OPTIMALISASI PEMBERIAN PINJAMAN KEPADA ANGGOTA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA KOPERASI AL-FALAAH CIMANGGU PERMAI BOGOR (TAHAP I)

Iman Santoso

Abstract


ABSTRAK
Koperasi di Indonesia seyogyanya dapat berkembang dengan baik, apalagi pemerintah sudah sering memberi fasilitas sehingga koperasi seharusnya dapat menjual barang/jasa kepada anggotanya dengan mudah dan murah, jika dibandingkan anggota membeli di luar koperasi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dari hasil penelitian diketahui penerapan suku bunga flat lebih memberi keuntungan yang besar bagi pemberi pinjaman dan perhitungannya lebih sederhana namun sangat memberatkan terutama bagi peminjam yang memiliki skala angsuran atau jangka waktu angsuran yang lama. Sehingga banyak loanable fund yang idle karena banyak anggota yang cara berpikirnya sudah kritis. Pembentukan koperasi syariah yang persyaratannya cukup berat perlu dipertimbang kan dengan cermat dan pemberlakuannya tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Penerapan suku bunga efektif terlihat jauh lebih adil dan cukup meringankan terutama bagi peminjam yang rajin mengangsur, semakin besar angsuran bulanannya, maka akan semakin ringan beban bunganya. Dengan demikian jumlah idle pada loanable fund diharapkan dapat berkurang atau habis diserap dalam bentuk pinjaman, yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat yang besar baik kepada anggauta  maupun kepada koperasi Al-Falaah dan hal ini sesuai dengan ide dasar pemikiran pada butir 3.1 sampai 3.5 tersebut di atas. Melihat produk yang ditawarkan oleh koperasi tidak telalu banyak, maka perlu dipersiapkan difersivikasi usaha sebagai antisipasi bila terjadi keadaan usaha yang jenuh.
Kata kunci: Flat Rate dan Effective Rate

References


I. Daftar Pustaka

Kasmir. 2010. Bank Dan Lembaga Keuangan. PT Rajawali Pers.

Siamat, Dahlan. 2004. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: LP FEU.

Juli Irmayanto, Zainal Andradewa, Tjipto Roso, Tonny Hasibuan, Desmizar. 2007. Bank Dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Universitas Trisakti.

Frianto Pandia, Elly Santi Ompusunggu, Achmad Abror. 2005. Lembaga Keuangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sagir, Suharsono. 2009. Capita Selecta Ekonomi Indonesia. Jakarta: PT Kencana.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v5i2.577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.