ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA CV CERTOWIN MULTI TRADING INDONESIA

Sri Hidajati Ramdani, Firman Supriyat

Abstract


ABSTRAK

Produk industri air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merupakan salah satu komoditi utama masyarakat di seluruh dunia. Maka dari itu strategi bersaing yang secara umum terjadi adalah price competition. Untuk menghasilkan kualitas yang baik perusahaan harus memperhatikan faktor internal dan faktor eksternal dalam melakukan strategi untuk bersaing dengan perusahaan lain agar dapat mempertahankan eksistensinya dan mendapatkan laba yang lebih tinggi.

CV Certowin Multi Trading Bogor Indonesia merupakan salah satu  perusahaan yang kegiatannya memproduksi air mineral dalam kemasan. CV Certowin Multi Trading Bogor Indonesia sempat memproduksi air mineral dalam bentuk galon, botol dan cup, yang baru bergerak sejak tahun 2005, sehingga masih banyak kendala-kendala yang dialami dari eksternal perusahaan maupun internal perusahaan.

Metode analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis deskritif, analisis SWOT, analisis BCG dalam melihat hubungan antara variable. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu strategi pemasaran menunjukkan bahwa posisi persaingan berada di atas rata-rata, dan dari hasil analisis faktor internal dan eksternal dapat diketahui bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran V yang menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan perusahaan sudah tepat.

 

Kata kunci: faktor eksternal, faktor internal, strategi pemasaran


References


  1. Daftar Pustaka

Basu Swastha, 2004. Asas-asas Marketing, Edisi Ke Tiga. Liberty, Yogyakarta.

David, F.R. 2004. Manajemen Strategis: Konsep-konsep, Edisi 9. Indeks, Jakarta.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Andi Offset, Yogyakarta.

Griffin, R.W. 2004. Manajemen Alih Bahasa: Gima Gania. Erlangga, Jakarta.

Hunger, D.J. dan Thomas L. Wheelen. 2003. Managemen Strategis. Edisi II, Alih Bahasa: Julianto Agung. ANDI, Yogyakarta.

Husein Umar. 2003. Strategi Management in Action. Gramedia Pustaka Utama, IKAPI, Jakarta.

Jauch, L.R., W.F. Glueck. 1995. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Edisi 3, Alih Bahasa: Murad. Erlangga, Jakarta.

John A, Pearce II, Richard B. Robinson, Jr. 2008. Manajemen Strategis- Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi 10. Salemba Empat, Jakarta.

Kasmir. 2004. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran, Terjemahan Hendra Teguh, Edisi Keduabelas, cetakan kedua. Prenhalindo, Jakarta.

Mudrajad Kuncoro. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga, Jakarta.

Siswanto H. B. 2008. Pengantar Manajemen. Bumi Aksara, Jakarta.

Sofjan Assauri. 2004. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Gramedia Persada, Jakarta.

Stanton. 2003. Fundamental Marketing. Penerbit Gramedia, Jakarta.

Subagyo Ahmad. 2010. Marketing In Business. Edisi Pertama. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Sutojo, Siswanto dan F. Kleinsteuber. 2002. Strategi Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama. Damar Mulia Pustaka, Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v6i1.492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.