STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA ERA VUCA DENGAN PENDEKATAN VRIO

Muchamad Bachtiar, Aditya Ramadhan, Lien Herlina, Hairunisa Dzulhira

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi resources dan capabilities yang dimiliki Kabupaten Kuningan dan menghasilkan rumusan strategi yang tepat untuk mengelola resources dan capabilities yang dapat menjadi sumber keunggulan bersaing dan berkelanjutan bagi sektor pariwisata Kabupaten Kuningan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Responden yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah sekitar enam orang. Dimana enam orang tersebut merupakan stakeholder ahli dan berpengalaman di sektor pariwisata Kabupaten Kuningan. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis VRIO framework (valuable, rare, inimitable, organized), Tourism Value Chain (TVC) dan Mix Marketing 4P. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 12 resources yang menjadi sumber keunggulan bersaing berkelanjutan dimana dapat dirumuskan menjadi dua cluster yaitu ecotourism dan cultural tourism. Disporapar perlu melakukan pengembangan aktivitas wisata atau diversifikasi wisata, mendorong pembangunan destinasi digital, pengembangan desa wisata serta pembuatan kalender pariwisata.

ABSTRACT

The purpose of this research is to identify the resources and capabilities of Kuningan Regency and to formulate the right strategy to manage those resources and capabilities which can be a source of competitive advantage and sustainability for the tourism sector in Kuningan Regency. This research uses a qualitative descriptive method with a case study approach. Respondents involved in this study amounted to about six people. The six people are expert and experienced stakeholders in the Kuningan Regency tourism sector. The data processing method used is analyzing the VRIO framework (valuable, rare, inimitable, organized), Tourism Value Chain (TVC), and Mix Marketing 4P. The results of this study indicate that there are 12 resources that are sources of a sustainable competitive advantage which can be formulated into two clusters, namely ecotourism and cultural tourism. Disporapar needs to develop tourism activities or diversify tourism, encourage the development of digital destinations, develop tourist villages, and create a tourism calendar.


Keywords


Pendapatan asli daerah; pendekatan VRIO; resources and capabilities; tourism value chain; locally-generated revenue; resources & capabilities; tourism value chain; VRIO framework.

References


Aknesia, V., Daryanto, A., & Kirbrandoko, K. (2015). Business Development Strategy For Specialty Coffee. Indonesian Journal Of Business And Entrepreneurship, 1(1), 1222. Https://Doi.Org/10.17358/Ijbe.1.1.12

Ariwibowo, P., Saputro, F. B., & Haryanto. (2021). Analysis Of Strength & Weakness, Using The Concept Of Resource-Based View With The VRIO Framework In Sharia Cooperatives. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 279294. Https://Doi.Org/10.36407/Jmsab.V4i1.313

Badrudin, R. (2001). Menggali Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Pembangunan Industri Pariwisata. Yogyakarta (ID): Penerbit Kompak.

Barney, J, B., Hesterly, W. S. (2015). Strategic Management And Competitive Advantage: Concepts And Cases. (USA): Pearson Education.

Budiani, R., Wahdaningrum, W., Yosky, D., Kensari, E., & Pratama, H. S. (2018). Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangann Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Komunitas Di Desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Majalah Geografi Indonesia, 32(2), 170176. Https://Doi.Org/10.22146/Mgi.32330

[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuningan. (2019). Statistik Daerah Kabupaten Kuningan 2019. Kuningan (ID): BPS Kabupaten Kuningan.

[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuningan. (2019). Kabupaten Kuningan Dalam Angka 2019. Kuningan (ID): BPS Kabupaten Kuningan.

[BPS] Badan Pusat Statistik. (2016). Jumlah Devisa Sektor Pariwisata 2016-2018. Jakarta (ID): BPS Statistics Indonesia.

Dascalu, C., Caraiani, C., Lungu, C. I., Colceag, F., & Guse, G. R. (2010). The Externalities In Social Environmental Accounting. International Journal Of Accounting & Information Management.

