PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN DALAM PENENTUAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TEH BOTOL SOSRO DI KABUPATEN BOGOR

Yetty Husnul Hayati

Abstract


ABSTRAK

Perusahaan ini adalah perusahaan perorangan yang bergerak di bidang distribusi, penjualan dan pemasaran produk Sosro yang berkedudukan di Jl. Raya Jasingan Kp. Parungsapi RT. 01 RW 06 Ds Kalong Sawah Kec. Jasinga Keb. Bogor. Sebelum konsumen melakukan suatu pembelian seharusnya konsumen mempunyai persepsi tersendiri terhadap produk yang akan dibeli. Persepsi adalah proses yang dilakukan individu untuk memilih mengatur, dan menafasikan stimuli ke dalam gambaran yang berarti dan masuk akal mengenai dunia. Agar produk yang akan kita beli sesuai dengan apa yang kita inginkan dan kita butuhkan, maka sebagai konsumen yang baik kita harus terus berusahan memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Secara Teori jika persepsi kita terhadap suatu produk baik maka akan mendapatkan suatu keputusan pembelian yang baik pula dan akan terlihat dari hasil penjualannya. Jenis penelitian ini adalah verifikatif dengan jenis penelitian explanatory Survey. Jenis ini bertujuan
un/tuk menguji hipotesis dan menjelaskan fenomena dalam bentuk hubungan variabel dan dalam penelitian ini penulis menggunakan unit analisis berupa individu, dimana sumber data yang diperoleh dari responden yang mengkonsumsi Teh Botol Sosro. Hasil dari kuesioner yang dibagikan kepada responden sebanyak 254 responden dan hasilnya dapat dihitung menggunakan SPSS yaitu dari output didapat Chi-Square hitung sebesar 219.990 dan signifikansi 0.000. Sedangkan Menentukan Chi-Square table dapat dilihat pada table statistic pada signifikasi 0,05 dengan derajat kebebasan df=k-1 atau 5-1 =4 hasil yang diperoleh untuk Chi-Square table sebesar 9.488. Karena nilai Chi-Square hitung > Chi-Square table (219.990 > 9.488) dan signigikansi.


References


DAFTAR PUSTAKA

Nugroho, Adi. 2002. Perilaku Konsumen. Penerbit Studia Perss. Jakarta Schiffirman. G. Leon, dan Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behavior. Prentice hall, Inc. Schiffirman. G. Leon, dan Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behavior. Sevent Edition. Prentice. Hall, Inc. Upper Saddle River, New Jersey. Schiffirman. G. Leon, dan Leslie Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Penerbit PT> Indeks Gramedia. Jakarta. Solomon, Michael. 1999. Consumer Behavior. Buying, Having, and Being. Prentice-Hall, Inc.
Pengaruh Persepsi Konsumen Dalam Penentuan Keputusan Pembelian Produk Teh Botol Sosro Di Kabupaten Bogor



Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (JIMAFE) Volume Semester II 2011 87
Sugiyono. 2003. Statistik untuk penelitian. Penerbit alfhabeta. Bandung. Sumarwan. Ujang. 2002. Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. PT. Ghalia Indonesia dengan MMA-IPB. Bogor. Supranto, J. 2000. Statistik Teori dan implikasi. Jilid 1. Edisi 6. Erlangga. Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan pertama. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. http://www.wartaekonomi.com http://www.swa.co.id


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v3i2.604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.