PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS E-COMMERCE DI ERA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH

Megawati Syahril

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi penerapan dan pemanfaatan Teknologi Informasi yang berbasis e-commerce di era pandemi Covid-19 sebagai salah satu sarana untuk memasarkan produk-produk dari UMKM dari daerah Kabupaten Sleman, DIY. Menurut data dari Kementrian Koperasi dan UKM, secara jumlah unit, UMKM memiliki pangsa pasar sebesar 99,99% (62.9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia. Sementara itu, e-commerce sering disebut sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan adanya pandemi Covid-19, UMKM dituntut untuk beradaptasi terhadap perubahan, baik dari pemasaran, maupun proses jual beli. E-commerce adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya saing, memperbesar pemasaran produk, dan pengembangan UMKM itu sendiri. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 30  UMKM yang ada di Kabupaten Sleman, DIY. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan perhitungan regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 20.0 untuk melihat pengaruh tidak langsung antara satu variable dengan variable lainnya.

ABSTRACT

The purpose of this research is to find out the significancy of Information Technology within e-commerce in term of its usage and practice during Covid-19 pandemic era as one of the mediums to promote many products from SMEs industry in Kabupaten Sleman, DIY. Based on the data from the Ministry of Cooperatives and SMEs of The Republic of Indonesia, SMEs gain 99,99% of its market share (62.9 million units) of the total amount of Indonesian entrepreneurs. Meanwhile, e-commerce has been said as one of the stimulant factors of economic growth in Indonesia. This pandemic force most of all SMEs to adapt the situation, in term of marketing as well as buy and sell process. E-commerce can be used to increase the competitiveness, enlarging the market products and expansion itself. The method of this research has been done by distributing the questionnaire to 30 SMEs in Kabupaten Sleman, DIY. The author uses SPSS 20.0 to analyze by using ‘Simple Linear Regression to find the indirect influence between one variable to the other variable


Keywords


e-commerce; pemasaran; teknologi informasi; usaha mikro kecil menengah; e-commerce; information technology; marketing; small medium enterprises

References


Haag, L., & S. Smey. (2000). A Survey of Internet Use by Teachers in Three Urban Connecticut Schools. School Lib.Media Quarterly 25.

Laudon, Kenneth C, dkk. (2007). Sistem Informasi Manajemen Edisi 10 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat Nacrowi, D.N & Usman, H. (2008). Penggunaan Teknik Ekonometrik. Jakarta: Raja Grafindo

Ningtyas, P, K., Sunarko, B, Jaryono. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Performance, 21(1).

Ozigbo, N. C & Ezeaku, P. 2009. Adoption of Information and Communication Technologies to the Development of Small and Medium Scale Enterprises (SMEs) in Africa. Journal of Business and Administrative Studies, 1(1), 1-20

Pemerintah Pusat. (2008). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Siregar, S. (2014). Statistika Deskriptif untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers.

TRakhmansyah, A., Musadieq & Susilo, H. (2014). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja (Studi pada Karyawan PT. PLN Area Madiun). 2014. Administrasi Bisnis (JAB), 14(1), 1 15.

Varmaat, Shelly, C. (2007). Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3. Jakarta: Salemba Infotek

Wong, J. (2010). Internet Marketing for Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v8i2.6165

Refbacks



Copyright (c) 2022 Megawati Syahril

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.