UNIVERSITY IMAGE AND PERSONAL SELLING ON THE DECISION TO CHOOSE UNIVERSITY
Abstract
ABSTRACT
This research aims to examine the influence of university image, personal sales, and price perceptions on the decision to choose a university with consumer attitudes as an intervening variable for Unitary Business Institute students. Data was collected through distributing questionnaires to respondents. The respondents of this research were 250 students from the Unitary Business and Informatics Institute. The research method uses hypothesis testing with Structural Equation Modeling (SEM) using SmartPLS software. The research results show that there is a significant and positive influence between university image and personal selling on the decision to choose a university. The results of this research imply that with the influence of IBIK's image on the decision to choose a university, IBIK management needs to innovate, both through taglines and good service quality by IBIK education staff and lecturers so that IBIK's image is easily known and always remembered.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra perguruan tinggi, personal sales, dan persepsi harga terhadap keputusan memilih perguruan tinggi dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening pada mahasiswa Unitary Business Institute. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Institute Bisnis dan Informatika Kesatuan sebanyak 250 responden. Metode penelitian menggunakan uji hipotesis dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara citra universitas dan personal selling terhadap keputusan memilih perguruan tinggi. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa dengan adanya pengaruh image IBIK terhadap keputusan pemilihan perguruan tinggi, maka manajemen IBIK perlu melakukan inovasi baik melalui tagline, hingga kualitas pelayanan yang baik oleh tenaga kependidikan dan dosen IBIK agar Citra IBIK mudah diketahui dan selalu diingat.
Keywords
References
Armstrong, G. & Kotler, P. (2015). Marketing: An Introduction 12th ed. Pearson Education, Inc.
Cudeck, R., Joreskog, K. G., Sorbom, D., & Toit, S. D. (2001). Structural Equation Modeling: Present and Future: A Festschrift in Honor of Karl Joreskog. Scientific Software International.
Anita, L., & Anggara, B. (2020). Pengaruh Brand Image, Fasilitas Belajar, Dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Metro. Gemilang: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(3), 136-153. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i3.379.
Etzel, M. J., Walker, B. J., & Stanton, W. J. (2007). Marketing. McGraw Hill.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish Publisher.
Fakhri, M., Gilang, A., & Ratnayu, N. (2017). Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Universitas Telkom (Studi pada Mahasiswa Prodi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom Angkatan 2016). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship, 11(1), 1–12.
Gazali, S. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Madani Balikpapan. Jurnal Akuntansi Manajemen Madani, 1(3), 83-95.
Hair, J., Black, W., Babin, B., Anderson, R., & Tatham, R. (2006). Multivariate Data Analysis. 6th Edition. Pearson Prentice Hall.
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Heriana, I. W. (2024, Januari 31). 7 Rekomendasi Kampus Terbaik di Kota Bogor untuk Mahasiswa Belajar Sukses dan Hidup Tenang. pojoksatu.id. https://www.pojoksatu.id/edugov/1084068501/7-rekomendasi-kampus-terbaik-di-kota-bogor-untuk-mahasiswa-belajar-sukses-dan-hidup-tenang?page=4
Iliyin, G. (2022, Januari 17). 5 Universitas Swasta Murah di Bogor. Bogor Today.com. Tersedia di: https://bogor-today.com/2022/01/17/5-universitas-swasta-murah-di-bogor/
Jefkins, F. & Yadin, D. (2003). Public Relations. Edisi Lima. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management. 15th ed. Pearson Prentice Hall.
Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.35126/ilman.v5i1.477
Mujahidin, A., Zuhriah, F., & Khoirianingrum, I. (2018). Pengaruh Citra Perguruan Tinggi dan Kompetensi Dosen terhadap Loyalitas Mahasiswa melalui Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi pada IKIP PGRI Bojonegoro). Al Tijarah, 4(2), 50-66. https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i2.2828
Nursanti, T. D., & Melisa, M. (2011). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Sikap Konsumen Motor Yamaha pada PT Laksana Kencana Gemilang. Binus Business Review, 2(1), 65–80. https://doi.org/10.21512/bbr.v2i1.1111
Rangkuti, F. (2018). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Gramedia Pustaka Utama.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Consumer Behavior. Pearson Prentice Hall.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Tjiptono, F. (2019) Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. ANDI.
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran, Prinsip dan Penerapan. Andi Offset.
Samat, S., Marnisah, L., Hendro, O., & Jenahar, T. J. (2017). Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. 15(4), 221-229. https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i4.5724
Suryani, A. N. (2018). Pengaruh Brand Image dan Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Manajemen di STIE Rahmaniyah Sekayu (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2013/ 2014). Jurnal Manajemen Kompeten, 1(1), 71-87.
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Rosdakarya.
DOI: 10.34203/jimfe.v10i1.9997
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.