PELAKSANAAN PENGAWASAN MUTU UNTUK MEMINIMALISASI BARANG RUSAK GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN PADA PT SEMESTA KERAMIKA RAYA
Abstract
PT Semesta Keramika Raya bergerak dalam industri barang mentah menjadi barang jadi dan siap pakai. PT Semesta Keramika Raya berupaya untuk mengantisipasi kerusakan yang berlebihan dengan cara memperkuat pelaksanaan pengawasan mutu dalam proses produksi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode statistical quality control, untuk mengetahui tingkat presentasi kerusakan dan dengan metode produktivitas (single factor), untuk mengetahui tingkat produktivitas yang dihasikan perusahaan dan regresi linier digunakan untuk melihat peningkatan produktivitas yang kemudian dibandingkan dengan kenyataan yang terjadi. Dalam menyusun statistical quality control CL sebesar 2,94%, UCL, 3,79% dan LCL 2,08% dengan tingkat kerusakan yang melebihi UCL yaitu pada bulan juni yaitu sebesar 4,28% dan sisa kerusakan lainnya berada di dalam batas kendali. Perhitungan peningkatan produktivitas pada bulan Januari s/d Desember tahun 2011 adalah 11 pcs / jam ; 8 pcs / jam ; 10 pcs / jam ; 12 pcs / jam ; 11 pcs / jam ; 7 pcs / jam ; 8 pcs / jam ; 7 pcs / jam ; 10 pcs / jam ; 7 pcs / jam ; 8 pcs / jam ; 10 pcs / jam dan persamaan regresi linier yaitu Qp = 9,083 + 0,00176t untuk menyatakan adanya peningkatan, produktivitas yang berbeda dibandingkan dengan produktivitas nyata yaitu total Qp = 109 dan Qp’ = 108,991 dan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produktivitas PT Semesta Keramika Raya mengalami peningkatan karena Qp > Qp’. Kata kunci : pengawasan mutu, produktivitas
References
Daftar Pustaka
Aulia Ishak, 2010. Manajemen Operasi. Yogyakarta.
Agus Ahyari, 2008. Perencanaan Sistem Produksi. BPFEE. Yogyakarta.
Buffa, Elwood S. 1996. Manajemen Operasi/Produksi Modern. Bina Rupa Aksara.
Chase, Richard. B., and Nicholas J. Aquilano. 2001. Production and Operations Management
(manufacturing and service). Seventh Editions, Irwin/McGraw-Hill Companies, Inc.
New York.
Danang Sunyoto, 2008. Statistik Ekonomi Dasar. Amara Book. Yogyakarta.
Eddy Herjanto, 2007. Manajemen Operasi. Edisi Ketiga. Grasindo. Jakarta.
Fandy Tjiptono, 2001. Prinsip-prinsip Total Quality Service. ANDI. Yogyakarta.
Goesestch, David L, Stanley B. Davis. 2002. Undesrstanding and Implementing Iso 9000 :
2000. Columbus Prentice Hall.
Heizer, Jay and Render, Barry. 2008. Operation Management. Ninth Edition. Upper Saddle
River, New Jersey.
Hery Prasetya dan Fitri Lukiastuti. 2009. Manajemen Operasi. Media Pressindo. Yogyakarta.
Irham Fahmi. 2011. Manajemen Teori Kasus dan Solusi. Alfabeta.
Lalu Sumayang. 2003. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Salemba Empat.
Jakarta.
Mitra Bestari. 2004. Manajemen Operasi. Unit Penerbitan Fakultas Ekonomi. (UPFE. UGM).
Yogyakarta.
M.N Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Noori. Radford. 1995. Production and Operations Management. McGraw. Hill Series in
Management.
Pangestu Subagyo, Marwan Asri dan T. Hani Handoko. 2000. Dasar-dasar Operation
Research. Edisi ke-2. Penerbit BPFE UGM. Yogyakarta.
Pardede, Pontas M. 2005. Manajemen Operasi dan Produksi. Edisi 1. ANDI. Yogyakarta.
Paul James. 1996. Total Quality Management. Pentice Hall.
Richard J. Schoonberger, Edward M. Knod, Jr. Operation Management. Fifth Edition.
Richard D, Irwin.
Ridwan, Sunarto. 2007. Pengantar statistik. Alfabeta. Bandung.
Russell, S. Robert and Taylor, W. Benard. 2003. Operations Management. Fourth Edition,
Upper Saddle River. New Jersey.
DOI: 10.34203/jimfe.v5i2.575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.