PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK DOUBLE PAN PADA PT DAHLIA DEWANTARA BOGOR

Yetty Husnul, Asti Ismutia Pratiwi

Abstract


ABSTRAK

Promosi dengan menggunakan personal selling ini banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan. Salah satu perusahaan yang menggunakan  personal selling ini adalah PT. Dahlia Dewantara. Kegiatan personal selling yang dilakukan oleh PT. Dahlia Dewantara ini yaitu melalui team demo. Penulis meneliti perusahaan ini dikarenakan terjadinya penurunan penjualan pada bulan-bulan tertentu pada tahun 2011.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui personal selling yang dilakukan oleh PT. Dahlia Dewantara dalam memasarkan berbagai produk double pan, untuk mengetahui peningkatan penjualan produk double pan yang dialami oleh PT. Dahlia Dewantara, untuk mengetahui pengaruh personal selling terhadap peningkatan penjualan produk double pan pada PT. Dahlia Dewantara. Metode yang digunakan untuk mengetahui pengaruh personal selling terhadap penjualan produk double pan PT. Dahlia Dewantara adalah metode penelitian kualitatif survey.

Hasil pengolahan data menghasilkan : Hasil analisis pada biaya personal selling didapatkan hasil biaya rata-rata biaya gaji dan biaya transportasi di tahun 2011 pada setiap bulannya adalah 0%. Ini terjadi karena biaya gaji dan biaya transportasi untuk setiap bulannya di tahun 2011 tidak berubah. Dan biaya yang dikeluarkan untuk bonus sebesar Rp2.759.000  dengan peningkatan persentase biaya transportasi sebesar  2,85%. Disimpulkan biaya yang paling besar adalah biaya bonus dan biaya paling kecil biaya gaji dan biaya transportasi, secara keseluruhan penerapan biaya personal selling sudah cukup baik. dapat dilihat dari hasil penjualan pada tahun 2011 sebesar Rp348.480.000, dengan rata-rata penjualan -1,73% setiap bulannya. Rata-rata peningkatan penjualan yang sebesar -1,73% masih belum baik. Hasil dari program SPSS 17.0 for windows, diperoleh koefisien regresi. Y = -8,384 + 0,000 X1 + 0,000 X2 + 87,548 X3. (R) sebesar 812. Dari koefisien determinasi (R2) sebesar 66%. Nilai ini menunjukan sumbangan pengaruh biaya gaji, biaya transportasi dan biaya bonus terhadap peningkatan penjualan. Pengujian secara simultan X1, X2, X3 terhadap Y melalui Uji t dengan ? 0,05 dan ttabel  1,860. Dari tabel diperoleh nilai thitung = 4,404 > ttabel = 1,860 maka H0 di terima dan nilai sig. lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,00 < 0,05. sehingga model dinyatakan berarti atau signifikan. Maka personal selling berpengaruh terhadap penjualan double pan pada PT. Dahlia Dewantara Bogor.

 

Kata Kunci: Personal selling,Volume Penjualan


References


  1. I. Daftar Pustaka

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control. The Millenium Edition, New Jersey: Prentice Hall.Inc.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium Jilid 1, Jakarta: Prenhalindo.

Tjiptono, Fandy. 2008. Riset Pemasaran. Yogyakarta: penerbit Andy.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v6i1.495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.