Disporapar Kabupaten Kuningan. 2018. Rancangan Industri Pembangunan Pariwisata Daerah Kabupaten Kuningan. Kuningan (ID): Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Kasali, R. (2018). The Great Shifting. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kotler, dkk. (2017). Marketing 4.0: Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. Jakarta (ID): PT Gramedia Pustaka

Utama.

Nielsen. (2015). Global Trust In Advertising: Winning Strategies For Anevolving Media Landscape. Retrieved From : Https://Www.Nielsen.Com/Insights/2015/Global-Trust-In-Advertising-2015/

Nugroho, T. T., Najib, M., & Kirbrandoko, K. (2018). Penentuan Daya Saing Berbasis Analisis Kompetensi Inti (Studi Kasus Pada Ekowisata Bakau Di Jawa Timur). Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 25. Https://Doi.Org/10.24843/Matrik:Jmbk.2018.V12.I01.P03

Palupiningrum, W. (2015). Arsitektur Strategik Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor. [Masters Thesis]. Bogor (Id): Institut Pertanian Bogor.

Pane, D. N. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro (Studi Kasus Konsumen Alfamart Cabang Ayahanda). Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 1325.

Pendit, N. S. (1994). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya

Purwantoro, P., Daryanto, H. K., & Djohar, S. (2018). Strategi Bersaing Dan Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Resources Base View Perusahaan Komponen Otomotif Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. Https://Doi.Org/10.17358/Jabm.4.2.220

Rahayu, S., Dewi, U., & Fitriana, K. N. (2015). Pengembangan Community Based Tourism Sebagai Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Universitas Negeri Yogyakarta

Rosyidah, E., Sunarti, A., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB(, 51(2).

Sukma, A. (2018). Perspektif The Resource Based View (Rbv) Dalam Membangun Competitive Advantage. Ad Deenar Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(01), 7589. Https://Doi.Org/10.30868/Ad.V1i01.229

Suryani, A. I. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. Jurnal Spasial: Penelitian, Terapan Ilmu Geografi, dan Pendidikan Geografi, 3(1).

Sharpley, R. (2000). Tourism And Sustainable Development: Exploring The Theoretical Divide. Journal Of Sustainable Tourism, 8(1), 119. Doi:10.1080/09669580008667346

Spillane, J. (1987). Ekonomi Pariwisata, Sejarah Dan Prospeknya. Yogyakarta (ID): Kanisius.

Srihadi, T. F., Hartoyo, Sukandar, D., & Soehadi, A. W. (2016). Segmentation Of The Tourism Market For Jakarta: Classification Of Foreign Visitors Lifestyle Typologies. Tourism Management Perspectives, 19, 3239. Doi:10.1016/J.Tmp.2016.03.005

Tahwin M. 2003. Pengembangan Obyek Wisata Sebagai Sebuah Industri Studi Kasus Kabupaten Rembang. Jurnal Gemawisata, 1(3), 236-249.

Widiasto, R. P. (2014). Perumusan Strategi Keunggulan Kompetitif Unit Bisnis Pakan Ternak Berbasis Sumber Daya (Studi Kasus PT. Mabar Feed Indonesia. [Master Thesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Wulandari, L. W. (2014). Pengembangan Pariwisata Ekonomi Kreatif Desa Wisata Berbasis Budaya Sebagai Niche Market Destination (Studi Kasus Pengembangan Desa Wisata Di Kabupaten. Jurnal Aplikasi Bisnis, 16(9), 21402152.

Yoeti, Oka A, 2008. Perencanaan Dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta (ID): Balai Pustaka.

Yusri, D., Daryanto, A., & Purwadaria, H. K. (2012). The Study Of Bogor Botanical Garden Ecotourism Value Chain. In Jurnal Manajemen & Agribisnis, 9(2), 19-25.

Zeithaml, V., & Jo, B. M. Bitner, & Gremler. (2013). Service Marketing-Integrating Customer Focus Across The Firm. New York: Mcgrawhill.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.5780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muchamad Bachtiar, Aditya Ramadhan, Lien Herlina, Hairunisa Dzulhira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.