ANALISIS PERAN PERBANKAN DALAM PENGGUNAAN E- BUSINESS DIGITAL TERHADAP PEMBERDAYAAN UMKM MILENIAL DI INDONESIA DIMASA COVID-19

Bagus Galih Satriyo, Muhammad Iqbal Fasa, Suharto Suharto, Adib Fachri

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui peran perbankan dalam penggunaan e-business digital terhadap pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) milenial di Indonesia dimasa covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui studi kepustakaan untuk menemukan peran perbankan dalam pemberdayaan UMKM. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan literatur terkait, dan data-data sekunder terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Lembaga keuangan perbankan menjadi salah satu pilar penting sebagai perantara bagi masyarakat untuk mebangun usaha kecil mikro dan peran perbankan sangatlah penting dalam membangun perekonomian negara di era digital milenial ini peran pemuda pemuda sangat dibutuhkan untuk meningkatkan semangat masyarakat lainnya untuk meningkatkan umkm diindonesia dan pemulihan pasca covid 19 dengan adanya inovasi-inovasi baru dapat membuat masyarakat akan lebih mudah untuk meningkatan perekonomian masyarakat dan negara dalam dunia bisnis digital.

ABSTRACT

The purpose of this study was to find out the role of banking in the use of digital e-business to empower millennial micro, small, and medium enterprise (MSMEs) in Indonesia during the Covid-19 era. This research is descriptive research through a literature study to find the role of banking in the empowerment of MSMEs. Data collection is done by collecting related literature, and related secondary data. The results show that 1. Banking financial institutions are one of the important pillars as intermediaries for the community to build micro and small businesses and the role of banking is very important in building the country's economy in this millennial digital era, the role of youth is very much needed to increase the enthusiasm of other communities to improve MSMEs in Indonesia and post-covid-19 recovery with new innovations can make it easier for the community to improve the economy of the community and country in the digital business world.


Keywords


bisnis digital; perbankan; usaha mikro kecil menengah; milenial; banking; medium enterprise; millennial; digital business; small

References


Aliakbari, F., Parvin, N., Heidari, M., & Haghani, F. (2015). Journal of Education and Health Promotion. 1(1), 113.

Amri, A. (2020). Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Indonesia di Masa Pandemi. Jurnal Brand, 2(1), 123130

Andayana, M. N. D. (2020). Perubahan Prilaku Konsumen Dan Eksistensi Umkm Di Era Pandemi Covid-19. Glory: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 2(2), 3950.

Arifqi, M. M. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.30941

Emiliani, F., Rizqiana, S., Suhandito, R., Muchibbah, N.N, Nurmahfidhoh. (2021). SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis Islam Analisis Pemberdayaan Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19. Karya Ini Dilisensikan Di Bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, 83(1), 28087089.

Generasi, B., Di, M., Octavia, D. R., Nurmitha, R., & Veronika, R. (2022). Peluang Dan Tantangan Bisnis Pada Era Revolusi Industri. 4, 3140.

Hutamy, E. T., Marham, A., Quin, A. N., Alisyahbana, A., Arisah, N., Hasan, M., Ekonomi, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Makassar, U. N., & Artikel, R. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Models Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital (JBPD), 1(1), 111.

Ikhwan, A. N. (2021). Startup Digitall Business : Sebagai Inovasi Wirausahawan Milenial. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 13(1), 710.

Jasfar, F., & Arafah, W. (2019). Analysis of E-Marketing Implementation in Mediating the Effect of Strategic Market Orientation on Strategic Mses Performance. International Journal of Economics, Business and Management Research, 3(11), 3954.

Jiter, A., Fasa, M. I., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2022). Pandemi Covid-19 : Peran Generasi Milenial Dalam Menghadapi Dampak Tantangan Bisnis Di Indonesia. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(01), 174181.

Juswadi, J., Sumarna, P., & Mulyati, N. S. (2020). Digital Marketing Strategy of Indonesian Agricultural Products. Proceedings of the International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019), 105110. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.024

Kalalembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 54. https://doi.org/10.25273/capital.v4i1.7358

Kamuri, K. J. (2021). Analisis Peran Digital Content Marketing Bagi Wirausaha Milenial Di Kota Kupang Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 225238. https://doi.org/10.35508/jom.v14i2.4784

Latifah, E., Abadiyah, F., Muawanah, R., & Abdilah, S. (2021). Bank Syariah Indonesia dalam Menguatkan Ekonomi Sektor UMKM pada Masa Pandemi. I-JIEF: Indonesian Journal of Economic and Finance, 1(No. 2), 139152.

Nisa, P. C., & Tamzil, F. (2021). Strategi Digital Business Untuk Umkm. Abdimas, 7(4).

Novitasari, A. T. (2021). Digital Media Marketing Strategies for MSMEs during the Covid-19 Pandemic. Focus, 2(2), 7280. https://doi.org/10.37010/fcs.v2i2.348

Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 5(2), 3648.

Sarjono, H., Kartini, H., & Yohanes, H. (2021). Effect of Service Quality on Customer Satisfaction Using Gojek Before Pandemic and After Pandemic Systematic Literature Review. 2430.

Shabrina, V. G. (2019). Pengaruh Revolusi Digital Terhadap Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 131-141.

Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Media Sosial Instagram Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Umkm. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 124. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11104

Sulhan, M. (2021). Digital Business Strategy for MSMEs in the Midst of the Covid-19 Pandemic. 193(Bistic), 211218. https://www.atlantis-press.com/proceedings/bistic-21/125963882

Tualeka, S. H., Rokhimakhumullah, D. N. F., & Ningsih, D. N. C. (2021). Peran penggunaan teknologi informasi terhadap ketertiban administrasi keuangan dan kepatuhan perpajakan pada digital business. Jurnal Akuntansi Aktual, 8(2), 97106. https://doi.org/10.17977/um004v8i22021p097


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v8i1.5151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 bagus galih satriyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.