MODEL BISNIS PENGEMBANGAN HILIRISASI BAWANG MERAH

Diese Septia Gifarani, Farida Ratna Dewi, Widyastutik Widyastutik

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (i) menganalisis kondisi internal dan eksternal; (ii) merumuskan rancangan model bisnis pengembangan hilirisasi bawang merah; serta (iii) mengidentifikasi strategi pengembangan hilirisasi bawang merah di PT Sinergi Brebes Inovatif (PT SBI). Penelitian dilakukan di PT Sinergi Brebes Inovatif (PT SBI) yang berlokasi di Brebes, Jawa Tengah.  Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan para responden baik dari internal PT SBI maupun pihak ekstrenal yang terkait. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, business model canvas, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada segmen pasar yang berpotensi untuk PT. SBI. Implikasi penelitian ini menyarankan PT. SBI untuk melakukan research market ulang untuk meninjau kebutuhan konsumen,  menambah variasi produk inovatifnya, serta memperluas koneksi dengan perusahaan lain.

ABSTRACT

The aims of this research are: (i) analyzing internal and external conditions; (ii) formulating a business model design for the development of downstream shallots; and (iii) identify a strategy for the development of downstream shallots at PT Sinergi Brebes Inovatif (PT SBI). The research was conducted at PT Sinergi Brebes Inovatif (PT SBI) located in Brebes, Central Java. Data were collected by conducting interviews with respondents both from internal PT SBI and related external parties. The analytical method used is descriptive analysis, business model canvas, and SWOT analysis. The results showed that there are still potential market segments for PT. SBI. The implications of this research suggest PT. SBI to conduct re-market research to review consumer needs, add a variety of innovative products, and expand connections with other companies.


Keywords


analisis SWOT; bawang merah; business model canvas; holtikultura; business model canvas; horticulture; shallot; SWOT analysis

References


Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018). Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(1), 6675.

Badan Pusat Statistik. (2021). Produksi Tanaman Sayuran. https://www.bps.go.id/indicator/55/61/1/produksi-tanaman-sayuran.html

Bank Indonesia. (2019). Dedikasi Untuk Negeri. Bank Indonesia Bank Sentral Republik Indonesia

Bank Indonesia. (2022). Laporan Kebijakan Moneter - Triwulan I 2022. https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/Pages/Laporan-Kebijakan-Moneter-Triwulan-I-2022.aspx

David, F. R., & David, F. R. (2016). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep (15th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Direktorat Jenderal Hortikultura. (2010). Budidaya Bawang Merah (Allium ascalonicum L) Kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur.

Dudin, M. N., Kutsuri, G. N., Fedorova, I. J. evna, Dzusova, S. S., & Namitulina, A. Z. (2015). The innovative business model canvas in the system of effective budgeting. Asian Social Science, 11(7), 290296. https://doi.org/10.5539/ass.v11n7p290

Dudin, M. N., Lyasnikov, N. V. evich, Leonteva, L. S., Reshetov, K. J. evich, & Sidorenko, V. N. (2015). Business model canvas as a basis for the competitive advantage of enterprise structures in the industrial agriculture. Biosciences Biotechnology Research Asia, 12(1), 887894. https://doi.org/10.13005/bbra/1736

Kartika, M., Utami, D., Fajeri, H., & Septiana, N. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Bawang Goreng ( Studi Kasus pada Bawang Goreng Mak Yem ). Frontier Agribisnis, 3(4), 6067.

Kementerian Koperasi dan UKM. (2019). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Dan Usaha Besar (Ub) Tahun 2018 - 2019. https://kemenkopukm.go.id/data-umkm/?V7tcBokgl7JLfAZZds9IXPmFadRy4HeoXvhdWudBsmeVAps9E0

Kementerian Perindustrian. (2021a). Menperin Agus Optimistis Industri Tumbuh 5,5 Persen Tahun 2022. https://kemenperin.go.id/artikel/22832/Menperin-Agus-Optimistis-Industri-Tumbuh-5,5-Persen-Tahun-2022

Kementerian Perindustrian. (2021b). Pandemi Ubah Pola Konsumsi, Industri Makanan Perlu Berinovasi. https://kemenperin.go.id/artikel/22227/Pandemi-Ubah-Pola-Konsumsi,-Industri-Makanan-Perlu-Berinovasi

Kementerian Perindustrian. (2022). Perkembangan Ekspor dan Impor Industri Pengolahan Non Migas Bulan Maret 2022 (Vol. 2022). https://www.kemenperin.go.id/kinerja-industri

Kementerian Pertanian. (2016). Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 67/Permentan/SM.050/12/2016 (pp. 178).

Kementerian Pertanian. (2017). Outlook TPHORTI. http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/epublikasi/outlook/2017/Outlook TPHORTI 2017/files/assets/basic-html/page89.html

Kementerian Pertanian. (2018). Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 18/Permentan/RC.040/4/2018.

Nasir, M. (2003). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurazizah, N., Putri, M., & Mukti, G. W. (2020). Kajian Model Inovasi Agribisnis Komoditas Kopi (Studi Kasus Di Kopi Sebagai). Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 339350.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Smith, A., & Movement, T. (2017). Business Model Generation: A Handbook For Visionaries, Game Changers And Challengers. African Journal of Business Management, 5(7).

Pamungkassari, A. R., Marimin, M., & Yuliasih, I. (2018). Analisis Kinerja, Nilai Tambah Dan Mitigasi Risiko Rantai Pasok Agroindustri Bawang Merah. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 28(1), 6174. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2018.28.1.61

PLN. (2019). Caring for the Future. PLN Peduli.

PUSDATIN. (2019). Outlook Bawang Merah Komoditas Pertanian Subsektor Holtikultura. Pusat Data Dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, 171. http://epublikasi.pertanian.go.id/download/file/571-outlook-bawang-merah-2019

Rachmawati, I. K., Handoko, Y., & Rachman, A. (2018). Strategy for Improving the Competitiveness of Smes Towards Kotalama Becoming the Center of Malang Fried. September, 171182.

Rahayu, S. (2021). Welfare Analysis of Onion Farming Business in Moyo Hilir District, Sumbawa Regency. Proceedings of the 6th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2021), 124126. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211124.019

RedSeer. (2022). Consumer Internet in Indonesia. https://redseer.com/reports/consumer-internet-in-indonesia/

Rosyadi, I., Soebagyo, D., & Suyatmin. (2015). Profitabilitas dan Efisiensi Usahatani Bawang Merah. The 2nd University Research Coloquium, 389400.

Rothaermel, F. T. (2017). Strategic Management (3rd ed.). McGraw-Hill Education.

Sinaga, A. D. dan O. S. (2015). Dampak Pasar Malam terhadap Tataniaga Hasil Pertanian di Kecamatan Tenggarong. Magrobisnis Journal, 15(1).

Solekha, A., Widianto, A., & Karunia, A. (2020). Kajian Pengembangan Klaster Komoditas Bawang Merah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal. Jurnal Riset Manajemen, 7(1), 153162.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). ALFABETA, CV.

Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E. (2018). Strategic Management And Business Policy (15th ed.). London: Pearson Education.

Widyastutik, W., Djaenudin, D., & Sahara, S. (2021). Msmes Rattan Business Model In Pulang Pisau Regency In Supporting Sustainable Management Of Peatland Ecosystems. Business Review and Case Studies, 2(1), 3648. https://doi.org/10.17358/brcs.2.1.36


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v8i1.4877

Refbacks



Copyright (c) 2022 Diese Septia Gifarani, Farida Ratna Dewi, Widyastutik -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.