambatnya perputaran piutang,dan semakin lamanya periode rata-rata pengumpulan piutang, maka penulis menyimpulkanbahwa pengendalian terhadap piutang belum efektif.Kata kunci:PengendalianPiutang, Piutang Tak tertagih, Pemberian Kredit,Penagihan,Kebijakan Pengumpulan Piutang

References


  1. I. Daftar Pustaka

Hall, A. James. 2009. Sistem Informasi Akuntansi. Buku Dua. Edisi Empat.Alih Bahasa: Dewi Fitriasari, Deny Kuary Arnos. Jakarta: Salemba Empat.

http://www.investopedia.com/terms/d/dso.asp ( Diakses 8 oktober 2011).

http://www.scribd.com/doc/82424296/analisa-pengendalian-piutang (Diakses 10 Mei 2012)

http://www.scribd.com/doc/16618702/Pengendalian-Piutang (Diakses 16 Mei 2012)

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2010. Akuntansi Intermediate. Edisi Kesepuluh. Alih Bahasa: Emil Salim. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE | Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.