PENGARUH PROGRAM PENDIDIKAN DAN LATIHAN (Diklat) TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA PENJUAL (Agen) Pada Perusahaan AJB Bumiputera 1912

Dewi Taurusyanti

Abstract


Abstrak

Perusahaan AJB Bumiputera 1912 melakukan strategi pemasaran dengan menggunakan agen dalam melakukan kegiatan operasional penjualan produknya. Oleh karena itu faktor yang menjadi pertimbangan dengan diadakannya program Diklat tenaga penjual adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan agen dalam melakukan aktifitas kerja operasionalnya agar dapat lebih profesional, efektif dan efisien serta kualitas agen dalam mencapai sasaran kerja yang telah ditetapkan sehingga tercapai target perusahaan. Proses pelaksanaan program Diklat ini dilaksanakan secara bertahap dalam waktu selama kurang lebih tiga bulan, dimana sebelumnya dilakukan terlebih dahulu kegiatan orientasi pra Diklat selama tiga hari. Ternyata berdasarkan hasil analisis regresi sederhana Y=-46,63+0,87X menunjukkan bahwapelaksanaan dari Program Diklat ini sangat berhubungan dengan produktivitas kerja agen dalam hal ini banyaknya jumlah surat permintaan akan pembelian produk asuransi secara positif, dengan kata lain semakin tinggi penilaian agen terhadap pelaksanaan Diklat maka perolehan jumlah surat permintaan pun akan semakin meningkat.Selain itu variabel program Diklat sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja agen dan memberikan konstribusi sebesar 70,56%. Dengan demikian perusahaan dapat melaksanakan Program Diklat untuk tenaga penjual (agen) ini secara maksimal dan bertahap agar tujuan perusahaan dapat tercapai dalam meningkatkan produktivitas kerja agen sekaligus memperoleh jumlah nasabah sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Kata Kunci: Diklat, Tenaga Penjual (Agen), Produktivitas Kerja.


References


Daftar Pustaka

Anton Irianto. 2006. Sukses menjual ‘Steps to be a master’. PT.Gramedia, Jakarta. Dewan Asuransi Indonesia (DAI). 1997. Panduan ‘Trainning’ Calon Agen Blok. Counterpart Team, Jakarta. Djarwanto dan Subagyo. 2000. Statistik Induktif. BPFE. Yogyakarta. Husein Umar. 2005. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. PT. Gramedia, Jakarta. H. Veithzal Rivai. 2007. Jurnal : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kepemimpinan Peserta Diklat. htpp://www.depdiknas.go.id. Istijanto. 2005. Riset SDM. PT. Gramedia, Jakarta. Iwan Darmansyah. 2007. Jurnal : Kiat Sukses “Penjualan Sukses”. http://tanya.woedpress.com. Noor Fuad.1997. ‘Trainning For Trainers’, Jakarta.
Simanjuntak P.2001. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Edisi I Cetakan ke-1, STIE YKPN, Yogyakarta. Sonny S. 2003. Ekonomi SDM dan Ketenagakerjaan.PT.Graha Ilmu, Jakarta. Sugiyono.2002. Statistik Untuk Penelitian.Alfa Beta, Bandung. Team Yayasan Dharma Bumiputera.1995.Implementasi Blok System.Jakarta. Wahyu Prihantoro. 2001. Manajemen Pemasaran dan Tata Usaha Asuransi. Kanisius, Yogyakarta. Wayan Koster. 2007. Jurnal : Faktorfaktor yang Mempengaruhi Produktivitas Pegawai. http://www.depdiknas.go.id http://www.bumiputera.com/content. “Bumiputera Asuransi Bangsa Indonesia”.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v4i2.581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.